Ketahui Gejala Kanker Paru-paru Sejak Dini

Tidak ada manusia yang ingin terkena penyakit kanker. Karena kanker merupakan salah satu penyakit paling berbahaya di muka bumi ini.

Salah satu jenis kanker yang ganas dan paling sering ditemui adalah kanker paru-paru, sebagian besar penyakit ini berasal dari epitel bronkus, atau juga dikenal sebagai karsinoma bronkogenik. Gejala kanker paru-paru biasanya tidak terlalu jelas sehingga diabaikan dan ditunda pengobatannya.

Namun, penting untuk kita ketahui gejalanya agar dapat mencegah tumbuhnya penyakit berbahaya ini ke stadium lebih lanjut.

Baca juga: Penyebab Kehamilan Kembar dan Risiko Yang Dihadapi

Ketahui Gejala Kanker Paru-paru Sejak Dini
Berikut ini adalah beberapa gejala pada penyakit kanker paru-paru yang dapat kita ketahui dengan mudah.


1. Batuk

Batuk adalah gejala kanker paru-paru awal yang paling sering ditemui, sekitar 2/3 pasien mengalami gejala ini. Kanker paru-paru yang sudah lama berada di jaringan paru-paru biasanya menyebabkan iritasi saluran pernafasan dan batuk.

Seperti halnya batuk kering atau batuk yang parah serta batuk dengan frekuensi yang tinggi di waktu malam.


2. Hemoptisis

Hemoptisis merupakan peradangan yang disebabkan oleh tumor nekrosis, kerusakan kapiler mengakibatkan sedikit pendarahan yang sering bercampur dengan dahak, berselang atau terputus-putus.

Banyak penderita kanker paru-paru yang disebabkan oleh hemoptisis, terutama pada pria perokok, gejala ini akan terlihat jelas. Dahak atau batukberdarah, dan ada juga pasien yang bagian paru-parunya terlihat berubah.


3. Nyeri di Dada

Nyeri di dada juga merupakan gejala awal kanker paru-paru, sekitar 30% penderita kanker paru-paru mengalami nyeri di dada, akan terasa sangat nyeri, tempatnya tidak pasti, batuk meningkat dan terasa agak sesak saat bernafas. Jika sakit berlanjut maka kemungkinan kanker ada di selaput paru-paru.


4. Demam

Demam pada kanker paru-paru disebabkan oleh ukuran tumor yang besar dan menyumbat lobus obstruktif bronkial dengan berbagai tingkat, buruknya saluran tersebut mengakibatkan peradangan sehingga penderita akan mengalami demam tinggi.

Mungkin setelah pengobatan akan membaik, tapi tidak lama kemudian akan kambuh lagi.


5. Gejala lainnya

Selain gejala di atas, sesak di dada saat bernafas merupakan gejala paling umum lainnya yang sering ditemui. Kurang lebih 25% para pengidap kanker paru paru ketika melakukan CT Scan di rumah sakit atau diagnosis rontgen.

Ketika penyakit ini hanya menemukan lesi koin, tidak ada gejala kanker yang berarti yang dapat kita ketahui secara langsung.

Selain itu, ada beberapa gejala yang mungkin tampak jelas bila kita perhatikan dengan seksama, misalnya suara parau dan serak, batuk secara berulang dan terus menerus, pembengkakan pada leher dan bagian wajah, kelelahan ekstrim, penderita jadi cepat marah dan tersinggung, ujung jari menebal dan berat badan turun drastis tanpa alasan yang jelas.

Segera periksakan diri ke rumah sakit terdekat dan melakukan pengobatan jika gejala-gejala seperti yang telah disebutkan di atas mulai dirasakan. Semoga posting di atas bermanfaat.

Sumber:
  • http://www.asiancancer.com/indonesian/cancer-symptoms/lung-cancer-symptoms/?utm_source=gg-serp&utm_medium=cpc&utm_term=gejala%2Bkanker%20paru-paru&utm_content=gejala%2Bkanker%20paru&utm_campaign=co.id&gclid=CN_xuu6GqLoCFWFS4god5FMAkA
  • http://gejalakanker.org/gejala-kanker-paru-paru
  • http://kankerrparuparu.wordpress.com/


Related Posts

Ketahui Gejala Kanker Paru-paru Sejak Dini
4/ 5
Oleh