4 Cara Agar Tulang Tidak Cepat Keropos

4 Cara Agar Tulang Tidak Cepat Keropos
Banyak orang yang tentu sudah mengetahui bahwa mengkonsumsi makanan atau minuman kaya kalsium akan mencegah terjadinya osteoporosis dalam tubuh kita.

Namun, bila ingin diet kalsium Anda dapat memperoleh hasil yang maksimal, maka ada baiknya menghindari atau mengurangi beberapa asupan berikut ini:


1. Hindari Minuman Beralkohol

Terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi alkohol akan menyebabkan gangguan penyerapan dan optimalisasi kalsium, vitamin D, dan nutrisi lain yang penting untuk tulang sehingga risiko terjadinya osteoporosis akan semakin tinggi.

Simak juga: 4 Tips Mencegah Osteoporosis di Usia Muda

Bagi Anda yang masih sering mengkonsumsi minuman beralkohol, mulai sekarang berhentilah! Selain tidak baik untuk tulang, juga dapat merusak kinerja hati (liver).


2. Kurangi Minuman yang Mengandung Kafein

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa minum lebih dari 3 cangkir kopi dalam sehari dapat meningkatkan terkikisnya masa dan kepadatan tulang.

Zat kafein yang berlebihan dalam tubuh dapat mengakibatkan peluruhan dan pengeluaran kalsium lewat urine menjadi lebih meningkat.


3. Jangan Terlalu Banyak Memberi Garam

Hampir di beragam jenis masakan pasti terdapat kandungan garam, termasuk sayuran yang diawetkan, keripik, kentang, dan juga roti gandum.

Hal ini perlu Anda perhatikan dengan seksama, sebab asupan garam berlebih akan meningkatkan pengeluaran kalsium melalui urine sehingga massa tulang menjadi semakin berkurang.

Rekomendasi jumlah asupan garam pada tubuh adalah kurang dari 2000 mg sodium per hari atau sekitar satu sendok makan saja.


4. Jangan Terlalu Sering Melakukan Diet Tinggi Protein

Disebutkan oleh beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli bahwa diet tinggi protein dalam jangka panjang akan menyebabkan kepadatan tulang semakin berkurang.

Oleh sebab itu, konsumsi protein pada makanan pun juga harus dibatasi. Sebaiknya tidak lebih dari 3 porsi dalam sehari.

Sebagai contoh, 1 porsi yang di maksud di sini misalnya 5 udang ukuran sedang, daging atau ikan atau ayam seukuran telapak tangan, atau 2 gelas susu.

Demikian posting tentang cara menghindari tulang keropos melalui makanan. Semoga bermanfaat untuk pembaca.

Sumber:
http://klikdokter.com/healthnewstopics/health-topics/4-makanan-minuman-penyebab-tulang-keropos/4-makanan-minuman-penyebab-tulang-keropos/2


Related Posts

4 Cara Agar Tulang Tidak Cepat Keropos
4/ 5
Oleh