Menikmati Kemeriahan Festival Durian Lolong di Pekalongan

Menikmati Kemeriahan Festival Durian Lolong di Pekalongan
Bagi Anda pecinta buah durian, pasti akan sangat senang mengetahui bahwa di Desa Lolong, Kabupaten Pekalongan ada suatu festival yang bernama Festival Durian Lolong.

Bagaimana tidak, di Festival Durian Lolong ini, Anda akan diberikan kesempatan untuk mencicipi 10 ribu buah durian dari beragam varietas. Wah, pokoknya Anda akan benar-benar dimanjakan dengan pesta durian.

Festival ini merupakan agenda tahunan Pemerintah Daerah Pekalongan yang rutin diselenggarakan sejak 2009 silam.

Tujuannya ialah untuk mempromosikan keunggulan produk pertanian dan perkebungan di sekitar desa setempat, sekaligus menjadi upaya dalam pemberdayaan untuk para petani.

Baca juga: 5 Objek Wisata Dengan Sajian Alam Bawah Laut Menakjubkan di Indonesia

Festival Durian Lolong dari tahun ke tahun kian banyak dikunjungi oleh para pelancong dari berbagai daerah. Bahkan, tahun lalu festival ini dihadiri oleh beberapa duta besar Negara sahabat, seperti Amerika Serikat, Libya, Kazakstan, dan beberapa Negara dari Timur Tengah.

Makan duren beramai-ramai adalah acara utama dari festival ini. Acara ini biasanya dibuka dengan arak-arakan durian unggul yang dimulai pada jam 7 pagi. Pesertanya berasal dari berbagai wilayah penghasil buah durian.

Kualitas durian-durian dari berbagai daerah tersebut akan dilombakan dan dinilai oleh para dewan juri maupun tamu undangan. Pemenangnya akan menjadi penghasil durian paling berkualitas dan terfavorit.

Bagi para pelancong yang tidak suka durian, tidak mengapa. Karena Anda akan tetap dapat menikmati suasana di festival tersebut dengan suguhan tarian dan musik tradisional dari berbagai daerah yang akan turut pula memeriahkan acara tersebut.

Ada pula sajian drumband dari masyarakat Kota Pekalongan dan hiburan musik dangdut yang akan menggoyang Anda.

Untuk mengikuti festival tersebut, panitia biasanya mematok tiket seharga Rp 85 ribu untuk ditukar dengan satu paket durian yang berisi 3 atau 5 buah di dalamnya. Nah, silahkan menyantap durian itu sendirian atau bersama keluarga.

Anda juga dapat membeli atau sekedar mencicipi durian dan buah-buahan lain hasil perkebunan yang dipamerkan pada tenda di depan rumah warga. Tenda-tenda ini digelar sepanjang jalan menuju lokasi acara utama.

Nah, setelah kenyang menikmati pesta duren yang meriah, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar lokasi untuk menikmati cantiknya pemandangan alam sekitar, atau bagi yang ingin memacu adrenalin juga tersedia wahana arung jeram di sepanjang sungai di Desa Lolong.

Sungguh mengasikkan bukan? Yuk, kita ramai-ramai pergi ke Festival Durian Lolong. Jangan lupa ajak keluarga dan teman-teman juga yah!

Sumber:
http://www.pegipegi.com/travel/festival-durian-lolong-surganya-para-pecinta-durian/


Related Posts

Menikmati Kemeriahan Festival Durian Lolong di Pekalongan
4/ 5
Oleh