Masih Bergunakah Kartu Nama Dalam Membangun Jaringan Bisnis?

Masih Bergunakah Kartu Nama Dalam Membangun Jaringan Bisnis?
Bila dibandingkan dengan peralatan atau perangkat bisnis lainnya, kartu nama memang berukuran kecil dan tidak akan sebanding secara ukuran fisik.

Namun, dibalik ‘yang berukuran kecil tersebut, hingga di era digital ini, kartu nama masih mempunyai peran penting dan dampak yang signifikan dalam kesuksesan karir atau bisnis profesional seseorang.

Membikin kartu nama yang memberikan kesan menarik dengan nama yang bagus dan tampilan elegan memang hal yang gampang-gampang susah.

Simak juga: Pentingnya Mempertahankan Pelanggan Eksternal dan Pelanggan Internal

Sebaiknya sebuah kartu nama berisi informasi yang jelas sesuai dengan bidang usaha dengan desain yang sopan dan elegan.

Di Indonesia, fungsi kartu nama nampaknya tidak begitu penting, atau karena memang para profesional di Negara ini belum bisa memanfaatkannya dengan optimal?

Fungsinya hanya sebatas alat untuk membentuk link dengan klien agar mereka tidak kehilangan informasi tentang Anda.

Namun di Negara lain seperti Jepang misalnya, bertukar kartu nama antar klien selayaknya sebuah budaya bisnis yang terhormat.

Sehingga kartu nama yang banyak digunakan terutama oleh para pimpinan atau eksekutif perusahaan besar tentunya kartu nama dengan kualitas yang tinggi.

Sebab, hal ini juga akan mencerminkan citra diri seseorang dan juga perusahaan tempat di mana ia bekerja.

Banyak juga para pakar marketing yang masih menyarankan para pengusaha atau profesional agar tetap mempunyai dan menggunakan kartu nama ketika melakukan urusan bisnis.

Walaupun seperti kita ketahui di jaman serba digital ini banyak orang yang lebih memilih untuk berkomunikasi dan bertukar informasi secara digital.

Namun, pada kenyataannya tidak sedikit juga pihak yang belum mampu memanfaatkan teknologi digital, khususnya para pebisnis dengan usia yang sudah agak tua atau para pengusaha yang memang asalnya serta domisilinya di lingkungan pedesaan.

Bahkan, ada kalangan dari sebagian pebisnis yang beranggapan tidak adanya kartu nama untuk ditukar pada saat pertemuan antar rekan bisnis baru merupakan etika bisnis yang buruk.

Sebuah kartu nama bisa diibaratkan seperti pakaian dan perilaku, akan memberi kesan pertama Anda di mata klien atau calon mitra bisnis baru.

Kesan profesionalitas dan kebanggaan terhadap pekerjaan yang Anda lakukan akan tercermin dari baik tidaknya tampilan kartu nama yang Anda miliki.

Di samping itu, kolega baru Anda akan kembali mengingat dengan seksama terhadap pertemuan yang baru saja dilakukannya dengan Anda.

Tentunya ssaat ia sampai kembali ke kantor dan membuka dompetnya atau menemukan ada kartu nama Anda di sakunya.

Hal harus juga diperhatikan dalam pembuatan kartu nama ialah pemilihan bahan untuk kartu nama tersebut.

Hindari pemakaian bahan yang bersifat merusak terhadap bahan kulit karena dapat merusak dompet klien baru Anda.

Gunakanlah bahan dalam pembuatan kartu nama yang ramah lingkungan dengan kualitas tinta yang bagus, sehingga kartu nama juga tidak mudah rusak atau luntur tulisan yang tertera di dalamnya.

Sumber:
http://www.coretankecil.com/pentingnya-kartu-nama-dalam-kegiatan-usaha/


Related Posts

Masih Bergunakah Kartu Nama Dalam Membangun Jaringan Bisnis?
4/ 5
Oleh