5 Alasan yang Mengharuskan Kamu Tidak Berhenti Kuliah Di Tengah Jalan

5 Alasan yang Mengharuskan Kamu Tidak Berhenti Kuliah Di Tengah Jalan
Menjalankan kuliah memang bukanlah hal mudah. Sebelum bisa menyandang gelar sarjana, ada berbagai kewajiban yang harus kamu tuntaskan terlebih dahulu.

Seringkali, timbunan tugas, makalah, sampai susahnya ujian yang mesti ditempuh datang bertubi-tubi dan memaksamu menyerah.

Ditambah lagi beberapa dosen yang memiliki watak keras, serta angkernya bayang-bayang tentang sulitnya ujian akhir.

Rasanya Anda sudah tak tahan lagi dan berhenti di tengah perjalanan kuliah adalah sesuatu yang amat menggoda ketimbang harus berjuang lagi lebih keras.

Baca juga: Berburu Program Beasiswa untuk Kelangsungan Kuliah Anda

Memang, walaupun terbukti kuliah bukanlah satu-satunya cara untuk mencapai kesuksesan. Namun, kuliah bukan hanya tentang gelar akademis yang disematkan, melainkan juga sebuah perjuangan yang harus Anda selesaikan.

Jadi, sebelum merasa tak sanggup menjalani kewajiban yang telah kamu mulai, sebaiknya pikirkan kembali keputusanmu untuk menyerah di tengah perjalanan kuliahmu saat ini.


1. Kuliah Adalah Bentuk dari Sebuah Perjuangan

Walaupun terbukti, bahwa kuliah memang bukan satu-satunya jalan untuk Anda dapat meraih kesuksesan.

Namun, persoalannya bukan hanya sekadar gelar akademis yang akan tersemat di akhir nama. Kuliah juga adalah suatu bentuk perjuangan yang harus kamu selesaikan.

Bangku kuliah merupakan tempatmu ditantang untuk menjadi manusia dewasa yang penuh tanggungjawab.

Di masa inilah kamu akan diberikan kebebasan untuk mengambil keputusan yang sesuai dengan kata hatimu, mengikuti kelas yang secara pribadi membuatmu tertarik, serta mengikuti organisasi yang benar-benar kamu minati.

Kuliah lebih dari sekadar supaya nantinya kamu dapat bersaing di dalam kerasnya dunia kerja, tapi juga membentukmu menjadi manusia yang tegas dan tangguh.

Kamu akan diajak untuk berjuang melintasi kekurangan dan keterbatasan sembari memeras semua keringat dan potensi yang ada pada dirimu.


2. Menyerah di Tengah Jalan Hanya Akan Menimbulkan Penyesalan

Lihatlah dalam Kartu Hasil Studimu, sudah begitu banyak waktu dan energi yang tergores di situ. Begitu banyak malam-malam panjang yang kamu lalui hanya untuk merampungkan tugas yang telah membuatmu pusing tujuh keliling. Begitu banyak pula pengorbanan yang harus dilewati hanya demi kelulusan dari tiap semester.

Perjuangan ini telah kamu lewati hingga separuh jalan. Menyerah sekarang, hanya akan menyisakan penyesalan yang teramat besar, walau memang tampaknya menggiurkan.

Namun, kamu sendiri nantinya yang akan merasa rugi, setelah semua yang telah kamu investasikan baik berupa tenaga, waktu, dan perjuangan akhirnya tak menghasilkan apa-apa.

Padahal, hanya tinggal beberapa semester lagi sebelum menjelang wisuda, padahal kamu hanya perlu melakukan KKN atau skripsi hingga kamu bisa memiliki gelar yang selama ini kamu ingin perjuangkan.


3. Jangan Pernah Merasa Sendiri Karena Teman-temanmu Juga Ikut Berjuang Bersama

Saat ini, mungkin menyerah adalah jalan termudah yang bisa kamu ambil. Akan tetapi, nantinya penyesalan hanya akan terus menghantuimu karena kamu tidak pernah berjuang dengan sepenuh hati.

Jangan risau kawan, kamu tak pernah sendirian, kamu harus tetap bertahan, karena kawan-kawan seperjuangan masih pula bersamamu.

Harus begadang demi belajar, bahkan mengorbankan waktu nongkrong dan bersenang-senang cuma untuk tenggelam dalam tugas makalah dan buku-buku bahan ujian.

Mungkin hal itu akan membuatmu merasa jadi orang termalang di dunia. Tapi jangan pernah kamu lupa, bahwa kamu tidak sendirian.


Baca lanjutannya di sini:
5 Alasan yang Mengharuskan Kamu Tidak Berhenti Kuliah Di Tengah Jalan (2)


Related Posts

5 Alasan yang Mengharuskan Kamu Tidak Berhenti Kuliah Di Tengah Jalan
4/ 5
Oleh