Mengenal Lebih Dekat Penyakit Osteoporosis Pada Wanita

Osteoporosis sering diidentikkan dengan penyakit yang berkaitan dengan tulang pada usia lanjut.

Namun, osteoporosis saat ini juga dapat dialami oleh anak – anak dan juga remaja. Osteoporosis disebabkan karena tulang mengalami kekurangan kalsium akibat usia yang semakin bertambah.

Osteoporosis yang semakin parah dapat menyebabkan penderitanya menjadi lumpuh. Sehingga, pencegahan sejak dini sangat lah penting untuk dilakukan mengingat saat ini telah ditemukan kasus osteoporosis yang terjadi pada usia muda.

Baca juga: 3 Hal Yang Menyebabkan Wanita Lebih Mudah Terkena Osteoporosis

Osteoporosis pada usia muda atau yang dikenal dengan osteoporosis primer ini terjadi pada usia kurang dari 30 tahun dan biasanya disebabkan karena gangguan medis maupun obat – obatan yang mampu mengikis kalsium di dalam tulang secara lebih cepat.

Penyakit osteoporosis pada usia remaja harus ditangani secara lebih serius karena dapat menimbulkan masalah bagi tubuh penderitanya.

Osteoporosis pada wanita dapat dipicu oleh perubahan hormon estrogen. Nah, berikut ini adalah 3 jenis penyakit osteoporosis yang bisa diderita oleh wanita:


1. Osteoporosis postmenopausal

Osteoporosis postmenopausal seringkali dialami oleh wanita yang berusia 51 – 57 tahun. Namun, dapat dialami pada usia yang lebih muda jika kebutuhan kalsium serta vitamin D tidak terpenuhi.


2. Osteoporosis senilis

Osteoporosis senilis disebabkan karena kekurangan kalsium, sehingga penderitanya mempunyai ketidakseimbangan usia dengan pembentukan tulang. Osteoporosis dapat terjadi pada usia 70 tahun ke atas dan sangat rentan dialami oleh wanita.


3. Osteoporosis sekunder

Wanita juga dapat mengalami osteoporosis sekunder yang disebabkan oleh keadaan medis. Penyakit ini dapat terjadi karena adanya gagal ginjal, kelainan hormonal, serta pengaruh obat – obatan.


Pencegahan dan Pengobatan Osteoporosis

Setiap wanita membutuhkan kalsium serta vitamin D. Wanita yang telah mengalami menopause dapat berkonsultasi dengan dokter agar proses osteoporosis dapat diperlambat.

Salah satunya ialah dengan menggunakan alendronat yang mempunyai fungsi untuk mengurangi penyerapan tulang pada wanita yang terkena menopause, meningkatkan masa tulang dan tulang panggul, serta mempunyai fungsi menurunkan terjadinya patah tulang.

Sementara pencegahan osteoporosis bisa dilakukan melalui peningkatan kepadatan tulang dengan cara mengkonsumsi kalsium yang cukup, olahraga secara teratur, serta mengkonsumsi obat sesuai resep dokter.

Anda bisa minum susu minimal 2 gelas sehari dan mengkonsumsi vitamin D untuk meningkatkan kepadatan tulang.


Related Posts

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Osteoporosis Pada Wanita
4/ 5
Oleh