6 Tips Mewujudkan Impian Untuk Memiliki Rumah Idaman

Setiap orang pasti memiliki impian untuk bisa memiliki rumah idaman. Akan tetapi, memang tidak mudah untuk dapat mewujudkannya.

Apalagi di tengah kondisi ekonomi yang kian sulit, harga kebutuhan pokok yang terus melonjak namun penghasilan tak kunjung mengalami peningkatan.

Tingginya harga rumah dari tahun ke tahun seakan menepiskan impian kita untuk bisa memiliki rumah idaman meskipun sudah berusaha menabung dengan menyisihkan sebagian gaji selama bertahun-tahun.

Tapi, sebaiknya kita jangan putus harapan karena berikut ini kami akan berbagi tips untuk Anda agar dapat mewujudkan impian memiliki rumah idaman.


1. Beli Rumah Dengan Cara KPR

Sekarang ini telah banyak bank yang menawarkan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Anda harus dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk mewujudkan impian Anda.

Pembelian rumah secara tunai tentu akan menjadi sulit bagi Anda yang bergaji pas-pasan. Nah, dengan fasilitas KPR, Anda hanya perlu menyiapkan uang muka sekitar 10 hingga 30 persen dari harga rumah.

Bila hasil analisis bank menilai Anda memenuhi syarat, maka rumah idaman pun akan segera Anda miliki. Namun, jangan lupa Anda masih harus membayar angsuran selama periode KPR berlansung.


2. Beli Rumah Di Pedesaan

Harga properti terutama rumah akan terus mengalami kenaikan meskipun perlahan tapi pasti. Itulah mengapa banyak pebisnis mengatakan bahwa properti merupakan salah satu objek investasi masa depan paling menjanjikan.

Apalagi bila menilik rumah dengan lokasi yang strategis tentunya cenderung dibanderol dengan harga yang sangat tinggi. Oleh karena itu, Anda bisa memilih rumah dengan lokasi yang berada di pinggiran kota atau pedesaan apabila dana yang dimiliki tidak mencukupi untuk membeli rumah di perkotaan.

Keuntungan lainnya yang bisa didapat dari membeli rumah di pedesaan ialah suasananya lebih tenang, asri, jauh dari polusi dan kemacetan, serta tanah yang lebih luas.


3. Manfaatkan Program Rumah Bersubsidi

Sekarang ini, pemerintah memang sedang mengembangkan program perumahan rakyat bersubsidi. Rumah bersubsidi tentunya bisa Anda dapatkan dengan harga lebih murah dibandingkan dengan rumah yang dikembangkan oleh developer swasta.

Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa syarat khusus untuk bisa mendapatkannya, di antaranya belum pernah punya rumah, dan penghasilan maksimum Rp 5 juta perbulan.


4. Cari Rumah Second

Harga rumah baru tentunya akan lebih mahal dibandingkan rumah bekas atau second. Bila dana yang Anda miliki kurang mencukupi untuk membeli rumah baru, sebaiknya Anda mencari rumah lama, tua, atau bekas sebagai tempat tinggal.

Namun, jangan asal lihat murahnya saja. Anda juga harus memperhatikan kekuatan bangunan dari rumah lama tersebut agar tidak mengalami kerugian akibat renovasi yang terlalu banyak.


5. Cari Promo Rumah yang Baru Launching

Beberapa developer biasanya akan menawarkan harga promo ketika sedang me-launching rumah baru. Anda bisa coba mencarinya dengan mengunjungi area perumahan yang sedang dibangun. Siapa tahu ada tawaran rumah dengan ‘harga miring’ dari si developer.


6. Membeli Rumah Milik Nasabah KPR Bermasalah

Biasanya, orang akan merelakan segalanya ketika dalam kondisi ‘kepepet’. Nah, terkadang ada pula nasabah KPR yang melakukan wanprestasi dan berujung pada penyitaan rumah karena tak sanggup lagi membayar angsuran.

Anda bisa coba membeli rumah dari nasabah KPR yang bermasalah tersebut. Tak jarang, mereka rela menjual rumahnya dengan harga murah daripada disita oleh bank.


Itulah beberapa tips untuk Anda yang ingin mewujudkan impian memiliki rumah idaman. Rencanakan dan estimasi dana yang dibutuhkan sejak dini agar Anda bisa membeli rumah idaman dengan cara yang tepat.

Sumber:
http://properti.liputan6.com/read/2416880/6-cara-untuk-membeli-rumah-idaman


Related Posts

6 Tips Mewujudkan Impian Untuk Memiliki Rumah Idaman
4/ 5
Oleh