Mengolah Barang Bekas Menjadi Benda Bernilai Jual Tinggi

Tak selalu harus memiliki modal besar bila ingin merintis sebuah bisnis yang menguntungkan. Hal terpenting adalah Anda memiliki kreativitas, dan ketekunan, apalagi jika Anda memiliki kepedulian terhadap lingkungan, ini akan dapat menjadi nilai tambah bagi bisnis yang Anda jalankan.

Salah satu bisnis yang membutuhkan modal kreativitas, ketekunan, dan kepedulian adalah dengan mengolah barang bekas menjadi suatu benda yang fungsional, atau memiliki nilai seni.

Meskipun terbuat dari barang bekas, jika barang itu mempunyai bentuk yang menarik, dan fungsi yang bermanfaat, tentunya bukan tidak mungkin akan mampu menggoda para pembeli untuk datang dan membeli produk tersebut bahkan dengan harga jutaan rupiah.

Sebenarnya ada banyak ide yang bisa Anda kembangkan untuk mengubah suatu barang bekas menjadi barang-barang yang memiliki nilai jual.

Baca juga: Peluang-peluang Usaha Kala Musim Penghujan

Ide tersebut bisa kita temukan dari lingkungan sekitar kita. Berikut ini adalah beberapa contoh ide dalam mengolah Barang bekas menjadi benda bernilai jual:


1. Mengolah Kertas Bekas Menjadi Barang Seni

Mengolah Barang Bekas Menjadi Benda Bernilai Jual Tinggi

Kertas-kertas bekas yang biasanya berakhir di tempat sampah, kini dapat Anda jadikan suatu benda dengan bentuk yang unik dan menarik.

Beberapa karya seni bisa Anda hasilkan dari kertas-kertas bekas tersebut seperti Origami, Papercraft, maupun Stop motion paper.

Origami merupakan melipat kertas yang asalnya dari Negeri Sakura. Anda bisa melipat kertas-kertas menjadi bentuk hewan yang lucu, tumbuhan, miniatur gedung, atau kendaraan.

Dibutuhkan kreativitas dan kecerdasan dalam membuat benda-benda miniatur dari kertas-kertas bekas tersebut.

Upload saja di Instagram atau Facebook karya-karya Anda tersebut, siapa tahu ada yang tertarik dan berniat membeli karya Anda.

Selain Origami, ada pula seni melipat keras lainnya yang bernama Papercraft. Papercraft lebih mudah dalam membuatnya, Anda hanya melipat mengikuti pola-pola desain yang telah ada.

Bisa saja Anda menawarkan di media social jika papercraft Anda memiliki bentuk yang unik dan menarik.

Satu lagi, karya seni yang bisa Anda hasilkan dengan memanfaatkan kertas bekas, yaitu stop motion paper.

Seni kertas ini menggabungkan animasi dengan karakter yang terbuat dari kertas atau karton bekas. Namun, karya seni ini memerlukan sebuah kamera untuk membuatnya.

Melalui kamera, Anda mengambil foto benda atau karakter satu per satu, dan menggabungkannya seolah-olah karakter tersebut menjadi bergerak.


2. Mengolah Plastik Bekas Menjadi Barang Fungsional

Mengolah Plastik Bekas Menjadi Barang Fungsional
burongmandi.wordpress.com

Seperti kita ketahui, plastik adalah benda yang butuh waktu sangat lama untuk dapat terurai oleh mikroorganisme.

Bahkan, butuh waktu hingga jutaan tahun. Nah, agar bumi kita tidak “tenggelam” dalam timbunan sampah plastik, marilah kita manfaatkan plastik-plastik tersebut untuk diolah kembali menjadi benda-benda yang bermanfaat dan menarik.

Beberapa ide mengolah plastik bekas menjadi barang bermanfaat antara lain seperti membuat tempat bunga atau bibit dari botol minuman bekas, membuat anyaman tas dari bekas plastik minuman gelas, dan sebagainya.


3. Mengolah Barang Logam Menjadi Benda Bermanfaat

elindasari.wordpress.com

Besi atau logam adalah barang yang sebenarnya mudah diolah menjadi benda yang bernilai jual. Banyak sekali ide-ide yang bisa dihasilkan dari membuat benda berharga dari bahan besi atau alumunium bekas.

Benda-benda yang dihasilkan pun bisa bersifat fungsional, atau bersifat seni. Beberapa contoh pengolahan benda besi atau alumunium bekas menjadi benda yang bermanfaat antara lain seperti membuat hiasan dengan variasi warna dari kaleng-kaleng bekas minuman, membuat celengan dari kemasan susu kaleng, atau membuat mainan dan miniatur dari besi-besi bekas, dan sebagainya. Tentunya akan lebih menarik bila Anda bisa memberi sentuhan warna-warna atau gambar yang unik.

Baca juga: Peluang Bisnis Ayam Kampung Cukup Menjanjikan


Itulah sedikit ide tentang mengolah barang-barang bekas menjadi benda berharga. Masih banyak lagi ide menarik lainnya yang bisa kita temukan untuk mengolah barang-barang bekas tersebut, yang penting kita harus selalu kreatif dan jeli dalam melihat kesempatan dan peluang yang tersedia di sekitar kita. Bila Anda tak menemukan peluang tersebut, maka ciptakanlah peluang Anda sendiri.

Seperti halnya seorang karyawati bernama Nuning Widowati yang menemukan ide membuat celengan dari kaleng susu bekas.

Atau ada pula grup Sawo Kecik yang dikelola oleh Pimpi dan Rangga yang membuat dompet serta tempat paspor hanya dari bahan kotak susu yang dikreasikan dengan unik dan menarik.

Perlu kita catat, bahwa bisnis yang menguntungkan terkadang tidak selalu berasal dari modal finansial yang besar.

Ada banyak modal yang sebenarnya sudah kita miliki dalam diri kita, bahkan nilainya jauh lebih berharga dari modal uang itu sendiri.

Mereka yang memiliki tangan-tangan kreatif sudah berhasil membuktikannya. Semoga dapat menginspirasi Anda.

Sumber:
http://tulisbaca.com/peluang-usaha-bisnis-modal-kecil-yang-menguntungkan/


Related Posts

Mengolah Barang Bekas Menjadi Benda Bernilai Jual Tinggi
4/ 5
Oleh