5 Tips Persiapan Pindah Rumah Agar Lebih Mudah dan Efisien

5 Tips Persiapan Pindah Rumah Agar Lebih Mudah dan Efisien
Hampir setiap orang menganggap bahwa pindah rumah merupakan kegiatan yang dapat membuat stres, berbagai barang yang harus dibereskan dan ditata sedemikian rupa agar lebih rapi ketika ditempatkan pada tempat tinggal yang baru.

Banyak hal yang harus kita ingat agar tidak ada yang tertinggal di rumah lama ketika pindah nanti.

Untuk itu, Anda perlu melakukan persiapan sejak jauh hari sebelum tiba hari kepindahan. Agar pindah rumah lebih mudah dan ringkas, ada beberapa cara efisien yang bisa Anda lakukan.

Baca juga: 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Ketika Baru Saja Pindah Rumah

1. Rencanakan Waktu Kepindahan Sejak Jauh Hari

Mengepak barang-barang perabot memerlukan waktu yang cukup panjang, apalagi bila Anda memiliki koleksi barang dalam jumlah banyak.

Untuk itu, mulailah buat daftar prioritas barang-barang yang Anda paling butuhkan, dan rencanakan waktu kepindahan sejak jauh hari agar Anda tidak kerepotan ketika waktu sudah mepet.

Apabila rumah lama Anda mempunyai dua lantai, mulailah membereskan barang dari lantai yang paling atas hingga ke bawah. Bereskan dokumen-dokumen penting dalam satu tempat dan pisahkan dengan barang-barang lainnya.


2. Mengerjakan Sendiri Akan Lebih Efisien

Selama pindah rumah nantinya mungkin Anda akan tergoda untuk menyewa orang dalam membantu Anda. Namun, hal ini tidak wajib untuk Anda lakukan.

Pengepakan barang sebenarnya bisa dengan mudah Anda lakukan sendiri, sebab yang paling tahu di mana letak barang-barang penting adalah Anda sendiri.

Sedangkan untuk mengangkat lemari atau perabot-perabot berat lainnya, biasanya supir angkutan truk dan keneknya akan membantu Anda dalam melakukan bongkar-muat barang-barang. Jadi Anda tidak perlu menyewa tukang sehingga pindah rumah akan menjadi lebih efisien.


3. Jangan Memaksa Membawa Barang Yang Tidak Diperlukan

Tentunya ada beberapa barang yang sudah tidak terpakai dan memang sudah tidak diperlukan lagi. Bila Anda yakin bahwa barang tersebut sudah tidak diperlukan lagi, sebaiknya jangan memaksa untuk membawanya serta ke rumah baru Anda. Karena hal ini hanya akan menambah berat beban pindahan Anda.

Oleh karena itu, sebelum pindah Anda harus membereskan dan memilah barang-barang secara menyeluruh.

Barang-barang yang tidak terpakai bisa Anda jual atau sumbangkan ke tetangga, siapa tahu ada yang membutuhkannya.


4. Tempatkan Barang-barang Kecil Ke Dalam Boks

Barang-barang yang berukuran tidak terlalu besar, seperti buku-buku peralatan kerja, alat-alat listrik, peralatan masak dan makan, serta barang-barang lain yang sekiranya tidak terlalu besar bisa Anda tempatkan dalam sebuah boks.

Mungkin Anda akan membutuhkan beberapa boks untuk mengepak barang-barang Anda. Ketika menggunakan boks berukuran besar, sebaiknya jangan diisi hingga penuh, karena akan sangat berat menyulitkan untuk membawanya. Pastikan juga memakai boks yang kuat untuk barang-barang yang berat.


5. Gunakan Tas Atau Koper Untuk Pakaian

Semua pakaian sebaiknya dikeluarkan dari lemari, agar lemari tidak terlalu berat ketika dipindah-pindahkan. Tempatkan pakaian, kain-kain, handuk, dan sejenisnya dalam ransel atau koper.


Nah, itulah beberapa tips yang akan memudahkan Anda ketika pindah rumah. Oya, di samping memudahkan, tentunya juga lebih efisien bukan?

Sumber:
http://properti.kompas.com/read/2015/03/30/142421021/Lakukan.Lima.Hal.Ini.Sebelum.Pindah.Rumah


Related Posts

5 Tips Persiapan Pindah Rumah Agar Lebih Mudah dan Efisien
4/ 5
Oleh