Temukan Kenyamanan Menjadi Diri Anda Sendiri (bag. 2)

Temukan Kenyamanan Menjadi Diri Anda Sendiri (bag. 2)
Baca artikel sebelumnya di sini:
Temukan Kenyamanan Menjadi Diri Anda Sendiri (bag. 1)


4. Jangan Berlama-lama Tenggelam Dalam Kesedihan atau Kemarahan

Berlama-lama dalam kesedihan, kemarahan, atau sakit hati hanya akan menimbulkan energi negatif dalam dirimu dan akan semakin menggerogoti Anda dari dalam.

Energi negatif itu layaknya seperti penyakit atau virus yang hanya akan menyakiti diri Anda sendiri.

Bisa dikatakan justru sebenarnya Anda secara tidak sadar sedang membunuh diri Anda sendiri pelan-pelan.

Namun, bukan berarti Anda harus mengabaikan semua perasaan-perasaan ini, karena sifat alamiah manusia memang sebagai mahluk yang perasa.

Hanya saja, belajarlah untuk menerima orang-orang di sekitarmu apa adanya mereka, dan belajar untuk bersahabat dengan emosi-emosi yang muncul dalam diri.


5. Rubahlah Cerita Burukmu Menjadi Pengalaman Penuh Hikmah

Seringkali, ketika kita sedang berkumpul dan mengobrol bersama teman-teman, mereka menceritakan tentang semua hal-hal buruk yang terjadi dalam kehidupannya.

Sebenarnya, secara enggak sadar, mereka sedang menjadikan diri sebagai korban dalam hidup mereka sendiri.

Dan bila Anda adalah salah satu dari mereka yang melakukan hal ini, maka sebenarnya Anda sedang memberikan energi negatif ke dalam diri Anda sendiri.

Boleh saja kita menceritakan berbagai pengalaman atau kondisi buruk yang pernah dialami, anggaplah itu sebagai pelajaran yang ada hikmah bisa kita petik dari situ.

Namun, tidak perlu Anda menceritakannya lagi, lagi, dan lagi, berulang-ulang seperti kaset usang hanya karena ingin mendapatkan simpati dari orang lain.

Bukankah lebih baik kita menceritakan hikmah yang bisa dipetik atau pelajaran apa yang berguna dari pengalaman tersebut.


6. Berhentilah Memaksa Diri Sendiri

Jangan memaksakan diri terhadap sesuatu yang tidak Anda senangi, atau malah Anda benci melakukan hal tersebut.

Belajarlah untuk mengatakan “tidak” terhadap sesuatu yang tidak sesuai dengan kata hatimu. Lakukan apa yang menjadi passion dalam hidupmu.


7. Bangunlah, Dan Buat Dirimu Bahagia

Bangun dari tidur di pagi hari, dan tanyakan pada diri sendiri kira-kira hal apa yang bisa membuatmu bahagia hari ini.

Lalu lakukan hal tersebut, jangan terjebak pada suatu keterpaksaan, kerjakan terlebih dahulu aktivitas yang membuatmu bahagia di hari ini!


8. Sediakan Filter

Apapun yang dikatakan orang lain, baik atau buruk, harus Anda saring dengan jernih. Pertimbangkan dan renungkan apa saja perkataan orang yang memang baik untuk kita dan mana yang buruk untuk terus bersemayam dalam pikiran kita.

Apa yang baik dan buruk untuk dirimu, hanya Anda sendiri yang tahu. Mencintai diri sendiri ialah tentang seberapa jauh Anda mengenal diri sendiri dengan baik.


Memang semuanya butuh proses agar diri Anda bisa semakin nyaman dengan menjadi diri sendiri. Jadilah sahabat baik untuk dirimu sendiri, dan sayangi ia yang juga mencintai dirimu itu.

Sumber/gambar:
http://www.kaskus.co.id/thread/531038b280cf17be68000002/?ref=homelanding&med=hot_thread
theUnlearn.com


Related Posts

Temukan Kenyamanan Menjadi Diri Anda Sendiri (bag. 2)
4/ 5
Oleh