4 Hal Penting Dalam Membangun Kerjasama Tim Yang Solid

4 Hal Penting Dalam Membangun Kerjasama Tim Yang Solid
Menonton film merupakan hobi yang sekarang ini bagi sebagian besar orang cukup digemari selain melakukan travelling.

Sebab, menonton film dianggap sebagai sarana refreshing dengan low budget yang cukup efektif.

Melalui sebuah film, di samping kamu memperoleh berbagai informasi darinya, juga kamu akan mendapatkan gambaran serta pelajaran berharga dari setiap pesan yang tersampaikan lewat sebuah film.

Nah, bagi Anda yang pernah menonton film The Avengers seri terbaru dari keluaran Marvels yang menceritakan aksi seru Tony Stark dan kawan-kawan dalam melawan penjahat dan menyelamatkan dunia, tentu terkesan bukan dengan aksi-aksi hebat para superhero tersebut.

Baca juga: Tiga Alasan yang Membuat Kerja Bareng Tim itu Menyenangkan

Film ini memang mempunyai kualitas gambar yang keren dan jalan cerita yang menarik serta mengajarkan kita tentang banyak hal, itulah mengapa kemudian film ini mampu sukses menyedot jutaan penonton di seluruh dunia dan menghasilkan keuntungan hingga jutaan dollar.

Film ini memberikan kesan mendalam yang menyadarkan kita pentingnya membangun kerjasama yang solid dalam sebuah tim kerja.

Beberapa ide dan pesan dari film ini sangat menginspirasi dalam penerapan kerjasama yang baik dalam sebuah tim baik di lingkungan kerja atau perusahaan yang kita miliki.


1. Setiap Orang Memiliki Bakatnya Masing-masing

Dalam kelompok superhero yang menamakan diri mereka The Avengers, setiap anggota mempunyai kekuatan dan kemampuannya tersendiri.

Seperti halnya dalam sebuah tim kerja, masing-masing anggota tentunya mempunyai kelebihan dan bakat yang berbeda.

Semua orang dalam suatu tim kerja bisa menjadi pahlawan seperti dalam film The Avengers dengan bakat dan kemampuan khusus yang dimilikinya.

Dalam mencapai goals atau tujuan tim, setiap anggota memiliki peran dan pengaruh yang bermanfaat, apapun posisinya dalam tim tersebut.

Adanya perbedaan merupakan kekayaan serta kekuatan yang bisa dimanfaatkan dengan maksimal untuk dapat mencapai kemenangan.


2. Setiap Orang Memiliki Caranya Tersendiri

Dengan skill yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, tentu akan menciptakan cara kerja yang berbeda-beda pula.

Cara kita dalam menyikapi dan menghadapi permasalahan pun juga tidak akan sama. Di situlah seorang pemimpin akan berperan sangat penting dalam melakukan ploting dan menyusun formasi sesuai dengan kemampuan dan cara kerja dari setiap anggota yang berbeda-beda tersebut.

Pemimpin dalam sebuah tim harus dapat membuat peran masing-masing anggota tetap sinergi, jadi walaupun mereka berbeda dalam kemampuan dan cara bekerja tetapi tetap dapat saling mendukung dalam pencapaian tujuan atau visi organisasi.


3. Setiap Anggota Memerlukan Senjata yang Berbeda

Tony Stark beraksi dengan baju besi super canggihnya, Thor memiliki Palu sakti yang bisa mengeluarkan petir, sedangkan Hulk lebih mengandalkan kekuatannya yang bahkan bisa meremukkan tank baja.

Bisa kita lihat bagaimana setiap anggota dalam tim The Avengers bekerja dengan senjata khususnya masing-masing.

Begitu juga dengan anggota tim dalam sebuah perusahaan, pastinya mereka mempunyai senjata atau alat khusus yang mereka perlukan dalam menunjang kekuatan dan kemampuan mereka.

Maka jika Anda adalah pemimpin dalam tim tersebut, Anda harus membantu mereka untuk menemukan atau memberikan alat kerja yang sesuai dengan keahlian dan pekerjaan mereka. Supaya mereka dapat memberikan kontribusi dan efektivitas kerja yang sesuai dengan harapan perusahaan.


4. Saling Respek Terhadap Perannya Masing-masing

Saat pertama kali dikumpulkan, para superhero The Avengers malah saling serang satu sama lain. Itulah mengapa penting sekali kita bisa saling respek dan menghargai terhadap kemampuan satu sama lain.

Ketika kita beranggapan bahwa kita memiliki tim kerja yang terdiri dari orang-orang hebat, maka secara otomatis tim kita juga akan menjadi hebat pula.

Namun, memang tidak semua orang senang dengan kerja tim, terutama mereka yang merasa memiliki kemampuan yang paling hebat dan berusaha untuk lebih menonjol dibandingkan anggota tim yang lain.

Oleh sebab itu, butuh waktu untuk membuat mereka menyadari bahwa saling respek merupakan hal yang penting dalam sebuah tim kerja.

Orang-orang dengan kemampuan individu yang terlalu menonjol memerlukan waktu untuk membaur dan melunturkan egonya masing-masing.

Hanya kesadaran untuk saling menghargai peran masing-masing anggota timlah yang merupakan kunci awal dalam membangun kerjasama tim yang baik dan solid.


Demikian posting singkat kami tentang pelajaran yang bisa kita petik dari film Hollywood berjudul The Avenvers, semoga bermanfaat.

Dan ingatlah bahwa kesuksesan tidak dapat diraih tanpa adanya keterlibatan orang lain, jadi bila sukses adalah impian Anda, maka pandai-pandailah dalam membawa diri di dalam setiap pergaulan.

Sumber:
http://www.kaskus.co.id/thread/555c5384620881750e8b4569/pelajaran-membangun-tim-ala-film-the-avengers


Related Posts

4 Hal Penting Dalam Membangun Kerjasama Tim Yang Solid
4/ 5
Oleh