4 Tips Agar Anda Lebih Mudah Memperoleh Pekerjaan

4 Tips Agar Anda Lebih Mudah Memperoleh Pekerjaan
Nampaknya sudah menjadi hal yang biasa terjadi di sekitar kita ketika ada seseorang yang sulit mendapatkan pekerjaan.

Mungkin Anda bisa juga termasuk salah satunya, apalagi di tengah persaingan dunia kerja yang semakin ketat dan pertumbuhan ekonomi yang bisa dibilang berjalan begitu lambat.

Kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan ini jangan kita anggap sepele, harus ada perubahan dan perbaikan diri bila Anda tidak ingin terus menerus terpuruk dalam kondisi seperti itu.

Persaingan kerja yang kian ketat, memaksa mereka yang bahkan lulusan sarjana pun akhirnya ikut melamar pada lowongan yang disediakan bagi lulusan SMA, dengan tujuan tentunya agar peluang untuk bisa diterima kerja bisa lebih besar.

Baca juga: Daftar Pertanyaan yang Selalu Ada Dalam Wawancara Kerja

Nah, hal ini pastinya membuat mereka yang hanya lulusan SMA atau lebih rendah menjadi makin berkecil hati.

Bila Anda yang masih kesulitan dalam memperoleh pekerjaan sesuai keinginan, maka ada baiknya Anda coba menerapkan beberapa tips yang dikutip dari laman Careeralism.

Mereka mengungkapkan bahwa para pelamar yang mengalami kesulitan dalam memperoleh pekerjaan lebih banyak disebabkan oleh ketidak siapan mereka menghadapi dunia kerja, sehingga membuat perusahaan pun mengalami kesulitan pula dalam merekrut para pelamar yang kurang memenuhi kualifikasi perusahaan tersebut.

Sebagai pelamar, Anda dituntut untuk bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan di dunia kerja.

Tentunya dengan cara terus melatih kemampuan yang bisa menjadi nilai tambah bagi suatu perusahaan.

Selain itu, kepercayaan diri yang kuat juga harus Anda miliki sebelum memutuskan untuk mengirimkan lamaran kerja kepada pihak perusahaan yang Anda inginkan.


1. Tingkatkan Terus Kemampuan Kerja Anda

Setiap profesi tentunya memiliki bidang keahlian khusus yang memang menjadi kriteria bagi pekerja yang akan mengisi posisi tersebut.

Bila Anda memang menginginkan profesi tersebut maka pelajari dan kuasai terlebih dulu berbagai kemampuan yang menunjang dalam profesi yang Anda inginkan tersebut.

Anda tentu tidak mendapatkan keahlian bekerja secara sempurna dari bangku sekolah maupun kuliah. Justru skill dalam bekerja harus Anda cari dan pelajari secara aktif dengan berorganisasi baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.

Di samping itu, perdalam lagi dengan mengikuti kursus atau mempelajari cara-cara meningkatkan skill kerja baik dari buku maupun internet.


2. Perbanyak Relasi Dan Jaringan Pertemanan

Tidak dapat dipungkiri, pengaruh teman atau relasi bisa menjadi pendukung Anda dalam mencari informasi tentang suatu pekerjaan.

Bahkan, bila teman Anda tersebut telah bekerja di perusahaan yang hendak Anda lamar, mereka bisa saja merekomendasikan Anda kepada perusahaan untuk mempekerjakan Anda.

Kesuksesan Anda untuk mendapat pekerjaan juga sangat didukung oleh banyaknya teman atau relasi yang Anda miliki.

Semakin banyak relasi Anda, maka akan semakin besar peluang Anda dalam mendapatkan informasi suatu lowongan pekerjaan.

Sama hal nya dalam dunia bisnis, banyaknya relasi bisnis akan membuat peluang Anda lebih besar untuk dapat mengembangkan bisnis.

Agar Anda memiliki banyak teman dan relasi, maka bisa Anda coba untuk mengikuti organisasi maupun mengikuti berbagai seminar, workshop lalu bertukar nomor handphone, kartu nama, dan sebagainya.

Intinya, Anda harus bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar rumah Anda, atau bisa mencoba menghubungi kembali sahabat lama waktu sekolah, atau teman lama waktu di kantor lama tempat Anda bekerja.

Hal yang perlu Anda ingat adalah jalan rezeki itu biasanya terbentuk dari tali silaturahmi. Jadi, silaturahmi merupakan hal penting yang harus Anda jaga agar jangan sampai putus.


3. Menjadi Freelance Sebagai “Batu Loncatan”

Biasanya, tidak sedikit para pencari kerja yang kurang berhasil dalam melamar di suatu perusahaan, kemudian mereka memilih jalan alternatif dengan menjadi freelance atau pekerja lepas.

Di samping bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, juga bisa dijadikan media Anda untuk terus mengasah kemampuan dan kepercayaan diri, serta menambah banyak relasi.


4. Aktif Di Media Online

Mencari pekerjaan tidak semata-mata harus dilakukan secara offline, cobalah untuk aktif pula di media online.

Anda bisa ikut aktif di media sosial misalnya, atau aktif ngeblog membuat tulisan-tulisan yang dapat menggambarkan personal maupun keahlian yang Anda miliki.

Siapa tahu ada perusahaan yang tertarik untuk mempekerjakan Anda setelah melihat tulisan-tulisan dalam blog tersebut.

Tidak hanya melalui blog dan media sosial, bisa juga Anda ikut aktif di forum-forum internet seperti kaskus atau ads id.

Ikuti berbagai perkembangan dunia kerja di dalamnya, bahkan Anda juga akan memperoleh beberapa referensi lowongan kerja yang cukup menarik di forum online tersebut.

Ketika ada suatu perusahaan yang membuka lowongannya yang dipublikasikan melalui online, maka Anda akan lebih cepat untuk mendapatkan informasinya dan bisa lebih cepat untuk mempersiapkan diri dalam melamar pekerjaan tersebut.


Demikianlah 4 tips yang bisa Anda coba agar tidak lagi mengalami kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan.

Semoga bermanfaat dan tidak membuat Anda patah semangat dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan impian Anda.

Sumber:
http://www.lebahmaster.com/bisnis-2/dunia-karyawan/sulit-mendapatkan-pekerjaan-lakukan-4-hal


Related Posts

4 Tips Agar Anda Lebih Mudah Memperoleh Pekerjaan
4/ 5
Oleh