Pentingnya Mempertahankan Pelanggan Eksternal dan Pelanggan Internal

Pentingnya Mempertahankan Pelanggan Eksternal dan Pelanggan Internal
Pengertian dasar dari pelanggan ialah seseorang maupun kelompok yang membina hubungan baik dengan orang lain khususnya produsen kaitannya dalam suatu bidang usaha.

Pelanggan bisnis yang kita miliki tidak hanya mereka yang memesan lewat telepon atau mereka yang datang ke toko guna membeli produk yang kita jual.

Pelanggan dalam bisnis kita juga mencakup seluruh orang yang bekerja agar operasional perusahaan mampu berjalan dengan baik serta menghasilkan profit. Pelanggan ini disebut juga dengan pelanggan internal.

Baca juga: Langkah-langkah untuk Memperoleh Kepercayaan dari Tim Bisnis Anda

Walaupun ada peran yang berbeda antara satu dengan lainnya, pelanggan eksternal atau internal mempunyai peran yang sangat penting kaitannya dengan keberhasilan sebuah usaha.


Pengertian Pelanggan Eksternal dan Pelanggan Internal

Pelanggan eksternal adalah para pengguna produk yang dihasilkan oleh perusahaan namun bukan bagian dari perusahaan atau tidak termasuk di dalam organisasi perusahaan.

Secara sederhana, mereka adalah orang-orang atau kelompok yang membeli barang atau jasa yang kita jual.

Kesuksesan sebuah bisnis atau usaha sangat bergantung pada keberadaan pelanggan eksternal. Sebab, merekalah yang memberikan pendapatan untuk sebuah usaha dengan pembelian terhadap produk yang mereka lakukan.

Selanjutnya, pelanggan eksternal yang merasa puas dengan produk dan pelayanan yang Anda berikan, tentunya akan melakukan pembelian ulang dan bisa juga mereka merekomendasikan produk Anda kepada teman, keluarga atau orang lain.

Namun akan terjadi sebaliknya apabila pelanggan eksternal mengalami kekecewaan terhadap produk yang mereka beli atau pelayanan yang Anda berikan kepadanya.

Tentunya mereka akan memilih pindah ke produk atau perusahaan lain, bahkan bisa saja berdasarkan pengalaman kurang baiknya tersebut kemudian mereka mempengaruhi calon pelanggan lain untuk jangan membeli produk yang kita jual.

Sedangkan, pelanggan internal adalah seluruh anggota maupun karyawan yang menjadi bagian dalam organisasi perusahaan yang saling bekerjasama untuk menjalankan tanggungjawabnya dalam sistem organisasi perusahaan.

Di lain pihak, meskipun pelanggan internal belum tentu ikut membeli produk yang dijual oleh perusahaan, namun perannya sangat penting dalam sukses dan tidaknya sebuah usaha.

Dengan adanya kondisi kerja yang nyaman dan kondusif, serta antara semua lini dalam organisasi perusahaan terjalin kerjasama yang baik, maka motivasi kerja maupun produktivitas akan meningkat. Dari situlah, hasil yang terbaik tentu akan perusahaan dapatkan.

Pelanggan Eksternal dan Pelanggan Internal, keduanya memiliki peranan yang sangat penting dalam kelangsungan bisnis perusahaan.

Sebagai pemilik atau pengelola usaha, membina hubungan dengan pelanggan eksternal tentu akan lebih Anda fokuskan, karena dari pembelian yang mereka lakukanlah maka perusahaan dapat menutup semua biaya dan modal yang telah dikeluarkan serta mendapatkan keuntungan yang diharapkan.

Tetapi, hubungan kerja dan kondisi kerja yang baik dalam perusahaan akan dapat menciptakan lingkungan kerja yang sehat bagi pelanggan internal.

Dengan adanya lingkungan kerja yang sehat, kinerja dari pelanggan internal pun juga akan meningkat.

Serta perusahaan juga menjadi lebih maksimal untuk dapat mendatangkan dan melayani pelanggan eksternal dengan lebih baik lagi.

Meningkatnya jumlah pelanggan eksternal akan meningkatkan pendapatan perusahaan, dan pendapatan perusahaan yang meningkat juga akan lebih meningkatkan kinerja pelanggan internal.

Jadi, pelanggan internal dan pelanggan eksternal merupakan dua hal yang sebenarnya saling berkaitan satu sama lain. Keduanya benar-benar harus di rangkul dan dipertahankan dengan baik.

Sumber:
http://www.coretankecil.com/pelanggan-eksternal-vs-pelanggan-internal/


Related Posts

Pentingnya Mempertahankan Pelanggan Eksternal dan Pelanggan Internal
4/ 5
Oleh