Perkiraan Biaya Beberapa Pekerjaan Penting Dalam Renovasi Rumah

Perkiraan Biaya Beberapa Pekerjaan Penting Dalam Renovasi Rumah
Ketika akan melakukan renovasi rumah, perkiraan besarnya biaya yang harus dikeluarkan merupakan hal yang harus kita ketahui terlebih dahulu.

Untuk mengetahui biaya renovasi  rumah memang tidaklah mudah karena tergantung oleh beberapa elemen yang mendukungnya serta tak selalu sama antara orang yang satu dengan yang lainnya.

Secara garis besar ada dua jenis renovasi dan praktis sangat berpengaruh terhadap besar-kecil biaya renovasi nantinya.

Yang pertama adalah renovasi sebagian, yaitu renovasi pada bagian-bagian tertentu dari desain rumah, misalnya hanya mengubah tata ruang, mengubah kamar, melakukan pengecatan dan penataan interior atau menambah bagian rumah.

Simak juga: 9 Trik Jitu Membuat Kesan Mewah pada Sebuah Rumah

Sedangkan renovasi total yaitu meliputi perubahan keseluruhan desain rumah. Misalnya jika kita membeli sebuah rumah pada perumahan type 36, dan ingin melakukan perombakan secara total.

Pada renovasi total biaya yang dikeluarkan biasanya bisa melebihi pembangunan rumah awal karena ada pembokaran bangunan lama terebih dahulu.

Berikut ini Belonomi sajikan perkiraan biaya untuk berbagai jenis pekerjaan yang biasanya dimasukkan dalam biaya renovasi rumah.


Renovasi Sebagian

Untuk biaya dalam renovasi sebagian, perkiraan biaya yang harus sahabat Blogadit keluarkan biasanya adalah sebagai berikut:

  • Biaya ganti keramik: Rp 55.000 - Rp 150.000 per meter persegi.
  • Biaya pengecatan ulang: Rp 20.000 - Rp 40.000 per meter persegi.
  • Pemasangan batu bata: Rp 55.000 - Rp 75.000 per meter persegi.
  • Biaya penggantian rangka: Rp 155.000 - Rp 200.000 per meter persegi.
  • Pemasangan batu alam: Rp 55.000 - Rp 100.000 per meter persegi.



Renovasi Total

Biaya renovasi total biasanya tergantung lokasi atau daerah tempat anda tinggal. Jika anda tinggal  di daerah perkotaan tentu biayanya akan semakin besar. Sedangkan untuk taksirannya sekitar Rp 1,5 - 3 juta per meter persegi, dengan penghitungan total yaitu biaya per meter kali luas bangunan.

Biaya renovasi rumah di atas bisa berbeda tiap daerah, sebaiknya kita mempersiapkan dana lebih karena selalu saja ada biaya tidak terduga yang akan anda keluarkan nantinya. Biaya tak terduga tersebut jumlahnya memang relatif kecil, jadi tak perlu khawatir.

Kecuali kita sudah berkonsultasi dengan pihak yang ahli dibidangnya terlebih dahulu, dan sudah dibuatkan RAB dari total biaya renovasi rumah sesuai yang anda inginkan.

Pertimbangkan pula mengenai struktur atau desain bangunan sejak awal, dengan tujuan untuk penghematan dan efektifitas pekerjaan yang dilakukan.

sumber
http://www.rumah4minimalis.com/2013/06/macam-macam-biaya-renovasi-rumah-dan.html?m=1
Gambar: www.slideshare.net


Related Posts

Perkiraan Biaya Beberapa Pekerjaan Penting Dalam Renovasi Rumah
4/ 5
Oleh

1 komentar:

4 Maret 2016 19.04 delete

sangat bermanfaat, trimakasih gan

Reply
avatar