Pengetahuan Dasar Komputer

Niatku untuk belajar komputer muncul ketika Almarhum Ayah membelikanku seperangkat komputer. Saat itu aku sama sekali buta tentang ilmu komputer. Tapi Ayahku tahu, didasari rasa keingintahuanku yang besar kelak aku pasti bisa menguasainya.

Seperti itulah Ayah mendidikku. Ia sangat tahu potensi dalam diriku, dan ingin agar aku bisa mandiri. Segitu saja pengantar dariku, sekarang kita mulai belajar komputer bersama-sama. Namun, di posting kali ini, aku hanya ingin berbagi pengetahuan dasarnya saja.

Simak juga: Beberapa Software Gratis Yang Ringan Sebagai Alternatif Adobe Reader

Jangan terburu-buru dan pelan-pelan saja karena posting ini bukanlah berisi tentang cara belajar komputer secara instan. Walau tampaknya 'melelahkan' tapi aku harap bisa memberi pemahaman baru tentang komputer kepada sahabat.


1. Komponen

Hal pertama yang perlu kita ketahui adalah komponen komputer, selain itu kita harus tahu fungsi dari masing-masing komponen tersebut.

Tidak perlu sampai mendetail, cukup beberapa komponen dasar saja, seperti Prosesor, RAM, Hard Drive, Video Card dan beberapa komponen tambahan seperti Keyboard, Mouse, Monitor dan Sound Card.

Apa Sahabat mengetahui fungsi dari semua komponen tersebut dan bagaimana cara kerjanya? Jika belum tahu, tidak apa-apa. Dan santai saja, kita pelajari semuanya secara detail di lain kesempatan.


2. Desktop

Desktop merupakan sesuatu yang selalu kita jumpai setiap kali menyalakan komputer. Jangan sepelekan desktop, kenali fungsi-fungsi dasar pada desktop kita.

Sebenarnya, banyak sekali tips dan trik desktop yang tentunya dapat memudahkan pekerjaan kita. Diantaranya, cara membuat shortcut, membuat pinned programs, mengatur tampilan tray icon dan memaksimalkan fungsi-fungsi pada start menu.

Percayalah, pengetahuan yang baik tentang desktop akan sangat membantu dalam pengoperasian komputer kita.


3. Software

Di tahap ini, kita coba pelajari langkah-langkah dasar penggunaan software. Bagaimana menjalankan sebuah aplikasi, membuat dokumen baru, membuka dokumen atau file yang sudah ada, juga menyimpan serta mencetak dokumen pada media yang tersedia.

Belajar komputer akan sangat tidak lengkap tanpa mengetahui proses install dan uninstall software.

Ini adalah hal dasar. Jangan hanya tahu cara memakainya saja, tapi tidak mau tahu cara "memasang" dan "mencopot" software, sehingga ketika kita butuh sebuah aplikasi yang belum tersedia dalam program komputer, kita tidak akan kerepotan.


4. Perawatan Komputer

Terkadang meskipun kita sudah menggunakan komputer dengan benar, suatu saat pasti akan mengalami kendala lambatnya kinerja komputer.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, mungkin terlalu banyak temporary file yang terbentuk, atau terlalu banyak start up aplication, bisa juga karena hard drive terlalu penuh, belum lagi jika ternyata komputer kita terkena virus.

Oleh sebab itu, sangat penting melakukan perawatan komputer secara rutin. Terutama perawatan pada sistem atau software. Sedangkan, untuk perawatan hardware, sebaiknya kita melakukannya dengan hati-hati.

Atau jika kita belum yakin, kita bisa minta bantuan pada teknisi komputer. Karena kerusakan yang mungkin disebabkan oleh kesalahan dalam perawatan hardware membutuhkan biaya perbaikan atau penggantian yang lebih mahal ketimbang biaya perbaikan software.


5. Virus Komputer

Cepat atau lambat pasti kita akan berurusan dengan yang namanya virus komputer.

Oleh karena itu, dibutuhkan pengetahuan yang baik tentang virus-virus komputer dan bagaimana cara pencegahan serta cara penanganan yang tepat.

Pilihlah antivirus yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi komputer kita dan juga ketahui fitur-fitur utama dalam antivirus tersebut.






6. Troubleshooting

Error pada komputer bisa disebabkan oleh banyak hal, dan sampai pada tahap ini kita harus mampu untuk mengatasinya. Paling tidak, untuk masalah-masalah komputer yang sering terjadi.

Jangan tergesa-gesa menyerahkan masalah ini ke tempat servis. Berpikirlah kreatif, temukan akar masalah kenapa bisa terjadi error pada komputer kita.

Kira-kira hal apa saja yang berhubungan dengan terjadinya error tersebut. Setelah itu, cari tahu bagaimana solusi mengatasinya. Bisa kita coba temukan di internet atau bertanya pada teman yang mungkin paham betul tentang masalah itu.


Itulah tadi, beberapa hal mendasar yang harus kita ketahui tentang komputer, ilmu komputer sangat luas cakupannya tidak hanya terpatok pada personal computer saja.

Belajar komputer haruslah kreatif, jangan maunya asal tinggal pakai saja tapi tidak mau tahu cara merawat dan mengoptimalkan kinerja komputer kita. Semoga posting ini dapat bermanfaat untuk kita semua.



***


Sumber


    Related Posts

    Pengetahuan Dasar Komputer
    4/ 5
    Oleh