Beberapa Hal Mendasar Tentang Jenis Jas Yang Perlu Anda Ketahui

Memang tidak ada aturan baku yang tertulis mengenai cara pemakaian jas yang baik dan benar. Namun, hal ini sangat penting untuk diketahui oleh para pria agar mengesankan bahwa Anda adalah orang yang memberi perhatian lebih pada hal-hal mendetail serta dapat tampil mengesankan dibalik busana formal yang elegan.

Di samping itu dalam beberapa situasi, pengetahuan tentang pemakaian setelan jas yang benar dan sesuai akan membuat Anda tampak lebih percaya diri sehingga menarik perhatian orang-orang yang melihat di sekitar Anda. Tentu akan memunculkan suatu kebanggaan tersendiri bukan?

Simak juga: 5 Tips Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smartphone Baru

Beberapa Hal Mendasar Tentang Jenis Jas Yang Perlu Anda Ketahui
fashionpria.com
Pemakaian siluet clean yang sedikit mengandung ornamen serta dengan potongan sesuai sangatlah disarankan.

Harus diingat pula, pemakaian setelan jas memiliki perbedaan dengan cara pemakaian jaket semi formil yang biasanya dijual terpisah. Walau sekilas tampak serupa, tetapi pada jaket semi formil menciptakan efek yang lebih kasual.


Jenis Jas Single-Breasted

Kaum pria memang paling banyak memiliki jenis setelan jas modern satu ini. Setelan ini dibagi menjadi 3 jenis dasar yang disesuaikan dengan jumlah kancingnya.

1. Jas Satu Kancing (one-button)

Pemakaian jas dengan satu kancing ini biasanya untuk acara formal yang dipakai satu setelan bersama celana.

Biasanya, acara dengan dresscode “black tie”, mengharuskan pria untuk memakai jenis jas yang satu ini. Jangan lupa, saat berdiri kancing harus selalu terpasang dengan rapi.

2. Jas Dua Kancing (two-button)

Jenis jas dengan dua kancing ini menampilkan gaya konvensional yang masih banyak pula kaum pria yang memakainya.

Saat berdiri, pastikan kancing paling atas selalu terpasang rapi, dan biarkan kancing bawah tidak terkancing.

Namun, terdapat beberapa pengecualian bagi para pria yang mempunyai jas dengan lapel lebih panjang.

Biasanya mereka tetap memasang kancing atas dan bawah sekaligus. Bila proporsi jaket ketika dipakai pria lebih cocok saat kedua kancing terpasang rapi, itupun tidak menjadi masalah.

Sedangkan bagi pria dengan postur tubuh lebih tinggi, pemasangan kancing paling bawah pada jas jenis ini juga tidak masalah. Hal ini akan membuat bagian atas jas tidak terlalu gampang terbuka.

3. Jas Tiga Kancing (three-button jackets)

Bagi Anda yang merasa lebih nyaman menggunakan jas yang berkancing tiga, maka jangan lupa untuk memasang kancing kedua yang berada pada posisi tengah.

Bila Anda merasa nyaman, kancing pertama yang atas juga dapat dipasang rapi, tetapi sebaiknya kancing pada bagian paling bawah biarkan saja tidak terkancing.


Jenis Jas Double-Breasted


Jenis jas yang berkancing dobel, umumnya selalu terkancing rapi dan jarang terbuka. Saat membeli atau ketika membuat jas model ini biasanya ada angka kancing yang disebutkan untuk mendeskripsikan “jumlah kancing diikuti banyaknya lubang kancing yang dapat berfungsi”.

Contohnya, Jas double-breasted berkancing “empat-dua”, artinya jas tersebut mempunyai empat kancing dan hanya dua lubang kancing yang dapat difungsikan. Dua kancing lain selebihnya hanyalah sebagai ornamen saja.


Itulah beberapa jenis jas yang perlu Anda ketahui, walau menjadi aturan tidak tertulis, memasang kancing paling atas merupakan hal yang harus dilakukan agar menampilkan kesan formal yang menawan.

Bila Anda merasa lebih nyaman untuk membuka kancing bawah, tidak menjadi masalah asalkan memang terlihat rapi.

Sumber:
http://female.kompas.com/read/2015/02/10/150000520/Kenali.Jenis.Jas.dari.yang.Paling.Mendasar


Related Posts

Beberapa Hal Mendasar Tentang Jenis Jas Yang Perlu Anda Ketahui
4/ 5
Oleh