Khasiat Kesehatan Mengkonsumsi Buah Duku

Khasiat Kesehatan Mengkonsumsi Buah Duku
Kamu tentu tahu buah duku, bentuknya kecil, kulitnya berwarna coklat agak krem dan buahnya berwarna putih dengan rasa yang manis.

Banyak orang senang makan buah duku, tapi mungkin hanya sedikit yang tahu khasiat dari buah kecil satu ini.

Lansium Parasiticum begitulah nama latin dari buah duku atau langsat.

Duku adalah spesies pohon yang masih dalam keluarga Mahoni, dan asalnya dari bagian barat Asia Tenggara.

Baca juga: Benarkah Dehidrasi Bisa Menyebabkan Timbulnya Jerawat

Di Thailand, buah duku terkenal dengan sebutan longkong, sedangkan di Filipina, buah ini disebut dengan lanzones.

Telah lama diyakini bahwa buah duku mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Posting kami berikut ini akan mengulas tentang manfaat apa saja dari segi kesehatan yang bisa kamu dapatkan dengan memakan buah duku.

Buah duku memiliki kandungan vitamin yang banyak, terutama vitamin A, B1 dan B2. Selain itu buah duku juga memiliki kandungan mineral yang tinggi.

Vitamin A merupakan kelompok vitamin yang dapat larut dalam lemak, meliputi retinol dan karotenoid.

Kandungan karoten dalam buah duku adalah antioksidan yang sangat kuat yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari bahaya radikal bebas.

Kandungan Vitamin B1 dan tiamin yang terdapat dalam buah duku mampu membantu memecah karbohidrat pada tubuh, mengoptimalkan pertumbuhan tubuh dan melancarkan produksi sel-sel darah merah.

Di samping itu, di dalam buah duku juga ditemukan vitamin B2 dan riboflavin yang berguna dalam membantu tubuh untuk melepaskan energi dari karbohidrat.

Dalam buah duku terdapat kandungan sumber antioksidan alami, yaitu polifenol seperti halnya yang terdapat pada pisang dan pepaya, jadi dengan makan buah duku, tubuh kamu akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai risiko terserang penyakit.

100 gram buah duku memiliki kandungan serat sebanyak lebih dari 2 gram. 8 sampai 11 persen kebutuhan serat untuk wanita dewasa dapat terpenuhi dari jumlah serat tersebut.

Sedangkan pada pria dapat terpenuhi kebutuhan seratnya sebesar 6 hingga 8 persen dari jumlah serat yang dikandung dalam 100 gram buah duku.

Makanan dengan kandungan serat yang tinggi sangat bermanfaat untuk mencegah sembelit, dan mengurangi risiko terserang penyakit jantung.

Nah, itulah berbagai khasiat kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah duku. Sekarang kamu sudah tahukan, ternyata banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari buah duku.

Jangan lupa kalau ke pasar membeli buah, sertakan juga buah duku dalam belanjaan kamu. Buah duku gampang kok ditemukan di pasar –pasar tradisional atau di pasar swalayan, dan lagi harganya pun relatif terjangkau.

Sumber:
http://www.merdeka.com/sehat/ini-khasiat-buah-duku-yang-jarang-diketahui.html


Related Posts

Khasiat Kesehatan Mengkonsumsi Buah Duku
4/ 5
Oleh