Cara Menata Taman Mungil Pada Rumah Berlahan Sempit

Untuk mendesain sebuah rumah minimalis, taman rumah adalah bagian yang tidak kalah penting secara keseluruhan.

Di samping sebagai poin yang menambah keindahan rumah dan kesan asri nan sejuk, keberadaan taman rumah juga mempunyai fungsi sebagai resapan air di lingkungan rumah Anda. Jadi, taman rumah tidak dapat begitu saja diabaikan keberadaannya.

Cara Menata Taman Mungil Pada Rumah Berlahan Sempit
rumahminimalisz.com


Hanya saja, masalahnya ialah bagaimana bila tanah atau lahan yang Anda miliki relatif sempit. Namun, lahan untuk taman rumah tetap penting Anda sediakan dan sebaiknya jangan menutup semua lahan tersebut dengan bangunan rumah.

Baca juga: Lakukan Hal Berikut Ini Sebelum Memilih Pemborong Renovasi Rumah

Meskipun hanya tersisa sedikit lahan yang dapat Anda manfaatkan sebagai taman rumah, Anda tetap dapat mensiasatinya agar taman rumah tersebut bisa terlihat indah dan asri tentunya dengan desain yang minimalis.

Cara Menata Taman Mungil Pada Rumah Berlahan Sempit
desainmodern.com


Indahnya tampilan suatu taman sebenarnya tidak tergantung pada ukuran dan luas lahan. Anda tetap dapat membuat taman yang indah bila pengerjaannya dilakukan dengan penuh perhatian dan desain yang matang.

Memang, untuk melakukan penataan taman di lahan yang sempit bisa dikatakan “gampang-gampang susah”.

Di samping susah karena lahan yang terbatas, jenis tanaman yang dapat ditanam pun juga sangat terbatas.

Cara Menata Taman Mungil Pada Rumah Berlahan Sempit
rumahminimalisz.com


Beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menata taman pada lahan yang sempit antara lain sebagai berikut:

Cara Menata Taman Mungil Pada Rumah Berlahan Sempit
desainrumahcantik.com


1. Sesuaikan bentuk dan ukuran taman Anda dengan luas lahan.

2. Perhatikan kondisi tanah dan serapan air di lingkungan rumah Anda. Perhatikan dan atur bagaimana nanti aliran air akan keluar dari taman Anda ke arah yang semestinya. Jangan sampai arah air yang keluar malah mengakibatkan genangan. Solusinya, Anda dapat menambahkan sumur-sumur biopori pada taman tersebut supaya resapan air ke tanah menjadi lebih baik.

3. Sesuaikan dengan arah sinar matahari, sebab tanaman pada taman Anda akan sangat membutuhkan sinar matahari untuk melakukan proses pembuatan makanannya.

4. Sebaiknya, pilihlah tanaman-tanaman berukuran kecil untuk ditanam pada taman Anda. Tentunya hal ini mengingat terbatasnya lahan yang Anda miliki. Menggunakan tanaman yang terlalu besar akan membuat taman terasa penuh, dan suatu saat dapat merusak struktur bangunan maupun plesteran di sekitar taman.

5. Terapkan pagar pembatas alami pada taman mungil Anda. Dengan menerapkan pagar alami semacam ini, akan membuat kesan taman Anda menjadi lebih luas dan seolah tidak ada sekat.

6. Pasang paving di sekitar taman. Aplikasi ini sangat penting, terutama bila taman Anda sering dipakai untuk berlalu lalang, agar orang yang lewat tidak merusak tanaman-tanaman Anda.


Cara Menata Taman Mungil Pada Rumah Berlahan Sempit
drogpatravel.biz


Demikian beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam menata taman mungil pada rumah berlahan sempit. Semoga bermanfaat dan membuat rumah Anda tampak lebih indah dan asri.

Sumber:
http://citragrahacemerlang.com/index.php?module=artikel&act=Selanjutnya&id=%204


Related Posts

Cara Menata Taman Mungil Pada Rumah Berlahan Sempit
4/ 5
Oleh