6 Cara Mendidik Pola Makan Sehat Pada Anak

Makanan merupakan faktor penting penunjang pertumbuhan anak. Banyak makanan-makanan yang mengandung nutrisi penting seperti sayur, buah, kacang-kacangan, maupun biji-bijian kurang diperhatikan cara pemberiannya sehingga manfaatnya kurang optimal.

Beberapa manfaat dalam pola makan yang sehat untuk anak antara lain untuk keseimbangan tingkat energi, membentuk kecerdasan, dan emosi buah hati Anda.

Jangan biarkan anak tergoda berbagai macam makanan instan, sebagai orangtua sudah menjadi kewajiban kita untuk membuatnya tetap memilih makanan sehat.

Baca juga: 5 Cara Menanamkan Kebiasaan Gaya Hidup Sehat Pada Anak Balita

Secara alami, anak-anak di usia 5 sampai 12 tahun telah dapat mengembangkan pilihan makanan yang ingin mereka nikmati.

Tantangan bagi orangtua ialah bagaimana membuat makanan sehat menjadi lebih menarik, dan pastinya memang tidak mudah membuat sebuah apel disukai oleh anak Anda ketimbang kue coklat kering.

Anak-anak suka meniru, orangtua merupakan panutan yang akan ditiru oleh anak. Sungguh sia-sia bila Anda meminta anak makan buah dan sayuran sementara Anda sendiri lebih suka minum soda dan makan gorengan.

Berikut kami akan berbagi kepada Anda tentang cara mendidik anak agar mau menerapkan pola makan sehat.


1. Masak Makanan Sehat Lebih Sering Di Rumah

Pada dasarnya, makanan yang dimasak sendiri di rumah lebih sehat dibandingkan Anda membeli makanan di luar.

Secara umum, makanan di warung atau restoran cenderung mengandung lebih banyak gula, garam, dan lemak. Namun, tidak ada salahnya sesekali Anda jadwalkan makan di luar bersama keluarga untuk acara-acara khusus saja.


2. Biasakan Sarapan Bersama di Pagi Hari

Sarapan adalah waktu yang tepat untuk acara makan bersama keluarga. Ajak keluarga untuk bangun lebih pagi agar tidak tergesa-gesa menyantap sarapan. Mayoritas anak yang berprestasi di sekolah adalah mereka yang melakukan sarapan di pagi hari.


3. Ajak Anak Menyiapkan Makanan Sehat Bersama-sama

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar, manfaatkan hal ini untuk mengajaknya ikut membantu saat menyiapkan makanan, berbelanja bahan makanan, sampai memilih sendiri bahan makanan sehat yang mereka sukai.

Cara ini akan menjadi kesempatan bagi orangtua untuk mengajarkan mereka tentang nilai dan kandungan gizi dari jenis makanan yang berbeda. Bagi anak yang lebih tua, Anda bisa mengajarkan cara membaca label gizi pada makanan dalam kemasan.


4. Jaga Berat Badan Anak yang Ideal

Batasi porsi makan anak, kurangi konsumi makanan dengan kandungan gula, garam, dan lemak berlebih. Gemuk belum tentu lebih sehat, terpenting adalah bagaimana anak Anda memperoleh asupan gizi yang seimbang.


5. Sediakan Camilan Sehat di Rumah

Anda bisa membuat sendiri aneka camilan sehat yang kreatif dengan gizi seimbang di rumah. Misalnya dengan menggunakan banyak buah, sayuran, atau aneka macam minuman sehat seperti jus buah, ataupun susu.


6. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh Anak Anda

Jangan biarkan anak terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis atau minuman beraroma. Biasakan memberinya air putih setelah maupun saat beraktivitas. Tanamkan kebiasaan minum air putih agar anak terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan karena kondisi dehidrasi.

Sumber:
http://www.ibudanbalita.net/438/5-cara-membuat-anak-suka-makanan-yang-sehat.html


Related Posts

6 Cara Mendidik Pola Makan Sehat Pada Anak
4/ 5
Oleh