Ternyata Kurang Tidur Akan Memperpendek Umur Kita Lho!

Ternyata Kurang Tidur Akan Memperpendek Umur Kita Lho!
Selama ini banyak orang berpikiran lebih baik menghabiskan 5 hari kerja dengan maksimal dan beristirahat hanya bila tiba waktu akhir pekan.

Berbagai aktivitas, pekerjaan, dan daya pikiran dicurahkan seluruhnya pada 5 hari kerja tersebut. Waktu istirahat dari berbagai aktivitas pekerjaan hanyalah pada saat akhir pekan.

Hal ini sebenarnya sangat tidak baik untuk kesehatanmu dalam jangka panjang, karena percaya atau tidak kalau cara bekerja seperti itu justru akan berisiko memperpendek umur kita.

Baca juga: Tips Efektif Mengatasi Insomnia

Berikut ini kami akan bagikan beberapa alasan yang merupakan bukti ilmiah bahwa kurang tidur dapat memperpendek usia harapan hidup seseorang, bahkan bisa membunuhmu pelan-pelan.


1. Membuat Anda Lebih Banyak Merokok dan Minum Alkohol

Mayoritas orang yang memiliki waktu tidur yang kurang adalah para perokok dan alkoholik. Mengapa demikian?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen, seseorang yang kurang tidur akan semakin susah mengurangi keinginannya untuk merokok, atau minum alkohol.

Efek yang terjadi, khususnya di kalangan perokok dan alkoholik ialah membuat mereka jadi kecanduan secara berlebihan, sehingga akan merusak kesehatan tubuh dengan cepat.


2. Anda Jadi Gampang Terserang Flu

Disimpulkan oleh sebuah penelitian di Australia pada 2009 silam bahwa orang-orang dengan waktu tidur kurang dari 7 jam sehari akan lebih rentan terhadap serangan virus penyakit, terutama virus yang menyebabkan seseorang terserang flu.


3. Semakin Kurang Waktu Tidurmu Semakin Cepat Kematian Menghampirimu

Penelitian yang dilakukan oleh University of Warwick pada tahun 2007 mengungkapkan bahwa pria yang setiap harinya mengalami waktu tidur kurang berisiko 21 persen lebih tinggi mempercepat kematian dibandingkan mereka yang memiliki waktu tidur yang cukup. Sedangkan pada wanita hanya sekitar 5 persennya saja.


4. Mengurangi Tingkat Kekebalan Tubuh

Ditunjukkan oleh University of Surrey bahwa ratusan gen penting yang berperan untuk memperbaiki kesehatan dapat terganggu akibat waktu tidur yang kurang cukup.

Seminggu Anda kurang tidur, dapat memberi dampak buruk pada lebih dari 700 gen terkait kekebalan tubuh, peradangan, dan stres.


5. Efeknya Bahkan Lebih Buruk Dari Orang Mabuk

Keseharian yang tidak ditunjang dengan waktu tidur cukup akan membuat pekerja lebih buruk produktivitasnya ketimbang mereka yang mabuk. Penelitian ini telah dibuktikan oleh Cambridge University dan Rand Eropa.

Hasil pengamatan yang dilakukan terhadap 21 ribu orang pekerja di Inggris yang kurang tidur cenderung konsentrasinya menurun, tidak bersemangat, sering lupa, sering sakit di bagian kepala, dan mengalami gangguan pernapasan.


6. Anda Rentan Terkena Stroke

Menurut peneliti dari University of Alabama di Birmingham, kurang tidur malam yang terjadi setiap hari akan membuat Anda 4 kali lebih berisiko terkena stroke.

Selain itu, kurang tidur juga dapat mengakibatkan seseorang terkena anemia (kekurangan sel darah merah), sehingga terlihat lusuh, dan tidak bersemangat.


7. Berpeluang Lebih Besar Mengalami Obesitas

Studi yang dilakukan oleh PLOS Medicine pada tahun 2004 mengungkapkan bahwa seseorang yang waktu tidurnya di bawah enam jam per hari akan berpeluang lebih besar mengalami obesitas, sebab kadar hormon rasa lapar dan indeks massa tubuh jadi lebih meningkat.


8. Membuat Anda Cepat Pikun

Seseorang dengan kondisi kurang tidur akan mengalami penurunan daya kerja otak. Bukti ini diungkapkan oleh Penelitian yang dilakukan di Boston, bahwa kondisi kurang tidur yang dialami seseorang akan membuat ia melewatkan berbagai ingatan penting dalam memori otak.

Efeknya hampir mirip dengan berkurangnya kemampuan mengingat seseorang akibat penggunaan obat terlarang. Anda akan mudah pikun meskipun usia Anda masih muda.


9. Timbulnya Efek Cemas yang Berlebihan

Diterbitkan dalam Journal of Neuroscience mengenai studi terbaru yang mengungkapkan bahwa kurang tidur pada malam sebelumnya akan meningkatkan kecemasan Anda di hari berikutnya. Kecemasan tersebut cenderung berlebihan, bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun.


Nah, itulah beberapa efek buruk yang diakibatkan kondisi waktu tidur yang kurang cukup. Mulai sekarang, hindari menggunakan waktu tidurmu untuk tetap beraktivitas karena efeknya bisa sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Ketika Anda sakit karena terlalu banyak bekerja, bukankah justru mengurangi tingkat produktivitas Anda? Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk berobat, alih-alih Anda malah tidak dapat menikmati uang hasil jerih payah yang Anda lakukan selama ini.

Sumber:
http://gladisco.lintas.me/article/life/kurang-tidur-membunuhmu-pelan-pelan-ini-buktinya


Related Posts

Ternyata Kurang Tidur Akan Memperpendek Umur Kita Lho!
4/ 5
Oleh