8 Cara Memicu Semangatmu Mengerjakan Tugas Kuliah

8 Cara Memicu Semangatmu Mengerjakan Tugas Kuliah
Mungkin seringkali kamu menganggap kuliah adalah masa yang sulit. Hidup jauh dari orangtua, harus berusaha mempertahankan hidup di akhir bulan, hingga tugas-tugas kuliah yang begitu banyak selalu saja seolah membuat kesusahan dalam hari-harimu.

Terkadang tugas kuliah itu memang menyebalkan, seringkali membuat kita sakit kepala.

Satu tugas belum selesai, datang lagi tugas yang lain dari dosen. Sedikit improvisasi memang dibutuhkan untuk menghadapi banyaknya tugas dengan waktu terbatas, supaya tugas anda bisa selesai sebelum habis waktu tenggat yang disepakati.

Berikut ini kami akan berbagi beberapa tips menarik yang akan membuat anda tetap semangat dan tidak jenuh ketika dihantam banyak tugas kuliah berat.

Simak juga: 7 Pemicu Semangatmu untuk Berangkat Kuliah


1. Istirahatkan Sejenak Tubuh Anda Sepulang Kuliah

Sebelum mengerjakan tugas dari dosen, sepulang kuliah langsung istirahatkan sejenak tubuh dan pikiran anda.

Jangan langsung mengerjakan tugas-tugas yang telah diberikan dosen padamu setibanya dirumah atau tempat kost.

Biarkan kesegaran tubuh dan pikiranmu pulih dulu dengan beristirahat. Anda bisa mulai mengerjakan tugas-tugas kuliah setelah otak dan tubuh anda kembali segar.


2. Beres-beres Dulu Sebelum Mulai Mengerjakan Tugas

Namanya juga anak kuliahan, anda sudah harus bisa mandiri dengan mengerjakan semua kebutuhan anda seorang diri.

Mencuci baju sendiri, membereskan kamar sendiri, servis motor ke bengkel sendiri, dan semua pekerjaan rutin rumah atau di kos-kosan anda harus selesaikan terlebih dahulu. Ketika semua sudah beres, barulah mulai mengerjakan tugas kuliahmu.

Secara tak langsung, hal-hal yang kelihatannya sepele ini justru akan sedikit banyak memenuhi otakmu.

Bereskan semuanya terlebih dahulu, sehingga anda bisa lebih lega dan dapat mengerjakan semua tugas kuliah dengan lebih fokus tanpa ada sesuatu yang masih mengganjal di pikiranmu.


3. Cari Tempat yang Nyaman untuk Mengerjakan Tugas

Bila anda punya kebiasaan menyelesaikan tugas di tempat-tempat yang berbeda, cobalah untuk mencari sebuah tempat yang tenang dan nyaman.

Pastikan tempat tersebut nyaman untukmu dan sebaiknya jangan mengerjakan tugas di ruang tamu, ruang keluarga, maupun di atas tempat tidur.

Tentu anda tak ingin aktivitas bekerja anda menjadi terganggu, apalagi sampai ketiduran di atas tempat tidur selama berjam-jam.

Tentu akan ada banyak waktu anda yang terbuang. Mengerjakan tugas di kamar lebih baik untuk ketenangan dan kenyamanan anda.

Namun, agar lebih semangat lagi dalam belajar, pastikan kamarmu dalam keadaan bersih dan wangi.


4. Siapkan Peralatan yang Lengkap untuk Menunjang Pekerjaanmu

Mengerjakan tugas kuliah tentu memerlukan persiapan peralatan dan tenaga yang ekstra. Siapkan semuanya sebelum anda mulai mengerjakan tugas, seperti kuota internet untuk riset, buku-buku dari perpustakaan yang kamu pinjam, kalkulator, maupun berkas-berkas pendukung lainnya.

Segala hal yang diperlukan harus anda siapkan sebelum mulai mengerjakan tugas, supaya ketika anda mengerjakan tugas tersebut, tidak ada waktu terbuang dikarenakan anda terlalu repot mencari-cari semua perlengkapan tersebut sehingga konsentrasi anda menjadi terganggu dan mood anda malah jadi hilang.


5. Singkirkan Sejenak Barang-barang yang Tak Perlu dari Meja Belajar

Rapikan meja belajarmu, singkirkan barang-barang tak perlu yang dapat mendistraksi konsentrasimu dalam mengerjakan tugas kuliah.

Matikan sejenak smartphone, tutup majalah, atau mainan apapun dari atas meja. Jangan anda tergoda untuk berselancar di dunia maya dengan melihat hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan pengerjaan tugas kuliahmu.

Meski hal ini terlihat sepele, tapi akan membuat waktu anda dalam mengerjakan tugas banyak terbuang.


6. Kerjakan dari yang Paling Mudah Terlebih Dahulu

Tugas-tugas kecil dan ringan akan mampu menambah kepercayaan dirimu untuk mengerjakan tugas lain yang lebih berat.

Selain itu, kamu akan sedikit terbimbing melangkah ke tugas-tugas yang lebih susah dengan mengerjakan tugas yang mudah terlebih dahulu.

Memikirkan tugas berat terus-menerus akan membuat waktumu banyak terbuang dan akan membuatmu lebih cepat bosan dan jenuh.


7. Istirahat Sejenak Ketika Merasa Lelah dan Jenuh

Akan ada banyak tenaga dan pikiranmu yang terkuras ketika melakukan kegiatan belajar atau mengerjakan tugas.

Seperti dilansir dalam suatu penelitian, konsentrasi terhadap sesuatu hanya mampu dilakukan seseorang dalam 25 menit pertama.

Selanjutnya, anda akan sampai pada titik jenuh dan melakukan pekerjaan tersebut dengan keterpaksaan, sehingga anda tak lagi bisa fokus dan mengerjakan tugas kuliah anda dengan baik.

Cobalah beristirahat sejenak, mungki bisa dengan memutar musik kesukaanmu atau berjalan-jalan keluar rumah sebentar selama kira-kira lima menit.

Sehingga pikiran dan tenagamu akan lebih fresh dan siap kembali menyelesaikan tugas-tugas kuliah tersebut.


8. Beri Hadiah Ketika Anda Berhasil Menyelesaikan Tugas

Hanya duduk setiap hari di depan komputer tak akan baik untuk kesehatan dan pikiranmu. Perhatian juga sangat penting diberikan untuk tubuh dan pikiranmu.

Berilah hadiah untuk dirimu sendiri ketika telah berhasil menyelesaikan sebagian tugas-tugas kuliahmu.

Hal ini juga akan lebih menambah semangatmu ketika mengerjakan tantangan demi tantangan selanjutnya.


Nah, itulah beberapa hal yang bisa kami sarankan untuk anda ketika dihadapkan pada tugas-tugas kuliah yang berat.

Jangan terlalu serius, sesekali bersantailah, tapi harus tetap semangat dan jangan terlalu santai, nanti malah ketinggalan kereta...

Sumber:
http://www.hipwee.com/motivasi/8-cara-yang-bisa-membuatmu-tak-patah-semangat-walau-dihajar-tugas-kuliah-berat/


Related Posts

8 Cara Memicu Semangatmu Mengerjakan Tugas Kuliah
4/ 5
Oleh