7 Rahasia Menjadi Pelajar Sukses

7 Rahasia Menjadi Pelajar Sukses
Menjadi pelajar sukses tentunya banyak pula diidamkan oleh kamu yang saat ini sedang menempuh pendidikan di tingkat dasar maupun menengah.

Hanya saja, untuk menjadi pelajar yang sukses tentu bukanlah hal mudah.

Dibutuhkan persiapan dan perjuangan untuk bisa meraih kesuksesan baik di masa sekarang saat kamu menjadi pelajar, atau untuk kelak di masa depan ketika kamu telah dewasa.

Walaupun bukan menjadi jaminan bahwa pelajar sukses juga akan menjadi sukses ketika nanti memasuki dunia kerja, namun tidak ada salahnya kamu mengejar kesuksesanmu sejak dini, agar kamu lebih terbiasa dengan kesuksesan dan terbiasa dengan perjuanganmu untuk dapat meraih keseuksesan tersebut.

Baca juga: Enam Rahasia Dari Tulisan Tangan Yang Menunjukkan Kepribadian Seseorang

Berikut ini kami akan berbagi mengenai beberapa hal yang menandakan bahwa kamu adalah seorang pelajar sukses, dan pelajar sukses akan memiliki lebih banyak peluang untuk bisa sukses pula di dunia kerja dan bisnis nantinya.


1. Selalu Optimis

Pelajar yang sukses akan selalu yakin bahwa ia memiliki potensi diri untuk bisa berhasil dalam pendidikan yang sedang ditempuhnya.

Ia juga tidak pernah bersikap pesimis dalam memandang suatu tujuan, sehingga ia tidak pernah putus asa dalam berusaha dan mundur sebelum berjuang.


2. Kesadaran Sepenuh Hati Dalam Memikul Tanggung Jawab

Hal yang menandakan seorang pelajar sukses berikutnya ialah kesadaran melakukan kewajiban dan tanggung jawabnya dengan sepenuh hati, tanpa ada perasaan tertekan atau terpaksa.

Ia menyadari dan memahami arti pentingnya menjadi harapan bangsa, orangtua, dan agama. Dengan penuh keseriusan ia mengikuti setiap pelajaran dan terus meningkatkan segala potensi dan bakat yang ia miliki.


3. Selalu Mempersiapkan Dirinya Dan Pandai Dalam Pergaulan

Seorang pelajar sukses akan selalu mempersiapkan dirinya dalam melakukan berbagai hal, seperti saat menghadapi ujian maupun ketika dirinya harus tampil dalam suatu sesi acara di sekolah.

Begitu juga saat ada pertandingan olahraga antar kelas atau sekolah, pelajar sukses akan penuh persiapan sehingga membuat dirinya terbiasa dalam menghadapi berbagai situasi sulit.

Di samping itu, pelajar sukses juga pandai membawa dirinya dalam pergaulan. Dia tahu dengan pasti mana pergaulan yang dapat mengembangkan potensi dirinya, dan mana pergaulan yang justru malah memberi efek buruk bagi diri dan masa depannya.


4. Disiplin Dan Tak Pernah Lalai Dalam Mengerjakan Tugas

Pelajar sukses selalu tepat waktu dalam melakukan segala hal, berangkat sekolah selalu tepat waktu, pulang ke rumah langsung tidak mampir-mampir di jalan, dan ketika di rumah pun selalu tepat waktu dalam belajar.

Selain itu, pelajar sukses juga tak pernah lalai dalam mengerjakan tugas, baik tugas yang diberikan oleh guru di sekolah, maupun orangtua di rumah.

Ia selalu berusaha untuk menyelesaikan tugasnya dengan hasil terbaik, dan tak pernah menunda-nunda waktu dalam mengerjakannya.

Karena pelajar sukses sangat menghormati serta menyayangi orangtua maupun gurunya, sehingga ia tidak ingin melihat orang-orang yang ia sayangi kecewa karena sikapnya yang tidak disiplin atau karena ia gagal dalam mengerjakan tugasnya dengan baik.


5. Rajin Membaca Dan Gemar Menulis

Pelajar sukses selalu haus akan pengetahuan, dan juga selalu ingin dapat membagikan pengetahuan yang didapatnya kepada orang lain.

Oleh sebab itu, mereka sangat antusias dalam membaca, membaca tentang apa saja, membaca buku pelajaran, membaca koran, membaca artikel di internet, bahkan membaca novel ataupun komik di waktu senggangnya.

Ketika mereka mendapatkan suatu pengetahuan baru, ada keinginan dalam diri mereka yang kuat untuk bisa berbagi kepada orang lain dengan menuliskannya kembali, menuliskan dengan bahasa mereka sendiri.


6. Giat Berolahraga Dan Menjaga Kesehatan Tubuh

Pelajar sukses sadar akan pentingnya kesehatan dan menjaga kebugaran tubuh. Biasanya, ia memiliki kegemaran bidang olahraga tertentu yang selalu dilakukannya, seperti sepakbola, bola basket, bersepeda, dan lain-lain.

Di samping itu, ia sangat sadar bahwa menjaga pola makan sehat dan gizi seimbang adalah hal penting yang harus dilakukan dalam menjaga kesehatan tubuh.

Bahkan Ia lebih memilih membawa bekal makanan yang disiapkan oleh ibunya yang diyakini lebih sehat ketimbang jajan di warung.


7. Rajin Beribadah, Selalu Bersyukur dan Tawakal

Pelajar sukses selalu tahu bahwa beribadah merupakan wujud rasa syukurnya terhadap semua nikmat yang telah Allah limpahkan kepadanya.

Oleh sebab itu, ia selalu menjaga sholatnya sebanyak lima waktu dalam sehari, dan tak pernah “sayang-sayang” dalam meng-infaq-kan rezekinya kepada yang membutuhkan.

Ia sangat yakin bahwa dengan usaha, doa dan tawakal (berserah diri) kepada Allah SWT, maka ia dapat meraih apa yang dicita-citakannya untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Sumber:
http://pelajar17.blogspot.com/2010/05/ciri-ciri-pelajar-sukses.html


Related Posts

7 Rahasia Menjadi Pelajar Sukses
4/ 5
Oleh