Buah dan Sayuran yang Efektif Mengatasi Darah Tinggi

Buah dan Sayuran yang Efektif Mengatasi Darah Tinggi
Penyakit hipertensi adalah salah satu jenis penyakit kelainan jantung dan pembuluh darah yang mengakibatkan tekanan darah seseorang meningkat.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga menjadi salah satu penyebab utama dari serangan stroke dan serangan jantung.

Untuk itu, bagi Anda penderita hipertensi sebaiknya sangat berhati-hati dan menangani penyakit tersebut dengan segera agar tidak memicu penyakit lain yang lebih berbahaya.

Baca juga: Redakan Nyeri Lutut Dengan 3 Jenis Makanan Berikut

Lazimnya, penyakit hipertensi biasa menyerang orang dewasa, akan tetapi tak jarang pula penyakit ini menyerang anak-anak atau remaja. Bahkan tidak menutup kemungkinan bayi pun bisa terkena hipertensi.

Salah satu cara alami dan merupakan solusi terbaik untuk mengatasi hipertensi ialah dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran penurun darah tinggi.

Dengan mengkonsumsi buah dan sayuran penurun darah tinggi, kita juga akan memperoleh berbagai khasiat yang baik untuk tubuh dalam mencegah berbagai penyakit lain yang berbahaya.

Berikut ini kami akan bagikan kepada Anda buah dan sayuran apa saja yang memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi pada tubuh. Simak ulasannya di bawah ini!


1. Ketimun

Jenis buah ini sering dikonsumsi untuk lalapan. Buah ketimun ternyata juga mempunyai khasiat mengatasi hipertensi.

Banyak penderita hipertensi yang sudah mencoba untuk mengkonsumsi buah ketimun, kandungan mineral potassium yang tinggi pada ketimun cukup efektif dalam meredakan tekanan darah tinggi atau hipertensi.


2. Pisang

Buah pisang ternyata memiliki banyak khasiat dalam pencegahan dan pengobatan berbagai penyakit. Selain baik untuk menurunkan kolesterol, pisang juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandungan kalium dan zat-zat penting dalam buah ini cukup efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Di Negara kita, buah pisang sangat mudah ditemukan, rasanya yang nikmat dan mengenyangkan juga membuat pisang cukup digemari banyak orang.

Bagi penderita hipertensi, buah pisang sangat baik untuk dijadikan camilan sehari-hari agar gejala tekanan darah tinggi yang dialami dapat mereda.


3. Mengkudu

Di sekitar lingkungan rumah kita, buah mengkudu juga tidak sulit dijumpai. Dalam buah mengkudu terdapat kandungan protein, vitamin, dan mineral yang baik untuk mengatasi hipertensi.

Kandungan selenium pada buah ini juga dapat berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh untuk menangkal berbagai serangan penyakit.


4. Tomat

Kandungan kalsium, magnesium, vitamin C, D, dan E pada tomat berperan cukup efektif dalam meredakan dan mencegah hipertensi.

Tomat memiliki rasa yang unik dan segar, sering dijadikan campuran dalam pembuatan sambal, sop, bahkan dijadikan minuman jus.


5. Bawang Putih

Nampaknya, jenis makanan satu ini tidak masuk dalam kategori buah maupun sayuran. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui kalau bawang putih ternyata memiliki beragam manfaat.

Manfaat dari mengkonsumsi satu siung bawang putin di antaranya ialah mencegah pembekuan darah dan penebalan pada pembuluh darah, serta mencegah penyumbatan pada jantung.

Oleh karena itu, banyak pula obat-obatan herbal yang memanfaatkan khasiat dari bawang putih. Dengan rutin mengkonsumsi bawang putih, rasakan khasiat alaminya dalam meredakan tekanan darah tinggi yang Anda alami.


Demikian informasi tentang beberapa macam buah dan sayuran yang efektif dalam mengatasi hipertensi. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda.

Sumber:
http://dedaunan.com/berbagai-buah-penurun-darah-tinggi-atau-hipertensi/2/


Related Posts

Buah dan Sayuran yang Efektif Mengatasi Darah Tinggi
4/ 5
Oleh

1 komentar:

10 Juni 2016 10.54 delete

Artikel yang sangat bagus, informasinya sangat berbobot, bisa menjadi referensi untuk gaya hidup sehat. semoga masyarakat indonesia semakin sehat.

Reply
avatar