7 Tips Makan Sehat di Malam Hari

7 Tips Makan Sehat di Malam Hari
Segudang aktivitas yang padat, berbagai tugas yang menumpuk, terkadang memaksa Anda di malam hari untuk bekerja ekstra.

Dikarenakan otak yang juga bekerja keras, maka tidak jarang mereka yang bekerja ekstra di malam hari akan merasa lapar saat tengah malam.

Padahal, sebelumnya di sore hari kamu sudah makan cukup banyak, lalu bagaimana efeknya bagi kesehatan bila Anda makan lagi di malam hari?

Sebenarnya tidak ada salahnya bila Anda mengisi perut yang keroncongan di malam hari. Namun, akan lebih baik kalau Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini bila ingin aman dan sehat makan di malam hari!

Baca juga: Apakah Sehat, Makan Lalapan Mentah?


1. Hindari Makanan Berlemak

Walau Anda tidak sedang menjalankan program diet, namun makanan-makanan dengan banyak lemak seperti rendang atau opor sebaiknya dihindari.

Mungkin Anda memang bukan orang yang terlalu menjaga penampilan, sehingga agak cuek dengan berat badanmu sendiri.

Kendati demikian, kesehatan tetaplah haruslah dijaga. Caranya sangat simpel, cukup dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak dan kalori yang tinggi.

Dengan mengkonsumsi makanan yang cukup gizi dan kaya vitamin akan membuat perut kita tak mudah lapar.

Di samping itu, vitamin yang kita asup juga akan menambah sistem kekebalan tubuh kita terhadap penyakit. Makanan dengan gizi yang seimbang dan vitamin yang banyak sebenarnya bisa didapatkan dengan mudah.

Hanya, tinggal bagaimana cara memasaknya saja yang perlu diperhatikan supaya menjadi enak dan lezat ketika disantap.


2. Makan Kacang Sebagai Camilan di Malam Hari

Kacang rebus merupakan teman sejati ketika ada acara nonton bola di televisi saat begadang malam hari.

Rasanya, kurang lengkap bila begadang tanpa adanya camilan. Namun, Anda pastinya menjadi ragu ketika banyak yang bilang kalau ngemil di malam hari akan membuatmu tidak sehat.

Tapi tunggu dulu, ngemil di malam hari boleh saja kok dan tidak semua camilan itu buruk. Hanya saja Anda perlu memperhatikan dalam memilih camilan yang sesuai sebagai teman setia ketika begadang nonton televisi di malam hari.

Walaupun enak, sebaiknya Anda menghindari makanan-makanan yang mengandung MSG, dan sebagai alternatif boleh saja Anda memakan kacang rebus di malam hari sebagai camilan.

Kacang memiliki serat dan nutrisi yang tinggi, tapi kandungan kalorinya cukup rendah. Inilah mengapa kacang sebenarnya baik untuk dikonsumsi.

Bukan hanya mencegahmu dari kondisi kelaparan saat malam hari, kacang juga dapat meningkatkan produksi serotin dalam tubuh sehingga akan membantu Anda memperoleh kualitas tidur yang lebih baik dan nyenyak.


3. Makan Sandwich Akan Membuatmu Kenyang Sampai Pagi

Makan Sandwich atau roti gandum akan membantumu mengurangi rasa lapar ketika mengerjakan tugas yang mesti dikumpulkan besok pagi.

Banyak ahli kesehatan yang menyarankan gandum untuk dikonsumsi sebelum tidur. Sebab, gandum dapat meningkatkan kadar tritophan yang mendorong produksi serotonin dalam tubuh sehingga akan membuat kita tidur dengan lelap.

Namun, agar roti gandum bisa dinikmati dengan lezat, sebaiknya memang diolah kembali menjadi sebuah sandwich.

Cara buatnya mudah kok, cukup dengan dua lembar roti gandum, lalu tengahnya diberi tomat, selada air, dan dipotong sesuai selera.

Kamu juga bisa menambahkan irisan daging merah atau ayam, atau ikan salmon yang telah direbus dahulu sebelumnya.


Baca artikel selanjutnya di sini:
7 Tips Makan Sehat di Malam Hari (2)


Related Posts

7 Tips Makan Sehat di Malam Hari
4/ 5
Oleh