4 Tips Mencegah Osteoporosis di Usia Muda

4 Tips Mencegah Osteoporosis di Usia Muda
Osteoporosis sering diidentikkan dengan penyakit yang berkaitan dengan tulang pada usia lanjut.

Namun, osteoporosis saat ini juga dapat dialami oleh anak – anak dan juga remaja. Osteoporosis disebabkan karena tulang mengalami kekurangan kalsium akibat usia yang semakin bertambah.

Osteoporosis yang semakin parah dapat menyebabkan penderitanya menjadi lumpuh. Sehingga, pencegahan sejak dini sangat lah penting untuk dilakukan mengingat saat ini telah ditemukan kasus osteoporosis yang terjadi pada usia muda.

Baca juga: 4 Cara Agar Tulang Tidak Cepat Keropos

Osteoporosis pada usia muda atau yang dikenal dengan osteoporosis primer ini terjadi pada usia kurang dari 30 tahun dan biasanya disebabkan karena gangguan medis maupun obat – obatan yang mampu mengikis kalsium di dalam tulang secara lebih cepat.

Penyakit osteoporosis pada usia remaja harus ditangani secara lebih serius karena dapat menimbulkan masalah bagi tubuh penderitanya.

Berikut ini merupakan beberapa tips untuk mencegah osteoporosis di usia muda:


1. Mengurangi faktor risiko

Salah satu faktor rIsiko yang harus dikurangi ialah terlalu kurus sehingga saat tulang memiliki bobot tubuh yang ringan, maka akan kurang giat dalam membentuk sel.

Akibatnya, massa tulang cenderung tidak terbentuk dengan sempurna. Kemudian ialah sikap tubuh, salah tidur maupun duduk dapat menyebabkan resiko terkena osteoporosis.


2. Nutrisi yang benar

Kecukupan kalsium mampu mengurangi rIsiko terjadinya osteoporosis. Sehingga Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 gelas susu setiap harinya.

Anda juga disarankan untuk melengkapinya dengan mengkonsumsi vitamin D yang mampu menyerap kalsium.


3. Olahraga yang teratur

Malas berolahraga dapat meningkatkan resiko terjadinya osteoporosis. Oleh karea itu, Anda sebaiknya rajin berolahraga untuk memacu tulang sehingga dapat membentuk massa tulang.


4. Mengubah gaya hidup

Gaya hidup yang kurang baik dapat meningkatkan terjadinya osteoporosis pada usia muda. Anda dapat mengurangi konsumsi minuman bersoda yang dapat merangsang pembentukan parathyroid serta minuman yang mengandung kafein dan alkohol yang dapat berpengaruh terhadap kepadatan tulang.

Begitu juga dengan kebiasaan merokok yang mampu mempercepat penyerapan serta meningkatkan resiko terjadinya osteoporosis pada usia muda.


Related Posts

4 Tips Mencegah Osteoporosis di Usia Muda
4/ 5
Oleh