10 Tips Dalam Membangun Rumah Agar Cepat Selesai

10 Tips Dalam Membangun Rumah Agar Cepat Selesai
Upaya mempercepat waktu dalam membangun rumah tentunya didasari oleh beberapa alasan, namun tujuan paling mendasar dari membangun rumah dengan waktu cepat adalah agar kita bisa melakukan penghematan dari segi biaya, khususnya biaya tenaga kerja, dan biaya lain seperti pergudangan dan izin pembangunan.

Namun, dalam melakukan pembangunan rumah dengan waktu cepat tidaklah semudah yang kita bayangkan.

Akan ada banyak masalah dan hambatan ketika pelaksanaan telah dilakukan, untuk itu perencanaan yang matang sangatlah diperlukan agar semua hambatan tersebut dapat di atasi dan tidak berlangsung secara berlarut-larut.

Simak juga: Perkiraan Biaya Beberapa Pekerjaan Penting Dalam Renovasi Rumah

Berikut ini kami akan berbagi beberapa tips dalam membangun rumah agar cepat selesai sesuai rencana.
  1. Pastikan semua hal terkait izin pembangunan rumah seperti IMB, IPT, dan lain-lain telah selesai sebelum waktu pelaksanaan tiba, hal ini demi kelancaran pelaksanaan pembangunan agar tidak terjadi pemberhentian yang diakibatkan pemerintah menyegel bangunan karena pemilik belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
  2. Buat detail tentang jadwal pembangunan agar Anda dapat mengetahui kapan akan dilaksanakan pekerjaan pada item tertentu sehingga tidak mengalami keterlambatan nantinya.
  3. Agar tidak terjadi kebingungan yang mengakibatkan waktu pelaksanaan terbuang sia-sia, maka Anda harus mempersiapkan gambar kerja (shop drawing) dengan jelas, dan benar.
  4. Material bangunan harus dipersiapkan dengan teliti dan secara terjadwal supaya tidak terjadi keterlambatan pengerjaan yang dikarenakan belum tersedianya bahan atau material bangunan.
  5. Perlu adanya penempatan tenaga khusus yang bertanggung jawab memonitor kualitas dan keselamatan kerja pada pengerjaan bangunan, sebab pelaksanaan pembangunan yang dipercepat pada banyak kasus kerap menimbulkan kelalaian dalam segi kualitas pekerjaan dan kurang memperhatikan keselamatan para pekerja.
  6. Carilah tenaga kerja yang benar-benar profesional agar mampu menyelesaikan setiap pekerjaan dalam waktu cepat namun berkualitas dan penuh tanggung jawab.
  7. Penuhi gaji tenaga kerja sesuai dengan haknya dan tepat waktu, hal ini akan memotivasi para pekerja untuk bekerja dengan penuh semangat dan rasa tanggung jawab.
  8. Untuk mencegah pelaksanaan pembangunan yang terkendala karena biaya, maka sejak awal harus ada perencanaan yang matang serta RAB dengan biaya terperinci dan rasional. Jika terjadi sesuatu hal tak terduga dan bersifat darurat yang membuat Anda terpaksa menggunakan dana bangun rumah tersebut, cobalah untuk mencari tambahan kucuran dana dengan mengajukan pinjaman bangun rumah kepada bank.
  9. Pilih waktu pelaksanaan yang tepat, misalnya pada saat musim panas, agar tidak terjadi penundaan waktu pekerjaan yang dikarenakan guyuran air hujan di daerah Anda.
  10. Bekerjasama dengan beberapa pihak yang terkait dengan proses pelaksanaan bangun rumah agar saat pengerjaan tidak terjadi gangguan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa membantu agar pelaksanaan bangun rumah Anda bisa cepat selesai sesuai dengan waktu yang direncanakan.

Semoga bermanfaat dan proses pembangunan rumah Anda tidak mengalami suatu kendala yang berarti.

Sumber:
http://www.rumahbangun.com/cara-cepat-bangun-rumah


Related Posts

10 Tips Dalam Membangun Rumah Agar Cepat Selesai
4/ 5
Oleh