4 Rutinitas di Pagi Hari Agar Makin Produktif

4 Rutinitas di Pagi Hari Agar Makin Produktif
Kembali pada rutinitas kerja setelah acara berlibur seringkali menjadi hal yang kurang disukai karyawan.

Sebab, seusai bersantai di hari libur Anda mesti kembali berhadapan dengan pekerjaan yang telah menanti di kantor.

Belum lagi lalu lintas yang macet, tentu membuat Anda semakin malas untuk berangkat ke kantor. Nah, berikut ini kami akan berbagi tips agar Anda menjadi lebih bersemangat di pagi hari dalam bekerja sehingga produktivitas Anda makin meningkat.

Baca juga: Ternyata Banyak Istirahat dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja

1. Matikan Gadget Anda Sejenak

Di era masyarakat modern ini, banyak orang yang tidur dengan smartphone di sampingnya. Ketika bangun, barang yang dilihatnya langsung adalah ponsel, mengecek email, messenger dan aplikasi media sosial lain dalam perangkatnya.

Berdasarkan survey yang dilakukan Pew Research Center, mayoritas orang akan mengecek ponselnya bahkan saat tidak ada dering panggilan atau pesan yang masuk sekalipun.

Mengecek ponsel sesaat ketika bangun pagi merupakan kebiasaan yang buruk. Ada baiknya mulai sekarang ubahlah kebiasaan pagi Anda dengan mematikan ponsel, komputer, dan perangkat gadget lain untuk meluangkan waktu lebih bersama keluarga di pagi hari.

Sisihkan waktu antara 10 hingga 15 menit untuk memperdalam hubungan Anda dengan orang-orang terkasih di rumah.

Bila Anda masih lajang dan tinggal sendiri, manfaatkan waktu tersebut untuk memanjakan diri Anda seperti bermeditasi, atau membaca buku.


2. Biasakan Sarapan Dengan Makanan Bergizi

Terkadang, ada orang yang tidak biasa melakukan sarapan di pagi hari. Padahal, sarapan amat penting untuk memberikan energi untuk Anda bekerja selama tengah hari ke depan.

Sarapan dengan makanan bergizi, sayuran berdaun hijau misalnya, sangat baik untuk kesehatan Anda.

Kandungan mineral alkali, antioksidan, klorofil, fitonutrien, dan senyawa lain yang terkandung dalam sayuran merupakan asupan penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan kemampuan berpikir saat bekerja.


3. Lakukan Olahraga Ringan

Seperti kita ketahui, rutin berolahraga baik untuk fisik, mental, mood, dan produktivitas kerja Anda. Bila Anda orang yang tergolong malas berolahraga, cobalah untuk melakukan beberapa aktivitas gerak yang bisa Anda nikmati.

Berolahraga akan meningkatkan fungsi kognitif Anda, hal ini sangat penting untuk membantu Anda dalam membuat keputusan yang baik.

Aktivitas gerak yang kita lakukan akan secara positif mengendalikan tingkat gula darah, sehingga Anda akan lebih bersemangat dan produktif dalam bekerja.


4. Luangkan Waktu Sejenak Untuk Meditasi

Ditunjukkan oleh beberapa penelitian, bahwa dengan melakukan meditasi dapat membantu Anda mengobati stress dan meningkatkan kesadaran tentang bagaimana Anda menghabiskan waktu setiap harinya.

Selain itu, meditasi juga memberikan banyak manfaat kesehatan, antara lain mengurangi rasa sakit dan peradangan pada tingkat sel, serta menjaga kekebalan tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Luangkan waktu setidaknya 2 sampai 10 menit sehari untuk bermeditasi, rasakan peningkatan kebahagiaan dan kontrol diri dalam pikiran Anda.


Itulah tips dari kami mengenai rutinitas yang baiknya dilakukan saat pagi hari. Semoga bermanfaat dan membuat Anda lebih bersemangat serta lebih produktif dalam bekerja.

Sumber: 
http://bisnis.liputan6.com/read/2283558/4-kegiatan-di-pagi-hari-ini-membuat-anda-makin-produktif


Related Posts

4 Rutinitas di Pagi Hari Agar Makin Produktif
4/ 5
Oleh