Jika Bisa Dilakukan Sekarang, Kenapa Harus Nunggu Besok?

Mengapa orang suka menunda? Ya, sering menunda-nunda sesuatu merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dimiliki sebagian orang.

Menunda sesuatu, apa saja, entah kenapa tidak sedikit orang yang melakukan itu. Menunda pekerjaan, menunda pendidikan, menunda ibadah, menunda untuk menabung, dan lain sebagainya.

Sebuah kebiasaan yang nampaknya sudah menjadi karakter dalam diri kita, dan menghilangkannya pun tidak mudah. Seperti sebuah ungkapan bijak yang mengatakan, “Pola pikir seseorang akan membentuk kebiasaan. Dari kebiasaan itu akan menjadi sebuah karakter.

Baca juga: Tips Pintar Menghabiskan Waktu Saat Macet di Jalan

Dan karakter oranglah yang membentuk nasib. Nasib pula yang akan menguatkan pola pikir kembali.” Seperti suatu mata rantai yang saling berkaitan satu sama lain. Jadi jangan salahkan ‘nasib’ jika kondisi kita sekarang seperti ini!

Banyak orang yang mengalami problem dalam hal penundaan sesuatu. Masalah tersebut ada sebagian yang menyadarinya, sementara yang lain tidak menyadarinya. Orang di sekitar kita lah yang akan lebih menyadarinya karena mereka menjadi korban dari penundaan yang kita lakukan.

Sebenarnya banyak dampak buruk yang akan diakibatkan dari kebiasaan suka menunda-nunda.

Seperti kehilangan peluang dan kesempatan emas, pekerjaan semakin menumpuk dan membingungkan, penyesalan yang mendalam, kesedihan dan kekecewaan pada diri sendiri, tekanan mental atau stress, dan munculnya perasaan bersalah.

Penundaan terhadap sesuatu biasanya muncul karena disebabkan oleh hal berikut ini:
- Rasa malas
- Kurangnya motivasi
- Kurang disiplin
- Buruknya manajemen diri karena kebiasaan buruk
- Terjebak dalam tumpukan tugas dan jadwal
- Stress
- Perfeksionis, dan
- Kurangnya keterampilan yang dibutuhkan

Bila anda memiliki kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, coba anda cek mana yang kira-kira menjadi penyebab dari masalah penundaan yang anda alami?

Atau ada penyebab lain yang menjadi alasan anda melakukan penundaan? Mengetahui penyebab dari suatu masalah dapat memudahkan kita untuk menemukan solusi.

Mulai sekarang coba kita ubah kebiasaan menunda-nunda tersebut. Menunda sesuatu yang bisa anda kerjakan hari ini untuk dikerjakan keesokan hari tidak menjamin anda tidak melakukan hal yang sama di esok hari, “MENUNDA” nya lagi.

Jangan cemari keindahan hari esok dengan penundaan hari ini, karena di hari esok ada sebuah cerita dan harapan yang berbeda. Dalam setiap penundaan takkan pernah anda temui akhir yang bahagia.

Sumber:
http://www.kaskus.co.id/thread/550c6a1531e2e6595c8b456f/?ref=homelanding&med=hot_thread
http://www.ariesandi.com/personal-success/8-penyebab-mengapa-orang-suka-menunda-dan-bagaimana-mengatasinya/


Related Posts

Jika Bisa Dilakukan Sekarang, Kenapa Harus Nunggu Besok?
4/ 5
Oleh