Temukan Kenyamanan Menjadi Diri Anda Sendiri (bag. 1)

Temukan Kenyamanan Menjadi Diri Anda Sendiri (bag. 1)
Mencintai orang lain itu mudah, tapi apakah kamu sudah bisa mencintai dirimu sendiri? 

Terlepas dari apapun yang orang lain bilang tentang kamu, biasanya kamu akan lebih mudah melihat kejelekan dibandingkan semua hal yang bagus tentang dirimu.

Untuk itu, penting sekali kita bisa menjadi sahabat bagi diri sendiri, menyukai dan mencintai dirimu dengan segala apapun yang kamu miliki. 

Syukurilah apa yang ada pada dirimu saat ini, dengan banyak bersyukur, maka sebenarnya kamu sudah menjadi orang yang selangkah lebih baik dari dirimu yang sebelumnya.
Mencintai apa yang ada pada dirimu akan lebih mudah untukmu mencintai orang lain. Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang tak bisa mencintai dirinya sendiri, maka akan merasa tidak pernah mendapatkan cukup cinta dari orang lain. Akhirnya segala ekspektasi yang diharapkan dari pasangannya tak pernah bisa ia dapatkan.


1. Belajar Menerima Pujian

Belajar menerima pujian dengan baik nampaknya bukanlah hal yang dapat dianggap mudah. Jawaban yang sering kita ucapkan dikala menerima pujian biasanya: “masa sih”, “enggak mungkin ah”, dan jawaban-jawaban lain yang seakan menunjukkan kalau kita tidak percaya terhadap pujian yang kita terima.

Terdapat perbedaan antara rendah diri dan rendah hati. Jika Anda menolak dipuji, itu artinya Anda adalah orang yang rendah diri. 

Mulai sekarang cobalah untuk menerima pujian dengan senyuman dan mengatakan “terima kasih”, serta balik memuji orang yang memberi pujian kepada Anda.


2. Tak Ada Salahnya Memuji Diri Sendiri

Ketika tak ada orang yang memuji, jangan berkecil hati. Sebaiknya Anda coba untuk memuji diri sendiri. Mungkin Anda orang yang mudah memuji orang lain ketimbang memuji diri sendiri. 

Cobalah Anda berkaca di cermin, masa sih tidak ada hal yang keren dalam dirimu untuk bisa dipuji? Jika orang lain saja bisa melihat hal positif dalam dirimu, mengapa Anda sendiri tidak bisa?

Misalnya saja, mungkin hidungmu bukan hidung termancung di dunia, tapi coba lihat ada apa di matamu? Wow, ternyata mata Anda cukup indah untuk dipandang agak lama. 

Atau mungkin gigimu memang tidak rata, tapi cobalah tersenyum! Wow, ternyata senyummu lumayan manis juga. 

Itulah, tak semua yang ada dirimu serba kurang, pasti ada sesuatu kelebihan dalam dirimu yang mungkin selama ini Anda tak menyadarinya.

Walaupun tidak selalu harus memuji secara fisik, tapi memang yang paling mudah adalah mulai dari fisik. 

Namun, cobalah Anda melihat kembali dalam diri, kira-kira apa saja potensi-potensi yang sebenarnya ada dalam dirimu tapi selama ini tak pernah Anda menyadarinya? Kejujuran, kepintaran, keuletan, dermawan, atau kepemimpinan?


3. Berhentilah Mengatakan Sesuatu yang Dapat Merendahkan Dirimu

Perkataan-perkataan seperti:
“Apapun yang saya lakukan nampaknya tak pernah cukup”,
“ Enggak tahu lagi harus berbuat apa”,
“Saya kok Bodoh sekali ya”,
“Selama ini saya selalu salah, percuma saja”,
“Mungkin saya emang enggak akan pernah bisa melakukannya”,
Dan lain-lain.

Pernyataan-pernyataan negatif seperti inilah yang justru nantinya akan menjatuhkan mental Anda. Karena secara tak sadar, setiap kali Anda mengucapkan perkataan tersebut, semuanya akan terekam dalam alam bawah sadar Anda. Dan semakin sering Anda mengatakannya, maka akan semakin hilang kepercayaan diri Anda.



Baca lanjutannya di sini:
TemukanKenyamanan Menjadi Diri Anda Sendiri (bag. 2)


Related Posts

Temukan Kenyamanan Menjadi Diri Anda Sendiri (bag. 1)
4/ 5
Oleh