4 Tips Tetap Sehat Meski Sering Lembur Kerja

4 Tips Tetap Sehat Meski Sering Lembur Kerja
Banyaknya pekerjaan membuat waktu penyelesaiannya jadi melebihi waktu kerja reguler kita. Untuk itu, ada kalanya perusahaan atau kita sendiri menambah waktu kerja menjadi lembur untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline.

Bahkan, tidak hanya itu saja, terkadang kita mengorbankan hari libur untuk mengejar waktu agar pekerjaan dapat selesai sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Memang sih, adanya kerja lembur bisa menjadi tambahan pendapatan kita. Namun, bila hal ini terlalu sering dilakukan tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda sendiri.

Baca juga: Jika Bisa Dilakukan Sekarang, Kenapa Harus Nunggu Besok?

Bisa-bisa kita malah jatuh sakit, dan tentu saja akan berpengaruh pada menurunnya produktivitas kerja Anda di perusahaan.

Untuk itu, menjaga kesehatan agar tetap fit dan semangat ketika sering kerja lembur sangat penting untuk dilakukan.


1. Makan Secukupnya dan Jangan Berlebihan

Bekerja ekstra tentu dibutuhkan pula energi yang ekstra. Oleh sebab itu, tubuh memerlukan asupan makanan dalam jumlah yang cukup untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan saat kerja lembur.

Namun, perlu diperhatikan bahwa makan terlalu berlebihan juga tidak baik untuk aktivitas kerja Anda. Makanlah secukupnya, namun jangan berlebihan.

Ingat pula untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih sesuai anjuran kesehatan yaitu 8 gelas sehari agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.


2. Memilih Makanan yang Tepat

Saat lembur kerja di kantor, sebaiknya hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis. Utamakan makanan yang banyak mengandung protein dan serat seperti telur dan biji-bijian.

Makanan yang sehat akan memberikan energi yang cukup untuk tubuh dan mampu bertahan lebih lama dalam bekerja.

Sementara untuk camilan, pilih juga camilan-camilan yang sehat di antaranya buah-buahan segar, biskuit, atau sereal.


3. Selingi Waktu Kerja Dengan Olahraga Ringan

Melakukan olahraga atau relaksasi ringan pada saat bekerja dapat membantu kelancaran sirkulasi darah sehingga Anda tidak mudah merasa lelah.

Tidak usah yang berat-berat, cukup dengan senam ringan, atau peregangan selama 5 menit di setiap 30-60 menit waktu kerja.

Dengan melakukan olahraga ringan di sela waktu kerja, tubuh Anda akan tetap terjaga kebugarannya, sehingga bekerja akan lebih semangat dan sehat.


4. Istirahat Secukupnya

Kurang istirahat akan membuat tubuh merasa sangat lelah, namun terlalu banyak beristirahat juga akan membuat tubuh terasa lemas dan malas untuk beraktivitas.

Oleh sebab itu, istirahatlah yang cukup, tidak usah berlama-lama asalkan istirahat tersebut berkualitas.

Contohnya, ketika waktu istirahat tiba selain diisi dengan ibadah, lanjutkan dengan tidur sebentar selama kurang lebih 20 menit untuk membuat tubuh kembali berenergi.


Nah, itulah sekilas tips dari kami agar kerja lembur Anda tetap fit dan bersemangat. Selain cara di atas, boleh juga untuk Anda menambahkan konsumsi vitamin agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan Anda terhindar dari berbagai serangan penyakit.

Sumber:
http://www.get-realty.com/marketTrends/read/4-trik-lembur-tetap-fit


Related Posts

4 Tips Tetap Sehat Meski Sering Lembur Kerja
4/ 5
Oleh