Lakukan Pola Makan Vegetarian Bila Ingin Tensi Anda Turun

Lakukan Pola Makan Vegetarian Bila Ingin Tensi Anda Turun
Telah dapat dibuktikan kalau kebiasaan mengkonsumsi sayuran dan buah memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Membantu menurunkan tekanan darah adalah salah satunya. Para ahli di Jepang melakukan riset terbaru yang mengindikasikan pola makan vegetarian atau pola makan dengan dominasi sayur dan buah-buahan mampu membantu dalam pengedalian tekanan darah.

39 kali penelitian yang dilakukan dengan 7 uji klinis terhadap 22 ribu responden menghasilkan bukti bahwa mereka yang menerapkan diet vegetarian mempunyai tensi darah yang jauh lebih rendah daripada mereka yang menyantap daging.

Baca juga: Pentingnya Membaca Informasi Nilai Gizi pada Makanan Kemasan

Angka rata-rata penurunan tensi dari berbagai penelitian itu berkisar antara 5 sampai 7 milimeter merkuri (mm/Hg) untuk sistolik, dan antara 2 sampai 5 mm/Hg untuk diastolik.

Meski hasil penurunannya tidak begitu besar, tapi angka tersebut cukup untuk menurunkan tingkat risiko terhadap serangan jantung.

Menurut para ahli, penurunan tekanan diastolik hingga 5 mm/Hg tersebut berkaitan dengan penurunan 9 % kematian yang disebabkan jantung koroner dan 14 % risiko kematian lebih rendah akibat stroke.

Dinyatakan oleh para peneliti, penurunan tersebut terlepas dari jenis diet vegetarian yang diterapkan responen.

Apakah itu cuma mengasup sayur, kacang, buah, atau dengan tetap menyantap telur, ikan, dan produk susu, atau hanya menghindari daging, atau full vegetarian yang berarti sepenuhnya tidak memakan produk hewani termasuk susu.

Yoko Yokoyama, yang merupakan peneliti dari National Cerebral and Cardiovascular Center, Osaka, menunjukkan secara statistik tidak ditemukan perbedaan besar antara jenis pola makan vegetarian dalam studi tersebut.

Kemungkinan penyebabnya ialah penelitian yang dilakukan khusus vegetarian masih terlalu sedikit. Akibatnya, data yang kuat secara statistik tidak dimiliki oleh peneliti untuk melihat pengaruhnya secara keseluruhan.

Dalam studi tersebut juga sangat disayangkan karena tidak mengungkap nutrisi apa saja dalam diet vegetarian yang peranannya sangat besar terhadap penurunan tekanan darah.

Namun, peneliti memiliki beberapa teori yang merujuk pada studi sebelumnya yang menunjukkan pola makan rendah sodium dan tinggi potassium serta protein dari tanaman, dapat membantu penurunan tekanan darah.

Dari 32 riset yang dikaji, peneliti hanya membandingkan perbedaan mereka yang makan daging dengan mereka yang vegetarian.

Dalam studi tersebut hanya dijelaskan bagaimana hubungan dan penyebab konsumsi sayur dapat menurunkan tekanan darah.

Hanya 7 penelitian yang secara spesifik memberikan pertanyaan pada partisipan, apakah mereka makan daging atau tidak. Ke 7 studi inilah yang dipertimbangkan mempunyai bukti yang lebih kuat.

Kombinasi dari hasil secara keseluruhan menunjukkan pola makan vegetarian adalah sebab utama turunnya tekanan darah ketimbang pemakan daging, tanpa adanya pengaruh dari faktor lainnya.

Namun demikian, salah seorang kardiolog berpendapat bahwa hasil studi yang kemudian dipublikasikan pada jurnal JAMA Internal Medicine tersebut masih terlalu awal.

Masih ada riset pendukung lainnya yang dapat menguatkan para ahli kesehatan untuk menyarankan kepada para pasien hipertensi agar menghindari daging.

Sumber:
http://health.kompas.com/read/2014/02/28/0959071/Pola.Makan.Vegetarian.Bantu.Turunkan.Tensi


Related Posts

Lakukan Pola Makan Vegetarian Bila Ingin Tensi Anda Turun
4/ 5
Oleh