Tips Mempersiapkan Anggaran Liburan Dengan Mudah

Tips Mempersiapkan Anggaran Liburan Dengan Mudah
Begitu senangnya ketika kita mendengar kata libur panjang. Mungkin yang langsung terbersit dalam benak Anda adalah jalan-jalan ke gunung, berenang di pantai, menginap di villa, atau pulang ke kampung halaman.

Bahkan, ada juga yang membayangkan bahwa liburan merupakan saat di mana kita bisa bermalas-malasan di tempat tidur, duduk santai di beranda sambil baca buku dan menikmati camilan gurih, serta bermain bersama buah hati sepanjang hari.

Setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk menghabiskan waktunya saat liburan tiba. Meskipun kegiatan liburan secara berkala dapat bermanfaat besar secara psikologis, namun kegiatan ini memang bukanlah hal yang wajib.

Baca juga: Tips Mempersiapkan Perjalanan Mudik Agar Lebih Nyaman dan Hemat

Akan tetapi meluangkan waktu untuk berlibur dapat me-recharge baterai Anda yang hampir habis menjadi bertenaga kembali.

Sepertinya kegiatan liburan adalah hal yang identik dengan suasana santai dan bertolak belakang dengan aktivitas pembuatan anggaran yang menjemukan.

Di samping itu, bagi sebagian besar orang yang belum terbiasa membuat anggaran, maka akan terkesan rumit dan sulit.

Namun, sebenarnya membuat anggaran liburan bukanlah sesuatu yang rumit, sangat sederhana dan mudah dilakukan.

Tujuan dari adanya anggaran tersebut sebenarnya agar persiapan finansial dalam agenda liburan menjadi lebih matang sehingga kegiatan berlibur kita bisa lebih nyaman.

Dengan dibuatnya anggaran liburan, maka Anda akan lebih disiplin dalam mengelola pengeluaran dan mencegah Anda untuk mengeluarkan uang lebih banyak daripada yang seharusnya. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat anggaran liburan dengan cermat dan mudah:


1. Penentuan Tempat Liburan

Tempat liburan yang akan tuju akan menentukan besar-kecilnya anggaran liburan yang akan Anda lakukan.

Semakin dekat tempat liburan yang dituju maka akan semakin murah pula dana yang harus dikeluarkan.

Apabila Anda telah berumah tangga, maka sebaiknya memilih tempat liburan yang nyaman dan juga bisa mendidik anak-anak.

Misalnya Anda bisa mengajak anak-anak ke daerah pegunungan dan melihat perkebunan teh, atau mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti museum, candi, atau masjid-masjid bersejarah.

Anda juga bisa mengajak anak-anak berlibur ke pantai dan mengajak mereka melihat mercusuar ataupun melihat cara bekerja para penjaga pantai.


2. Perhitungan Besarnya Biaya

Jumlah orang yang ikut juga akan mempengaruhi besar-kecilnya biaya liburan Anda. Misalnya, Anda hendak berlibur bersama anak-anak dan istri, maka persiapan dana juga harus dilakukan agar cukup untuk sekeluarga.

Tapi bila Anda masih lajang, maka persiapan dana hanya perlu untuk kebutuhan Anda sendiri, bahkan bila Anda pergi bersama teman-teman dan ongkosnya dilakukan secara patungan malah akan lebih menghemat perjalanan liburan.

Dalam menghitung besarnya dana liburan yang diperlukan, maka ada beberapa pos yang sebaiknya dianggarkan dalam pengeluaran, antara lain:

- Biaya Transportasi

Hitung perkiraan biaya yang perlu Anda keluarkan dan cadangkan untuk transportasi pulang-pergi. Alat transportasi yang Anda pilih juga akan menentukan besar-kecilnya biaya yang akan dikeluarkan pada pos ini.

- Biaya Penginapan

Sebelumnya Anda harus terlebih dulu mencari informasi tentang biaya menginap di tempat-tempat yang Anda inginkan sehingga biaya penginapan bisa Anda perkirakan sebelum keberangkatan.

- Biaya Kebutuhan Makanan

Selama di tempat liburan, kemungkinan besar Anda tidak akan masak sendiri. Oleh sebab itu, dalam menyiapkan biaya makan, maka perhitungkan sebanyak biaya makan satu hari dikalikan dengan jumlah hari yang akan Anda dihabiskan selama liburan.

Anda perlu memperhitungkan biaya makan dalam perjalanan, jika tempat liburan yang dituju jaraknya lebih dari setengah hari waktu perjalanan.

- Biaya Masuk Tempat Rekreasi

Akan ada beberapa tempat rekreasi yang dapat Anda kunjungi di tempat liburan nanti. Sebelumnya, Anda harus menetapkan anggaran untuk rekreasi dulu baru selanjutnya sesuaikan dengan tujuan atau tempat rekreasinya.

Apabila biaya rekreasi di suatu tempat ternyata di luar dari budget yang telah Anda tetapkan, maka lebih baik Anda mencari alternatif lain tempat rekreasi yang terjangkau dengan budget yang siapkan, atau bisa juga dengan mengurangi jumlah tempat rekreasi yang hendak dikunjungi.

- Belanja Souvenir dan Oleh-oleh

Biasanya ketika berlibur, kita ingin bisa membawa souvenir atau oleh-oleh seperti barang kerajinan atau makanan khas dari tempat liburan yang kita tuju untuk dibagikan kepada teman atau tetangga.

Anak-anak Anda juga mungkin ingin membawa oleh-oleh juga untuk teman-temannya. Untuk itu, perkirakanlah secukupnya untuk anggaran belanja dan oleh-oleh jangan terlalu berlebihan.

- Biaya Lain-lain

Biaya lain-lain ini juga harus Anda perhitungkan, kalau-kalau ada sesuatu hal yang tidak terduga dan harus mengeluarkan biaya lebih.

Hal ini agar mencegah Anda kekurangan atau kehabisan dana karena harus membayar pengeluaran yang sebelumnya tidak ada dalam anggaran liburan Anda bersama keluarga.

Maka penting sekali untuk mencadangkan dana guna biaya tak terduga yang jumlahnya dari anggaran liburan Anda sekitar 10%.


3. Persiapan Dana

Nah, bila semua perhitungan dan perkiraan biaya telah selesai, maka Anda tinggal mempersiapkan dananya.

Caranya bisa dengan mengambilanya sebagian dari tabungan, atau melakukan setoran rutin tabungan dari pendapatan Anda.

Manfaatkan juga kelebihan pendapatan ekstra seperti Bonus Akhir Tahun, atau Tunjangan Hari Raya guna menambah jumlah dana liburan.

Kendati demikian, bila Anda memiliki tabungan namun tujuan tabungan tersebut tidak untuk liburan, maka sebaiknya jangan dipergunakan dulu untuk dana liburan, kecuali bila tabungan tersebut belum akan dipakai untuk keperluan apapun dalam jangka waktu lama.


Demikianlah tips mempersiapkan anggaran liburan dengan mudah yang dapat kami bagikan kepada Anda semoga bermanfaat dan membuat liburan Anda bersama keluarga lebih nyaman dan menyenangkan.

Sumber:
http://kemandirianfinansial.blogspot.com/2015/01/merencanakan-anggaran-liburan.html


Related Posts

Tips Mempersiapkan Anggaran Liburan Dengan Mudah
4/ 5
Oleh