5 Langkah Mudah Menemukan Passion Anda Di Dunia Kerja

5 Langkah Mudah Menemukan Passion Anda Di Dunia Kerja
Mungkin ada di antara Anda yang salah mengira, menganggap bahwa bekerja dengan passion itu berarti rela mengerjakan sesuatu meskipun tidak dibayar.

Pemikiran seperti itu kurang tepat, karena bekerja dengan passion itu artinya kita mengerjakan sesuatu yang kita sukai. Dengan demikian, kita akan bekerja dengan senang hati dan penuh antusias.

Sesuatu yang kita kerjakan dengan senang hati dan penuh antusias, tentunya berpeluang memperoleh hasil kerja yang lebih dari rata-rata.

Baca juga: 7 Rahasia Tentang Passion yang Perlu Anda Ketahui

Bahkan, dengan passion orang tersebut dapat mengembangkan kemampuan kerjanya menjadi lebih expert di bidang tersebut.

Dan bukan hal yang mustahil, ketika kita sudah mampu bekerja di level expert, maka bukan lagi kita yang mencari pekerjaan namun pekerjaanlah yang mencari kita. Begitu pula dengan uang yang bisa kita peroleh, hasilnya pun akan semakinbesar.

Berdasarkan survey pun hasilnya demikian, orang-orang tersukses di dunia, menyatakan bahwa mereka dapat sukses karena bekerja sesuai dengan apa yang mereka sukai.

Kemudian, bagaimana cara kita agar menemukan passion yang tepat dalam bekerja? Berikut ini kami akan berbagi tips kepada Anda untuk menemukan passion Anda di dunia kerja dengan cara yang mudah. Simak ulasannya di bawah ini!


1. Cari Tahu Jenis Pekerjaan yang Paling Bisa Anda Nikmati

Tanyakan pada diri Anda mengenai jenis pekerjaan yang pernah Anda geluti dan paling bisa Anda nikmati.

Ketika bekerja di bidang tersebut, Anda merasa nyaman, betah, dan tak terasa waktu begitu cepat berlalu saat Anda mengerjakannya.


2. Kegiatan Paling Disukai dan Sering Dilakukan

Langkah selanjutnya adalah mencari passion pada kegiatan yang paling Anda sukai dan paling sering Anda lakukan.

Ketika selama ini Anda tidak pernah menggeluti suatu pekerjaan yang bisa Anda nikmati, maka cari tahu pada kegiatan apa yang senang Anda lakukan secara terus-menerus dan terasa hari Anda ada yang kurang ketika tidak melakukan kegiatan tersebut.

Kegiatan ini bisa berupa hobi, atau aktivitas dalam keseharian yang terasa aneh jika keseharian Anda tidak bersentuhan dengan kegiatan tersebut. Pertimbangkan kegiatan yang Anda cintai tersebut sebagai passion Anda dalam bekerja.


3. Di Bidang Apa Letak Kepekaan Anda

Maksudnya di sini ialah seseorang memiliki kepekaan tersendiri pada bidang tertentu. Misalnya, seseorang yang peka terhadap penilaian gaya berbusana seseorang, mungkin passionnya adalah di bidang desain busana.

Atau misalkan Anda adalah orang yang mampu menyadari letak kerusakan komputer dengan cepat, mungkin saja passion pekerjaan yang paling cocok adalah di bidang teknik komputer.


4. Temukan Kegiatan yang Dapat Menggugah Kreativitas dan Inovasi Anda

Pada suatu hal tertentu, seseorang biasanya menjadi lebih mudah dalam berkreativitas atau menemukan inovasi. Kemungkinan disitulah letak passion Anda.

Namun, memang hanya sedikit saja orang yang mampu menyadari bahwa di situlah letak passion pekerjaannya.

Misalnya, Anda sering memiliki ide dan kreativitas mengenai cara membuat website yang ‘user friendly’, bisa jadi passion pekerjaan Anda ada di bidang web designer.


5. Pikirkan Jenis Pekerjaan yang Menurut Anda Paling Mudah Dilakukan

Hal ini memiliki kaitan dengan kecerdasan profesional. Ketika seseorang cerdas pada bidang tertentu, maka dia mampu melakukan pekerjaan tersebut dengan baik dan cepat. Ketika suatu pekerjaan Anda rasa mudah dilakukan, bisa jadi pekerjaan tersebut adalah passion Anda.


Itulah kelima cara paling mudah untuk menemukan passion dalam pekerjaan Anda. Catat kelima hal tersebut, dan buat daftar pekerjaan apa saja yang menurut Anda masuk nominasi di setiap poin.

Kemudian pilih pekerjaan yang menurut Anda paling mudah, memiliki prospek yang bagus, dan Anda suka mengerjakannya.

Selamat mencoba, dan semoga informasi ini bermanfaat dalam mengembangkan mental dan karakter profesi Anda.

sumber: 
coretan-rahmawan.blogspot.co.id/2012/03/10-menit-menemukan-passion.html


Related Posts

5 Langkah Mudah Menemukan Passion Anda Di Dunia Kerja
4/ 5
Oleh