9 Cara Ampuh Untuk Mengusir Kantuk di Kantor

9 Cara Ampuh Untuk Mengusir Kantuk di Kantor
Sebenarnya, selain manusia butuh makan, manusia juga butuh tidur, dan ini juga merupakan kebutuhan krusial manusia.

Karena, ada banyak manfaat kesehatan dari tidur yang kita lakukan, dengan tidur maka kita sedang memberikan waktu untuk tubuh beristirahat yang cukup supaya semua sistem dan fungsinya dapat terus berjalan dengan optimal.

Di samping itu, tidur juga akan memberikan Anda energi yang ketika kembali beraktivitas akan siap untuk dipakai.

Namun, menjadi tidak efektif apabila setiap saat bekerja di kantor Anda merasa ngantuk. Tentu saja ini akan menurunkan konsentrasi dan fokus Anda dalam bekerja.

Baca juga: 5 Cara Menghindari Konflik dalam Persaingan Kerja yang Tidak Sehat

Tidak hanya itu, kemungkinan terburuk adalah bisa saja Anda melakukan kelalaian sehingga mengancam keselamatan kerja Anda dan orang di sekitar Anda.

Berikut ini kami akan berbagi 10 cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk saat Anda bekerja di kantor.


1. Sarapan

Dibuktikan oleh penelitian bahwa mereka yang sarapan di pagi hari akan lebih merasa enerjik saat beraktivitas baik secara mental dan juga fisik.

Sarapan yang Anda lakukan di pagi hari akan menurunkan hormon kortisol yang merupakan hormon penyebab rasa ngantuk.


2. Cuci Muka

Ketika merasa kantuk saat bekerja, segera bangun dari kursi Anda dan pergilah ke toilet untuk mencuci muka.

Mata Anda akan dibuat melek dan energi Anda akan lebih meningkat secara ajaib dengan menggunakan percikan air.


3. Dengarkan Musik Rock

Mendengarkan musik dengan ritme yang keras seperti rock, hip hop atau R ‘N B dapat membantu Anda membangkitkan kembali energi dan menghilangkan rasa kantuk.

Tapi kalo di kantor sebaiknya gunakan earphone ya, karena dikhawatirkan akan mengganggu rekan kerja di sebelah mu.


4. Minum Air Putih yang Banyak

Dehidrasi juga akan mengakibatkan Anda selalu merasa kantuk dan tak berenergi. Selain itu, dehidrasi juga mengakibatkan Anda mudah lupa dan bingung.

Nah, untuk itu penting sekali untuk memastikan kebutuhan cairan Anda terpenuhi setiap harinya. Apalagi ketika cuaca sedang panas-panasnya, maka segera minum banyak air untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi.


5. Jalan-jalan

Terkadang kantuk juga datang dikarenakan duduk dalam jangka waktu yang lama. Solusinya adalah melakukan berjalan kaki keliling kantor dengan perlahan.


6. Peregangan Tubuh

Apabila berjalan pelan keliling kantor sulit Anda lakukan, cobalah untuk melakukan aktivitas fisik ringan lainnya seperti meregangkan tubuh atau senam-senam kecil setiap setengah jam. Aktivitas ini akan membuat Anda lebih enerjik dan waspada sepanjang hari.


7. Tarik Napas Dalam

Ketika Anda merasakan kantuk, segera duduk dengan posisi rileks lalu tarik napas secara perlahan dan hembuskan selama 6 sampai 10 detik.

Teknik pernapasan ini akan membantu Anda untuk tetap terjaga, karena suplai oksigen di dalam aliran darah akan meningkat dan membuka kembali mata Anda yang tengah mengantuk.


8. Minum Kopi

Minum kopi banyak dipilih orang sebagai cara untuk menghilangkan kantuk. Tidak hanya kopi, minuman lain yang mengandung kafein juga sebenarnya akan memberikan efek tersebut.

Hanya saja kafein harus dibatasi konsumsinya, jangan terlalu berlebihan karena dapat merusak jam tidur Anda dan menyebabkan insomnia.


9. Tidur Siang 15 menit

Jika semua cara di atas telah Anda lakukan namun kantuk masih hinggap di mata Anda. Maka cara terakhir adalah dengan mengistirahatkan tubuh Anda sejenak, tidurlah sebentar selama 10 hingga 15 menit. Tidur dalam waktu ini di siang hari sangat ampuh lho untuk mengembalikan energi Anda.

Sumber:
http://afriadiiblog.blogspot.com/2015/05/cara-mudah-menghilangkan-kantuk-di.html


Related Posts

9 Cara Ampuh Untuk Mengusir Kantuk di Kantor
4/ 5
Oleh