5 Bahan Makanan Sehat Untuk Kecerdasan Otak Anak

Selain mempengaruhi kesehatan tubuh, makanan yang kita asup juga akan mempengaruhi kinerja otak. Agar kemampuan otak anak meningkat, dibutuhkan asupan gizi yang tepat.

Makanan-makanan dengan kandungan nutrisi yang baik mampu meningkatkan kinerja otak dan keterampilan anak, sehingga mereka jadi lebih pandai dan mudah dalam mengingat sesuatu.

Berikut ini kami akan berbagi kepada Anda bahan makanan apa saja yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak.

Baca juga: Biasakan Hidup Sehat Pada Anak Sejak Dini


1. Telur dan Kacang-kacangan

Telur dan kacang merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan kolin cukup tinggi. kolin merupakan salah satu unsur penting yang dapat menunjang perkembangan sel-sel batang memori pada otak. Senyawa ini dapat meningkatkan produksi sel induk memori di otak.


2. Susu

Susu dan produk-produk berbahan dasar susu seperti yogurt dan keju merupakan sumber nutrisi yang kaya protein, kalium, kalsium, dan vitamin D.

Semua nutrisi yang terkandung dalam susu merupakan kunci untuk pengembangan sistem neuromuskuler, neurotransmitter, enzim, dan jaringan otak.

Asupan nutrisi yang banyak sangat dibutuhkan oleh mereka yang sedang dalam tahap pertumbuhan, terutama anak-anak dan remaja.


3. Salmon

Ikan salmon adalah bahan makanan yang kaya sumber asam lemak omega 3 seperti DHA dan EPA. Senyawa ini sangat penting bagi perkembangan otak anak.

Telah dibuktikan oleh penelitian bahwa orang yang mengkonsumsi ikan tersebut mempunyai memori lebih tajam dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya.


4. Semua Jenis Berries

Buah kecil satu ini mengadung hampir semua nutrisi yang penting bagi perkembangan otak. Macam-macam berries seperti strawberry, blueberry, dan raspberry merupakan bahan makanan yang kaya sumber antioksidan dan vitamin C yang penting dapat mengurangi stres oksidatif.


5. Whole Grain

Vitamin B dan glukosa yang ditemukan dalam biji-bijian seperti beras merah dan oat meal merupakan makanan otak yang sehat untuk anak Anda.

Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan pasokan reguler dari glukosa yang tersedia pada biji-bijian.

Sedangkan vitamin B memiliki peran penting dalam meningkatkan aliran darah pada sistem saraf dan menjaga semua organ tubuh termasuk otak agar tetap aktif.


Itulah kelima bahan makanan yang penting diberikan kepada anak untuk membantu dalam perkembangan otaknya. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda.

Sumber:
http://www.merdeka.com/sehat/5-makanan-sehat-untuk-perkembangan-otak-anak.html


Related Posts

5 Bahan Makanan Sehat Untuk Kecerdasan Otak Anak
4/ 5
Oleh