3 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak Sesuai Kebutuhan

3 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak Sesuai Kebutuhan
Produk asuransi pendidikan sekarang ini ditawarkan oleh banyak sekali perusahaan. Kadang kala kita dibingungkan dalam memilih asuransi pendidikan seperti apa yang sesuai untuk anak terutama dengan banyaknya program yang ditawarkan oleh perusahaan jasa asuransi tersebut.

Sebelumnya, kita perlu memahami bahwa asuransi jiwa dan asuransi pendidikan merupakan dua produk yang berbeda.

Asuransi pendidikan merupakan sebuah produk Unit-Linked dan bukanlah produk asuransi murni. Terdapat unsur investasi di dalam asuransi pendidikan, dimana dalam kondisi tersebut kegunaan investasi jauh lebih tinggi daripada kebutuhan asuransi biasa.

Dalam memilih produk, tentu saja keputusan yang diambil harus dikembalikan lagi pada kebutuhan Anda. Baiknya, lakukan pemisahan terhadap investasi dan produk asuransi.

Baca juga: Produk Asuransi yang Wajib Anda dan Keluarga Miliki

Berikut ini kami akan berbagi mengenai tips dalam memilih asuransi pendidikan oleh pakar keuangan Aidil Akbar yang dikutip dari DetikFinance.


1. Hitung Besaran Biaya Pendidikan Anak

Dalam memilih asuransi pendidikan anak, satu hal penting yang harus Anda perhatikan di awal ialah menghitung dengan rinci besarnya biaya pendidikan saat ini dan biaya pendidikan tersebut di masa yang akan datang.

Tentukan dulu di mana anak akan Anda sekolahkan, lalu hitung biaya sekolah tersebut pada masa sekarang.

Gunakan metode Nilai Uang Terhadap Waktu (Time Value of Money) untuk menghitung kebutuhan dana tersebut di masa mendatang sesuai dengan tahapan kapan anak Anda mulai masuk sekolah.

Ketika melakukan perhitungan ini, tidak sedikit orang yang melakukan kesalahan dalam mengartikannya. Jadi, Anda harus benar-benar teliti dan rinci dalam melakukan perhitungan dengan memperhatikan tingkat inflasi serta tingkat kenaikan biaya pendidikan.


2. Bandingkan Besarnya Premi dengan Nilai Tabungan

Langkah kedua ialah menghitung besaran premi yang harus Anda bayarkan pada perusahaan asuransi, lalu lakukan perbandingan dengan nilai tabungan pendidikan yang bisa diambil saat masa penarikan tiba.

Dari situ Anda akan dapat melihat apakah dana yang harus dipenuhi mencukupi untuk kebutuhan biaya-biaya sekolah anak Anda atau tidak.

Biasanya ilustrasi yang diberikan perusahaan asuransi adalah nilai investasi yang bisa ditarik atau dibagikan dalam nilai uang sekarang, bukan nilai uang di masa mendatang, maka Anda perlu memperhatikannya dengan seksama.


3. Fleksibilitas Pengambilan Dana Pendidikan

Hal lain yang perlu Anda perhatikan ialah seberapa fleksibel nilai tunai atau tahapan dana pendidikan tersebut bisa diambil. Utamakan produk asuransi yang memberi kemudahan dalam pengambilan dana pendidikan tersebut.

Sebab, banyak dari tahapan biaya pendidikan tidak dapat diambil kecuali pada tahun-tahun yang sudah ditetapkan oleh perusahaan jasa asuransi seperti tahun ke-7 untuk masuk Sekolah Dasar, tahun ke-12 untuk masuk SMP dan seterusnya.

Ketika anak Anda pertumbuhannya berlangsung dengan cepat dan semakin cepat pula ia dapat bersekolah, maka dana tersebut ada kemungkinan tidak bisa ditarik sebelum waktunya.


Jadi, bagi calon klien Asuransi Pendidikan sangat dianjurkan untuk menghitung dengan teliti besarnya biaya pendidikan anak tersebut dari mulai waktu saat ini hingga di masa mendatang.

Jika Anda masih menemukan kesulitan, sebaiknya mintalah rekomendasi dari seorang Financial Advisor yang berpengalaman dan paham tentang produk asuransi sebelum memilih suatu produk asuransi pendidikan agar tidak terjadi kesalahan dan menyesal di kemudian hari.

Sumber:
http://nuri-prudential.blogspot.co.id/2012/07/tips-memilih-asuransi-pendidikan-anak.html


Related Posts

3 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak Sesuai Kebutuhan
4/ 5
Oleh