4 Tips Pindah Ke Rumah yang Telah Lama Kosong

Rumah yang telah lama kosong berpotensi menyimpan sejumlah masalah yang mesti diantisipasi. Terlebih bagi Anda yang baru saja membeli rumah second dan sudah lama tak ditempati oleh pemilik lama.

Berikut ini kami akan berbagi tips persiapan apa saja yang perlu dilakukan bila Anda hendak menempati rumah yang telah lama kosong.


1. Bersihkanlah Sebelum Kepindahan

Anda perlu membersihkan dan membereskan dahulu rumah yang akan ditempati. Ada kalanya, pada saat kepindahan Anda sudah dalam keadaan lelah sehingga tidak dapat langsung membersihkan rumah. Oleh sebab itu, sebelum kepindahan usahakan untuk membersihkan dahulu rumah tersebut.

Bila tidak sempat, Anda bisa menyewa jasa pembersih rumah atau menyewa orang untuk melakukannya. Pastikan sebelum Anda datang, rumah sudah dalam keadaan bersih dan rapi.


2. Rapikan Halaman Rumah

Biasanya, halaman rumah yang telah lama kosong menyisakan semak atau rumput yang terlalu tinggi, dan sampah-sampah berserakan. Oleh karena itu, sebelum Anda tempati ada baiknya Anda merapikan halaman rumah terlebih dahulu.

Bila tidak dibereskan, dikhawatirkan akan mendatangkan ular, hewan, serangga atau hama lainnya. Agar rumah tidak tampak seperti hutan belantara, sebaiknya Anda mempekerjakan orang untuk merapikan halaman rumah terlebih dahulu.


3. Periksa Kondisi Bangunan Rumah

Ketika Anda sudah memutuskan untuk membeli rumah yang telah lama kosong, selanjutnya Anda perlu meminta bantuan ahli bangunan untuk memeriksa kondisi rumah tersebut.

Pastikan tidak ada bagian rumah yang rapuh, atap yang bocor, kran air yang rusak, dan saluran air yang tersumbat.

Bila Anda menemukan masalah tersebut, segera minta bantuan ahli bangunan untuk membereskannya, begitu juga bila Anda ingin mengecat ulang dinding rumah agar lebih sedap dipandang.


4. Buka Semua Jendela Rumah

Rumah yang telah lama kosong cenderung beraroma apek dan lembab. Biarkan sinar matahari dan udara segar dari luar rumah masuk ke dalam ruangan dengan membuka semua jendela yang ada. Semprotkan pula pengharum ruangan supaya aroma rumah lebih nyaman.

Sumber:
http://properti.liputan6.com/read/2647920/6-persiapan-tempati-rumah-yang-lama-kosong


Related Posts

4 Tips Pindah Ke Rumah yang Telah Lama Kosong
4/ 5
Oleh