5 Tips Perawatan Mobil Berwarna Putih Agar Tidak Cepat Kusam

5 Tips Perawatan Mobil Berwarna Putih Agar Warna Tidak Kusam
Banyak pabrikan otomotif yang sekarang ini memproduksi massal mobil berwarna putih atau hitam. Maka tak heran jika di jalanan mobil-mobil terlihat seragam, baik itu yang berwarna putih atau berwarna hitam.

Meskipun mobil berwarna putih lebih banyak diminati, namun tidak semua mobil berwarna putih disukai orang.

Terlebih karena alasan lebih mudah terlihat kotor bila terkena sedikit debu, atau ada pula yang mengatakan kalau mobil warna putih lebih cepat terlihat kusam ketimbang warna lain.

Baca juga: Tips Cermat Membeli Mobil Bekas

Nah, berikut ini akan kami bagikan kepada Anda tips untuk merawat mobil berwarna putih agar tampilannya tetap mengesankan.


1. Gunakan Air Bersih Saat Mencuci Mobil

Tips ini merupakan poin pertama yang penting untuk diperhatikan. Mobil perlu dicuci agar selalu terlihat bersih. Pastikan air yang digunakan untuk mencuci adalah air bersih, baik saat mencuci di tempat Cuci Steam, atau mencucinya sendiri di rumah.

Bila Anda lebih sering mencuci mobil sendiri, maka pakailah dua buah ember, satu ember untuk air bersih, dan satu lagi untuk membersihkan lap kotor.

Setiap Anda membasuh mobil, hindari memasukkan lap kotor ke dalam air bersih untuk digunakan lagi membersihkan mobil. Hal ini dapat mengakibatkan partikel kotoran menempel pada lap dan berisiko merusak cat mobil Anda.

Pastikan pula air yang digunakan untuk mencuci tidak mengandung garam dan zat besi, sebab kedua unsur tersebut bisa menyebabkan karat pada body mobil.

Apabila mobil terkena guyuran air hujan, maka segera cuci dan jangan biarkan air hujan mengering di mobil, sebab dapat menimbulkan bercak dan warna mobil akan menjadi kusam.


2. Cuci Mobil di Tempat Teduh

Saat mencuci mobil sendiri di rumah, jangan melakukannya di bawah sinar matahari langsung, cuci mobil pada tempat yang teduh.

Sebab, sampo atau sabun  yang dipakai untuk mencuci mobil akan cepat mengering dan meninggalkan bercak yang nantinya dapat merusak warna putih pada mobil.


3. Pakailah Sabun atau Shampoo Khusus

Gunakan sampo atau sabun khusus ketika mencuci mobil, karena sabun dengan kualitas kurang bagus dapat mengakibatkan jamur pada permukaan cat dan akan sangat sulit untuk dihilangkan jika telah lama menumpuk.

Hindari pemakaian sabun colek ketika mencuci body mobil, butiran-butiran kasar yang terdapat pada sabun colek dapat menimbulkan goresan pada cat mobil Anda.


4. Pakailah Kain Lap Dengan Daya Serap Tinggi

Bila mobil telah selesai dicuci, maka segera keringkan sisa-sisa air dengan memakai kain yang memiliki daya serap tinggi, agar air yang tersisa dapat terserap dan kering dengan maksimal.

Sebaiknya, pakailah kain yang tidak berserat guna menghindari terjadinya goresan pada cat mobil, seperti lap kanebo.


5. Parkirkan Kendaraan Pada Tempat yang Teduh

Di samping harus memperhatikan cara mencucinya, mobil berwarna putih juga perlu hati-hati saat memarkirkannya. Hindari parkir kendaraan Anda di tempat yang langsung terpapar sinar matahari.

Hal ini akan membuat cat mobil Anda cepat kusam dan lebih banyak debu yang menempel pada bodi sehingga warnanya akan cepat rusak. Gunakan cover mobil bila memang terpaksa memarkir kendaraan di bawah sinar matahari langsung dalam waktu yang lama.


Nah, itulah beberapa tips ringan untuk Anda pengguna mobil berwarna putih. Semoga tips di atas bermanfaat dan membuat tampilan warna mobil tetap awet hingga bertahun-tahun lamanya.

Sumber:
http://oto.detik.com/otofokus/read/2015/03/26/094743/2870021/1596/6/5-tips-merawat-mobil-berwarna-putih#bigpic


Related Posts

5 Tips Perawatan Mobil Berwarna Putih Agar Tidak Cepat Kusam
4/ 5
Oleh

1 komentar:

15 Juni 2016 09.49 delete

terimakasih atas informasinya
di tunggu postingan selanjutnya

Reply
avatar