Lulusan Kebidanan Punya Peluang Bekerja Di Luar Negeri

Lulusan Kebidanan Punya Peluang Bekerja Di Luar Negeri
Seiring banyaknya kampus-kampus di bidang kebidanan, maka jumlah bidan pun dapat dipastikan akan semakin bertambah banyak di Indonesia.

Bahkan, Indonesia diprediksi akan mengalami kelebihan jumlah bidan pada tahun 2016 nanti dikarenakan lulusan kebidanan yang kian membludak. Lantas, bagaimana prospek lulusan kebidanan di masa depan?

Disampaikan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (PP PBI), Dr. Harni Koesno, MKM, kebutuhan bidan yang ideal ialah 1 bidan untuk mem-cover jumlah 1000 warga.

Bila pada tahun 2012 populasi di Indonesia mencapai 250 juta jiwa, maka pada saat itu kebutuhan tenaga bidan adalah 250 ribu orang untuk mencakup ke seluruh Indonesia.

Baca juga: Keunggulan Kuliah Jurusan Farmasi Dan Peluang Kerja Yang Tersedia

Sekarang ini sudah ada kira-kira 200 ribu orang lulusan sekolah kebidanan dan baru sekitar 101 ribu yang terdaftar pada anggota PP IBI.

Padahal, diperkirakan bila ada sekitar 2 instansi kebidanan untuk S2, 3 Universitas untuk jurusan S1 Kebidanan, dan 726 akademi kebidanan yang ada di Indonesia, maka akan ada 29 ribu bidan baru tiap tahunnya.

Guna mengatasi berlimpahnya jumlah tenaga bidan tersebut, PP IBI telah bekerjasama dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) dalam pengiriman tenaga bidan ke luar negeri.

Timor Leste merupakan salah satu Negara yang menjadi tujuan utama pengiriman tersebut. Sementara untuk Negara lainnya yang masih memungkinkan untuk mengirim tenaga bidan antara lain Dubai, Kanada, Australia, dan Amerika Serikat.

Sementara itu, banyak di daerah-daerah di Kalimantan seperti Banjarmasin dan Bengkalis, jumlah lulusan kebidanan dirasakan kian membludak.

Hal ini terjadi setelah pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mendorong dibukanya jurusan kebidanan untuk Fakultas Kesehatan sejak beberapa tahun belakangan.

Nah, bagaimana jika menurut pendapat Anda? Kian membludaknya lulusan kebidanan ini apakah masih menyediakan peluang yang bagus bagi lulusan kebidanan?

Kami kira jurusan kebidanan masih memiliki prospek yang bagus, asalkan distribusinya benar-benar merata hingga ke daerah-daerah pelosok timur Indonesia.

Kebutuhan bidan di daerah tersebut nampaknya masih dirasa sangat kurang, terutama bidan di desa hingga daerah terpencil di wilayah Indonesia Timur.

Di samping itu, lulusan kebidanan juga mempunyai peluang kerja untuk dikirim ke luar negeri. Bila melihat kebutuhan tenaga bidan yang masih kurang di beberapa Negara di luar negeri, pastinya tenaga kebidanan merupakan profesi yang menjanjikan penghasilan tinggi.

Jadi, bagi Anda yang ingin melanjutkan sekolah di bidang kebidanan, sebaiknya jangan ragu. Sebab, lulusan kebidanan masih memiliki prospek dan masa depan yang bagus.

Sumber:
http://maupendidikan.blogspot.com/2015/01/prospek-lulusan-kebidanan-di-masa-depan.html


Related Posts

Lulusan Kebidanan Punya Peluang Bekerja Di Luar Negeri
4/ 5
Oleh