Pengetahuan Dasar Tentang Macam Kabel yang Terdapat Pada Komputer atau Laptop

Saat kita berada di depan komputer desktop maupun laptop, kita akan melihat berbagai port-port (colokan kabel) yang berbentuk aneh-aneh.

Tapi apa kamu tahu kalau setiap port tersebut ternyata mempunyai fungsi yang berbeda-beda? Misalnya saja ketika kita ngomong soal harddisk, maka kita akan menemukan port SATA atau IDE.

Tahukah kamu perbedaan dari kabel untuk port tersebut? Kemudian ada lagi tentang Universal Serial Bus (USB), ternyata ada pula berbagai tipe dari jenis port ini, seperti USB 1.0, 2.0, dan 3.0, tahukah kamu apa perbedaan dari masing-masing tipe tersebut?

Nah, walaupun memang agak sedikit memusingkan, tapi pengetahuan dasar tentang macam-macam kabel komputer itu sangat penting untuk kita miliki. Sebab, hal ini adalah ilmu dasar komputer yang harus kamu ketahui bila ingin mendalami komputer lebih jauh.

Baca juga: 5 Software Gratis Untuk Recovery File Pada Memory Card

Terdapat begitu banyak jenis kabel pada komputer, namun untuk menemukan arti dan fungsi dari satu persatu kabel tersebut tentunya kamu akan kesulitan.

Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa macam kabel yang kerap kamu temukan saat berhadapan dengan komputer.


Kabel Power (Kabel Power Suply CPU)


Kabel power komputer ini biasa digunakankan untuk mengaliri arus listrik PLN (stop kontak rumah) ke Power Suppley CPU, ada juga yang menggunakannya untuk monitor dan printer. Dan tanpa ini, komputer desktop tentu enggak bisa menyala.



VGA (Video Graphics Array)


Kabel koneksi VGA merupakan kabel standart yang dipakai untuk menghubungkan komputer dengan monitor.

Sekarang penggunaan kabel ini memang sudah memudar dari popularitas karena pergeseran menuju koneksi digital analog. Namun bila kamu melihat video card saat ini, kamu masih akan melihat port VGA.



DVI (Digital Visual Interface)


Kabel DVI merupakan penerus dari VGA, transformasi teknologi analog menjadi digital. Layar digital seperti LCD terbukti mempunyai kualitas gambar yang lebih baik. Kabel DVI datang dengan 3 jenis:
- DVI-A dapat mengirimkan sinyal analog, memungkinkan kompabilitas dengan VGA
- DVI-D dapat mengirimkan sinyal digital yang lebih baru
- DVI-I bisa memberikan dukungan untuk analog dan digital



HDMI (High Definition Multimedia Interface)


Dalam sepuluh tahun terakhir, high-definition broadcast menjadi standart baru yang mempunyai arti berkualitas tinggi.

Tidak seperti VGA dan DVI, HDMI mampu mengirimkan sinyal video serta audio secara bersamaan. HDMI hanya mendukung sinyal digital, jadi kabel ini hanya kompatibel dengan device-device baru.

Konektor HDMI datang dengan 4 jenis.
1. Tipe A merupakan yang paling populer. Konektor ini dapat kamu lihat dari 19 pin di male. Tipe A kompatibel dengan single link DVI-D.
2. Tipe B lebih besar dibandingkan Tipe A, hadir dengan 29 pin di male. Tipe B kompatibel dengan dual-link DVI-D.
3. Tipe C hadir dengan 19 pin yang sering dipakai pada device portable seperti camcorder atau kamera digital.
4. Tipe D mirip seperti micro-USB yang juga mempunyai 19 pin.




USB (Universal Serial Bus)

Sekarang ini hampir semua device periferal seperti keyboard, mouse, flashdisk, adaptor pasti memakai port USB. Desainnya telah berkembang sejak bertahun-tahun, mempunyai beberapa versi USB:


Terdapat juga mini dan micro USB yang sering dipakai pada device kecil seperti smartphone, tablet atau kamera digital.

Standart konektor USB saat ini lebih banyak dipakai device yang sering terhubung dengan komputer, seperti hardisk external, keyboard, mouse atau printer.


Kabel Mouse dan Keyboard PS/2


Kabel ini biasa kita temukan di Mouse dan Keyboard yang mungkin bisa dibilang agak jadul, tapi penggunaannya pun masih ada hingga sekarang.


IDE (Integrated Drive Electronics)



Kabel IDE dipakai untuk menghubungkan motherboard dengan storage atau hardisk model lama. Bila pada tahun 2000an kamu telah memakai komputer, mungkin kamu akan menemukan konektor IDE hardisk.

Kabel ini bentuknya lebar seperti pita, dan bagian ujungnya pipih namun mempunyai banyak lubang. Ujung Kabel IDE mempunyai 40 pin terbagi menjadi dua bagian, untuk hardisk versi 2.5 menggunakan IDE 44 pin.




SATA (Serial Advanced Technology Attachment)


Hardisk versi terbaru atau di era modern telah memakai port SATA dan sudah tidak lagi memakai IDE. Bisa dibilang kabel SATA merupakan teknologi lanjutan IDE yang paling sukses.

Dibandingkan dengan IDE, SATA dapat mentransfer data lebih cepat. Namun, Motherboard kamu juga harus mendukung kabel SATA bila ingin memakainya, model motherboard sekarang sudah banyak yang mendukung SATA bahkan tidak lagi menggunakan IDE. Kabel standart SATA memiliki dua konektor, masing-masing memiliki 7 pin dan memiliki lubang berbentuk L.


eSATA (External Serial Advanced Technology Attachment)


eSATA dapat dikatakan perbaikan dari kabel SATA yang memungkinkan kabel SATA dipakai sebagai external.

Jadi sesungguhnya eSATA ini tidak jauh berbeda dengan SATA, hanya saja ia bisa menghubungkan hardisk external atau hardisk optik ke komputer.



FireWire


Mungkin kamu termasuk orang yang jarang memakai device dengan penghubung kabel FireWire. Pada intinya jenis kabel ini persis seperti USB, untuk melakukan transfer data dengan kecepatan tinggi.

Device dengan bandwidth tinggi seperti printer dan scanner akan mendapatkan keuntungan dari FireWire.

Kabel FireWire ada dua jenis; 1394a dengan kecepatan transfer 400 Mbps dan 1394b yang memiliki kecepatan transfer 800 Mbps.



Paralel Port


Paralel Port banyak digunakan sebelum socket USB hadir. Namun, penggunaannya masih dapat ditemui pada Motherboard tahun 2006 ke bawah.

Contoh penggunaannya pada waktu itu ketika printer dotmatrix masih populer, biasanya memakai kabel ini.



UTP (Unshielded Twisted Pair)


Mungkin tidak sedikit juga kalangan teknisi yang mengenalnya dengan istilah Kabel Ethernet. Kabel ini digunakan untuk menghubungkan komputer pada sebuah jaringan.

Biasanya kabel UTP ini menghubungkan komputer kamu dengan router agar bisa terhubung dengan jaringan internet.

Kalau di rumah kamu menggunakan internet yang menggunakan kabel ethernet, mungkin kamu akan merasa familiar dengan kabel ini.

Saat ini ada tiga jenis kabel ethernet yang paling sering dipakai:
1. Kabel Cat 5 merupakan jenis yang paling sering dipakai hingga saat ini, mampu memberikan kecepatan 10 Mbps atau 100 Mbps.
2. Kabel Cat 5e adalah jenis Cat 5 yang sudah ditingkatkan, dapat mencapai kecepatan maksimal 1000 Mbps.
3. Kabel Cat 6 merupakan teknologi terbaru jenis kabel UTP, dapat mencapai kecepatan 10 Gbps.


DisplayPort


DisplayPort berfungsi sebagai video connector dan merupakan jenis baru mulai muncul di banyak perangkat keluaran terbaru, khususnya laptop.

Kabel ini dirancang menggantikan DVI dan VGA di komputer, namun penggunaannya tidak sebanyak DVI atau HDMI.

Kendati demikian, kabel ini sudah banyak tertanam ke komputer terbaru baru seperti Mac, Dell, HP dan Lenovo.

Sebenarnya kabel sangat mirip HDMI, dan bisa menstream baik HD video dan audio kabel yang sama, dan mampu mensupport resolusi hingga 1920A~1080 dan 8 channel audio melalui seutas kabel.

Kelebihannya dibandingkan DVI dan HDMI adalah DisplayPort mensupport HDCP, sehinnga anda bisa memakainya untuk memplayback HD content yang terproteksi pada Blue-ray dan banyak lagi kelebihan lainnya.

Anda bisa pula menghubungkan ke HDMI atau DVI port dengan sebuah converter, karena sinyal digital kompatibel.

Kabel ini tetap mempunyai kelemahan yaitu masih sedikitnya monitor dan TV yang menyertakan diplayPort port sehingga kamu harus membekali dengan converter jika ingin menggabungkan laptop ke layar lebar.


Kabel Audio Jack 3.55 mm


Kabel ini banyak digunakan oleh perangkat komputer sebagai output dari sinyal audio. Biasanya diaplikasikan pada perangkat headset, earphone, atau speaker aktif.

Sumber/gambar:
http://www.kaskus.co.id/thread/5589d8bb902cfefa7e8b4567/?ref=homelanding&med=hot_thread
http://winpoin.com/inilah-macam-macam-kabel-komputer-yang-wajib-kamu-ketahui/
Google.com


Related Posts

Pengetahuan Dasar Tentang Macam Kabel yang Terdapat Pada Komputer atau Laptop
4/ 5
Oleh