Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Memulai Usaha Laundry

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Memulai Usaha Laundry
Bagi Anda yang hendak memulai bisnis laundry, harus tahu dulu beberapa tahap mendirikan usaha laundry kiloan.

Tanpa pengetahuan yang baik tentang bisnis yang hendak dijalani tentu akan membuat usaha tersebut tidak berjalan dengan baik.

Anda akan kesulitan ketika menghadapi berbagai masalah yang terjadi saat berlangsungnya usaha.

Dengan mengetahui beberapa pengetahuan penting tentang bisnis laundry, maka semua kesalahan dan hambatan yang terjadi dapat diminimalisir, sehingga usaha Anda dapat mendatangkan keuntungan yang diharapkan serta dapat dikembangkan menjadi lebih besar lagi.

Baca juga: Perhatikan Langkah Berikut dalam Memulai Usaha Cuci Mobil

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam bisnis laundry kiloan adalah sebagai berikut:


1. Tempat atau Lokasi Usaha

Lokasi usaha yang tepat untuk bisnis laundry Anda akan sangat menentukan keberlangsungan usaha tersebut ke depannya.

Pilihlah tempat yang strategis, dan ramai penduduk dengan masyarakatnya yang mayoritas pekerja kantoran atau dengan kesibukkan yang menyita waktu setiap harinya.

Anda bisa membuka usaha tersebut di tengah pemukiman yang rata-rata penghuni rumahnya adalah pekerja kantoran.

Banyak dari mereka yang akan memlih jasa laundry untuk membantu pekerjaan rumah tangga, khususnya mencuci baju.


2. Sesuaikan Mesin dengan Kebutuhan Operasional

Di awal Anda membuka usaha Laundry kiloan, jangan langsung membeli banyak mesin. Sesuaikan dulu dengan kebutuhan.

Mungkin satu mesin cuci dan satu mesin pengering sudah cukup. Ketika jumlah pelanggan sudah bertambah secara signifikan, barulah Anda menambah peralatan mesin cuci dan pengering sesuai dengan kebutuhan operasional.

Anda boleh saja membeli mesin baru atau bekas sesuai dengan modal yang tersedia. Namun, dalam memilih mesin Anda harus cermat, dan jangan sungkan untuk bertanya secara spesifik di setiap mesin yang hendak dibeli.


3. Perekrutan Karyawan

Ketika pelanggan telah bertambah banyak, saatnya untuk melakukan rekrutment karyawan pada usaha laundry Anda.

Dalam merekrut karyawan, sebaiknya pilih orang-orang yang berdomisili dekat dengan usaha Laundry Anda.

Atau Anda bisa membuat sebuah tempat khusus untuk para karyawan menginap, ketika orderan sedang ramai, kemungkinan karyawan akan lembur, kasihan bila mereka yang bertempat tinggal jauh harus pulang ke rumah hingga larut.

Sesuaikan jumlah karyawan dengan jam buka usaha laundry Anda. Jika usaha Anda buka dari pagi hingga malam, maka gunakan 2 shift (pagi dan siang). Normalnya, batas jam kerja seseorang adalah 8 jam, lebih dari itu maka masuk dalam hitungan lembur.

Sebagai gambaran saja, biasanya usaha laundry yang buka sejak jam 9 pagi hingga jam 10 malam membutuhkan 4 orang karyawan.

Karyawan merupakan aset usaha Anda yang sangat penting, meskipun pos pengeluarannya adalah yang terbesar.

Penuhi semua hak mereka, bayarkan gaji tepat waktu, uang lembur serta uang makan yang layak. Dengan demikian mereka akan bekerja lebih semangat dan tulus dalam melayani pelanggan untuk kemajuan usaha tempat mereka juga mencari rezeki.


4. Peralatan dan Perlengkapan

Ketika membuka usaha Laundry, bukan hanya mesin yang Anda butuhkan. Tapi juga peralatan lain seperti ember, bak, rak, lemari, meja setrika, keranjang baju, kursi dan perlengkapan pendukung lainnya.

Usahakan agar tempat usaha laundry Anda selalu terjaga kebersihan dan kerapihannya. Siapkan hanger, tag gun, tag pin, plastik baju, kantong kresek, dan berbagai alat tulis serta brosur untuk promosi.

Perlenkapan lainnya yang tak kalah penting adalah deterjen, softener, penghilang noda, pelicin pakaian, dan parfum. Pilih produk dengan kualitas baik namun dengan harga yang masuk akal.

Untuk mesin cuci bukaan depan (front loading) sebaiknya jangan menggunakan deterjen biasa, sebab dapat merusak mesin. Pakailah deterjen khusus seperti detergent matic, atau detergent liquid.

Sebelum memilih produk atau perlengkapan laundry yang akan dipakai sebagai operasional usaha, lakukan perhitungan terlebih dulu apakah sesuai dengan potensi keuntungan yang diharapkan dengan harga per kilo di laundry Anda.


Nah, setelah semua hal di atas sudah terpenuhi, laundry Anda sudah siap untuk mulai dijalankan. Lakukan promosi lewat pamflet, spanduk, brosur, radio, atau internet, berikan program promo secara rutin untuk menarik pelanggan baru ke laundry Anda.

Catat semua transaksi yang terjadi pada nota rangkap untuk Anda dan pelanggan Anda. Lakukan pengelolaan keuangan dengan cermat. Semoga sukses dengan usaha laundry baru Anda.

Sumber:
https://www.mitralaundry.com/anggaran-perencanaan-bisnis-laundry-kiloan-bep


Related Posts

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Memulai Usaha Laundry
4/ 5
Oleh