6 Cara Olahraga yang Cocok untuk Anda yang Malas Berolahraga

Berolahraga apalagi ketika hari libur mungkin menjadi hal yang merepotkan dan banyak dari kita malas untuk melakukannya.

Padahal, kita pun tahu kalau olahraga itu baik untuk kesehatan, dapat menguruskan perut, dan membuat tubuh agar tetap bugar.

Tapi, rasanya ogah kalau harus turun dari tempat tidur dan mengakhiri mimpi indah hari libur kita saat pagi.

Simak juga: 7 Tips Makan Sehat di Malam Hari

Kendati demikian, sebenarnya ada banyak cara kok berolahraga bagi Anda yang malas melakukannya.

Berolahraga tanpa harus melakukan gerakan yang menguras banyak tenaga, mungkin itulah yang Anda butuhkan untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Beberapa cara ini bisa dilakukan untuk tetap berolahraga ringan bagi Anda yang malas melakukan olahraga.


1. Lakukan Peregangan

Peregangan bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja, bahkan dalam posisi berbaring sekalipun.

Sama pentingnya dengan olahraga rutin, para pakar kebugaran mengatakan peregangan penting untuk dilakukan setiap hari.

Peregangan memberikan manfaat untuk menjaga kelenturan tubuh dan pergerakan sendi, dan juga melancarkan darah agar mengalir ke seluruh otot tubuh.


2. Dapatkan Manfaat dari Yoga

Sulit dipercaya, Anda masih malas beranjak dari kasur? Yah, paling tidak pindahlah ke lantai dan lakukan beberapa gerakan yoga.

Cara ini akan memberikan Anda manfaat lebih dari sekadar peregangan, misalnya dengan mengangkat kaki ke tembok dengan posisi 90 derajat, atau dalam keadaan berbaring kedua telapak kaki ditangkupkan.

Cara lainnya dari yoga ini misalnya melalukan ‘pose mayat’ atau berbaring dengan kedua tangan direntangkan sejauh 30 derajat untuk memperoleh relaksasi yang total.

Manfaat melakukan yoga selain dapat meregangkan otot hamstring yang kaku, postur yoga semacam ini juga dapat mengurangi tekanan pada punggung, serta melancarkan darah yang mengalir ke otak.

Agar memperoleh manfaat optimal, tiap postur dilakukan masing-masing selama sekian menit dan atur pernapasan secara perlahan.


3. Berolahraga Ringan di Depan Televisi

Bila Anda masih malas untuk berolahraga tapi tetap betah duduk di depan TV, maka lakukan gerakan sederhana ketika jeda iklan pada acara TV favorit Anda.

Lakukan squat sebanyak 2 hingga 3 kali selama iklan pertama, lalu diiklan yang kedua dilanjutkan dengan pushup, kemudian diiklan yang ketiga lakukan satu kali plank.


4. Bermeditasi

Bermeditasi di sini maksudnya bukan Anda harus bertapa selama ratusan tahun di gunung ‘Hua Kuo’ ya. (^_^).

Daripada hanya berguling-guling saja di kasur, lebih baik Anda mencoba untuk bermeditasi. Cari posisi duduk yang nyaman, dan pilihlah apakah Anda akan melakukannya dalam kondisi mata tertutup atau terbuka.

Bermeditasi dipercaya mampu meningkatkan konsentrasi, memicu perasaan bahagia, dan meredakan stres.


5. Gerakan Naik-Turun Tangga

Untuk gerakan satu ini Anda akan membutuhkan lebih banyak tenaga dan usaha. Namun, paling tidak Anda tetap tak perlu keluar rumah (bagi yang rumahnya bertingkat).

Jadi, setiap 30 menit sekali, atau saat jeda iklan acara TV favorit Anda, berjalanlah naik-turun di tangga sebanyak tiga kali kemudian Anda pun dipersilahkan duduk kembali di sofa dan melanjutkan menonton acara TV favorit Anda.


6. Membersihkan Rumah

Untuk cara yang terakhir ini akan ada dua manfaat penting yang bisa Anda dapatkan yaitu membuat rumah terlihat bersih dan rapi serta menjaga tubuh tetap bugar.

Untuk itu, segeralah ambil sapu atau vacuum cleaner dan bersihkan ruangan-ruangan tertentu dalam rumah Anda.

Kemudian lanjutkan dengan aktivitas rumah tangga lainnya seperti merapikan kamar atau mencuci pakaian.

Ada 123 kalori yang terbakar dari aktivitas menggunakan vacuum cleaner, lalu 133 kalori juga Anda habiskan dengan mencuci baju, sedangkan menyapu dan mengelap debu dapat membakar 127 kalori dalam tubuh Anda.

Bagaimana, luar biasa bukan kalau semua kegiatan tersebut dapat Anda lakukan setiap hari? Bahkan, dalam waktu satu minggu saja berat badan Anda mungkin akan turun beberapa kilo.


Nah, itulah tips berolahraga untuk Anda yang males berolahraga. Semoga bermanfaat kawan.

Sumber:
http://health.detik.com/read/2015/05/26/093036/2924912/766/hap-hap-6-gerakan-olahraga-sederhana-ini-cocok-bagi-si-pemalas-lho


Related Posts

6 Cara Olahraga yang Cocok untuk Anda yang Malas Berolahraga
4/ 5
Oleh