Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Seorang Pekerja Gampang Merasa Lelah

Banyak dari kita yang tentunya merasa lelah setelah seharian bekerja.

Kurangnya waktu tidur, rapat yang intens di kantor, belum lagi deadline laporan yang harus selesai hari itu juga, ditambah lagi kondisi jalan macet yang kesemuanya dapat membuat tubuh kita terasa amat lelah.

Akan tetapi ada sejumlah faktor lain di samping masalah yang sehari-hari dialami tersebut yang dapat menjadi penyebab rasa lelah yang tak kunjung sembuh.

Baca juga: Tujuh Manfaat Bawang Putih yang Jarang Anda Ketahui

Makanan yang dikonsumsi sehari-hari, kurangnya waktu tidur, sampai olahraga yang jarang Anda lakukan bisa saja menjadi faktor mengapa tubuh Anda selalu cepat merasa lelah.


Terlalu Banyak Mengkonsumsi Glukosa

Seperti contoh, terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman manis hanya akan membuat Anda cepat merasa lelah, sebab kadar glukosa dalam darah begitu cepat berfluktuasi, jadi Anda akan cepat merasa bertenaga namun cepat juga merasa lelah.

Bila Anda sering mengalami hal yang demikian, maka ada baiknya mulai sekarang Anda coba untuk menjalani program diet sehat seimbang. Dengan menjalani diet seimbang, justru Anda tidak akan merasa cepat lelah ketika beraktivitas.


Kurangnya Jumlah Waktu Tidur

Kemudian jika faktornya adalah karena jumlah waktu tidur yang tidak terpenuhi setiap harinya, maka ada baiknya Anda hindari mengkonsumsi kafein. Biasakan tubuh Anda untuk mendapatkan istirahat yang cukup di setiap hari.


Jarang Berolahraga

Sedangkan apabila Anda selama ini jarang berolahraga, tentunya tubuh Anda menjadi tidak bugar dan akan cepat merasa lelah bila melakukan suatu aktivitas.

Untuk itu, mulai sekarang buatlah jadwal olah raga yang rutin untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh dan menjaga kebugaran tubuh Anda.

Anda jangan salah, berolahraga tidak membuat Anda menjadi lelah, justru sebaliknya akan menambah kemampuan tubuh untuk mengembalikan energi yang hilang ketika beraktivitas.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin berolahraga tidak akan cepat merasa lelah ketika melakukan aktivitas kerja, dibandingkan dengan orang setiap harinya bekerja dalam keadaan duduk, namun sangat jarang melakukan olahraga.

Memang untuk menetapkan penyebab dan mengatasi masalah dari rasa lelah pada tubuh bukanlah hal yang mudah, sehingga tidak menutup kemungkinan walaupun Anda sudah melakukan tips di atas ternyata rasa lelah tak kunjung lenyap dari tubuh Anda. Dan bila kondisi seperti yang terjadi, maka sebaiknya Anda lebih waspada.


Masalah Pada Kelenjar Tiroid

Kemungkinan lain adalah terdapat masalah pada produksi kelenjar tiroid dalam tubuh Anda. Apabila kondisi kelelahan yang Anda alami lebih cenderung pada lemah dan lesu, mungkin masalahnya ada pada produksi kelenjar tiroid dalam tubuh Anda. Kelenjar tiroid yang tidak seimbang, akan mempengaruhi tingkat energi dalam tubuh Anda.

Segera lakukan tes darah untuk mengecek apakah kelenjar tiroid Anda masih dalam keadaan normal atau tidak.

Dan ketika memang masalahnya terdapat pada kelenjar tiroid yang tidak seimbang, penanganan yang lebih tepat akan segera diberikan oleh dokter.


Anemia

Penyebab lain yang membuat tubuh Anda cenderung cepat merasa lelah dan lesu adalah kondisi Anemia.

Sebenarnya ini merupakan penyebab yang paling sering ditemui, dan sangat mudah untuk melakukan pengecekannya dengan melakukan tes darah.

Sedangkan untuk mengatasinya, asupan banyak makanan yang mengandung zat besi sangatlah dianjurkan, Anda bisa mengkonsumsi daging, serta sayuran hijau seperti bayam dan kangkung untuk mengatasi anemia yang Anda alami. Atau bisa juga dengan mengkonsumsi suplemen apabila Anda memang mengalami defisiensi besi kronis.


Sleep Apnea

Merasa lelah dan kerap mengantuk saat siang hari bisa merujuk pada kemungkinan terjadinya gangguan tidur.

Bila Anda tidur mendengkur, sebaiknya lakukan tes tidur untuk mengetahui kemungkinan Anda mengalami sleep anea. Sleep Apnea adalah kondisi henti napas yang terjadi saat tidur.

Bila tidak diperhatikan dengan benar, sleep apnea bisa mengganggu tubuh Anda. Biasanya dokter akan merekomendasikan penggunaan C-PAP agar tidur Anda bisa lebih nyenyak.

C-PAP (continuous positive airway pressure merupakan alat yang biasanya dipakai untuk membantu orang dengan gangguan Sleep Apnea Obstruktif (OSA) agar pasien dapat bernapas lebih mudah selama tertidur.


Gangguan Pada Jantung

Apabila Anda cepat merasa lelah yang dibarengi pula dengan sesak napas, maka Anda perlu lebih waspada, bisa jadi Anda mengalami gangguan kesehatan pada jantung.

Kemungkinannya bisa karena kardiomiopati, atau penyakit yang mengakibatkan pertumbuhan otot jantung yang terlalu berlebihan.

Untuk menangani kondisi seperti ini, biasanya dilakukan dengan cara diet hingga operasi untuk mengangkat jaringan ataupun menanam alat pacu pada jantung.


Kondisi Depresi

Rasa lelah yang diakibatkan oleh depresi biasanya dikarenakan kondisi kesedihan yang membuat Anda kehilangan nafsu makan.

Atau bisa juga disebabkan karena Anda tidak dapat menemukan kesenangan dari hal-hal yang biasanya digemari.

Kondisi seperti ini jangan dianggap sepele dan dibiarkan berlarut-larut, segera periksakan ke dokter atau ahli terapis untuk mengembalikan mood Anda sehingga menjadi lebih baik dan bersemangat untuk menjalani aktivitas.

Sumber:
http://health.kompas.com/read/2015/04/27/072400523/Selalu.Lelah.Bisa.Jadi.Ini.Masalahnya.


Related Posts

Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Seorang Pekerja Gampang Merasa Lelah
4/ 5
Oleh