8 Khasiat Lari Pagi untuk Kesehatan

8 Khasiat Lari Pagi untuk Kesehatan
Seringkali, para ahli kesehatan mengatakan bahwa olahraga dapat membuat tubuh kita lebih sehat.

Apa yang mereka katakan memang benar adanya. Dan apakah anda sudah melakukan olahraga dengan rutin?

Olahraga tentu saja harus dilakukan dengan rutin, sebab bila tidak rutin malah akan berdampak buruk bagi metabolisme tubuh anda.

Meluangkan waktu untuk berolahraga sekitar 30 menit sampai 1 jam setiap hari akan memberikan banyak sekali manfaat untuk tubuh anda.

Salah satunya adalah dapat meningkatkan kecerdasan anda. Olahraga yang banyak disarankan oleh para ahli salah satunya adalah berlari.

Baca juga: Jangan Samakan Diet Sehat Remaja dengan Orang Dewasa

Bagi sebagian orang, kegiatan lari pagi telah menjadi agenda wajib. Sebab, lari pagi memang dapat memberikan manfaat kesehatan yang begitu banyak.

Siapapun dapat melakukannya, lari pagi merupakan olahraga termudah dan termurah yang bisa anda lakukan.

Siapapun, mulai dari anak-anak hingga dewasa, dan juga bisa dilakukan di mana saja. Dan berikut ini kami akan berbagi tentang manfaat luar biasa lari pagi untuk kesehatan anda.


1. Menurunkan Berat Badan

Lari pagi akan membakar lemak dalam tubuh anda, dan juga akan mempengaruhi peningkatan fisiologis maupun psikologis anda, sehingga olahraga satu ini sangat ampuh dalam menurunkan berat badan.

Sehabis tertidur di malam hari, tubuh anda mengalami keadaan semi puasa yang membuat cadangan karbohidrat dalam tubuh anda habis.

Karbohidrat memiliki fungsi sebagai penambah energi dalam tubuh, jadi ketika anda kehabisan karbohidrat, energi akan digantikan oleh bahan bakar lain dari jaringan lemak dalam tubuh saat anda berolahraga.

Aktivitas lari pagi ini baiknya anda lakukan dimulai dari intensitas rendah hingga sedang, maka proses pembakaran lemak sebagai bahan bakar akan terjadi di dalam tubuh. Selain itu, metabolisme tubuh anda akan lebih meningkat jika melakukan lari pagi dengan rutin.


2. Membuat Anda Lebih Segar Sepanjang Hari

Aktivitas lari pagi yang anda lakukan secara rutin akan membuat paru-paru terisi oleh udara segar, sehingga sel-sel darah dalam tubuh anda pun menjadi lebih sehat.

Sirkulasi darah juga menjadi lebih baik dan lancar dengan lari pagi. Selain itu, Koordinasi jiwa dan pikiran anda juga menjadi lebih baik, dikarenakan jiwa dan tubuh yang sehat saling berkaitan satu sama lain.


3. Menjaga Kesehatan Tulang

University of Missouri melakukan penelitian dan mengungkapkan bahwa pelari cenderung memiliki massa tulang yang lebih baik dibandingkan atlet aerobik lainnya.

Bahkan, kepadatan tulang pelari lebih baik dibandingkan para pesepeda. Ada sebanyak 63% pesepeda yang memiliki kepadatan tulang yang buruk, namun para pelari hanya sekitar 19% saja.

Selain itu, lari pagi secara teratur juga dapat mengurangi risiko anda terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Dengan lari pagi yang anda lakukan secara rutin, maka kekuatan dan kepadatan tulang anda menjadi lebih terjaga.


4. Kesehatan Jantung Lebih Terjaga

Jantung adalah organ dengan peranan yang sangat penting dalam fungsi tubuh manusia, sebab fungsi jantung adalah untuk memompa darah kita ke seluruh organ tubuh lainnya.

Jadi, jantung harus tetap dijaga kesehatannya, agar tubuh anda pun dapat terus hidup dan bermetabolisme dengan sempurna.

Tubuh anda akan menghirup oksigen lebih baik ketika melakukan lari pagi, lalu menyebarkan oksigen tersebut ke semua organ tubuh.

Di samping itu, aktivitas lari pagi juga telah teruji mampu mencegah risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Berdasarkan penelitian, orang yang dalam seminggu melakukan lari pagi sejauh 16 kilometer bisa mencegah sekitar 39% kemungkinan terjadinya gangguan tekanan darah.

Lari pagi juga akan membuang kolesterol yang ada dalam pembuluh darah sebanyak 34 persen, sehingga aliran darah anda tetap lancar.


5. Pencegahan Terhadap Stress

Di saat anda melakukan kegiatan lari pagi, tentu kebutuhan oksigen akan menjadi lebih banyak. Oksigen ini akan disalurkan ke otak dan juga seluruh tubuh anda.

Sehingga otak anda menjadi kaya akan oksigen serta pikiran anda pun menjadi lebih tenang dan nyaman.

Manfaat dari lari pagi selama 20 menit setiap hari akan membuat anda melupakan sejenak masalah, jadi dalam menyikapi suatu masalah, pikiran anda akan lebih jernih.


6. Menjaga Kesehatan Mata

Aktifitas lari pagi yang dilakukan akan membuat kesehatan mata anda lebih terjaga. Sebab, para ahli menuturkan bahwa orang yang secara rutin dalam seminggu melakukan lari pagi dapat mencegah terjadinya masalah kesehatan pada penglihatan di usia tua sebanyak 54 %.


7. Tidur Anda Akan Lebih Nyenyak

Bagi anda yang mengalami gejala susah tidur atau insomnia, lari pagi sangat dianjurkan untuk anda lakukan.

Dengan melakukan lari pagi setiap hari, anda akan bisa lebih cepat tidur setelah berbaring pada malam hari di tempat tidur selama 17 menit dan tidur anda pun juga menjadi lebih nyenyak.

Berbeda dengan mereka yang tidak pernah lari pagi, biasanya para penderita insomnia akan cukup lama untuk bisa terlelap walau mereka sudah berbaring dan berusaha untuk memejamkan mata cukup lama.


8. Konsentrasi Jadi Lebih Meningkat

Menurut para atlit pelari, aktivitas berlari hampir sama seperti melakukan meditasi. Konsentrasi anda akan lebih baik dengan melakukan jogging di pagi hari. Dengan konsentrasi yang baik, tentu akan memberi dampak positif pada pekerjaan sehari-hari anda.


Telah disebutkan di atas tentang berbagai manfaat yang bisa anda peroleh dengan melakukan lari pagi.

Dalam melakukan aktivitas ini, anda harus melakukannya dengan benar dan serius agar khasiatnya bagi tubuh bisa diperoleh secara maksimal. Lakukan secara rutin dan dengan penuh semangat.

Intensitasnya juga perlu diorganisir, misalnya jangan melakukan lari pagi hanya 10 menit atau 15 menit saja.

Tapi, terlalu lama berlari juga tidak baik bagi tubuh karena bisa menimbulkan kelelahan dan aktivitas kerja jadi tidak maksimal.

Jadi disarankan melakukan lari pagi setidaknya selama 30 menit setiap hari, lakukan dengan santai tapi tetap penuh semangat.

Sumber:
http://www.8tipskesehatan.com/2015/02/8-manfaat-lari-pagi-untuk-kesehatan.html


Related Posts

8 Khasiat Lari Pagi untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh