Minum Kopi Ternyata Menyehatkan

Kopi merupakan minuman terfavorit di dunia. Banyak orang menjadikannya sebagai minuman ringan di kala santai atau sekedar untuk menghilangkan rasa kantuk.

Aku juga termasuk penggemar kopi. Hampir setiap hari, dua sampai tiga cangkir kopi selalu kunikmati. Selalu ada perasaan nyaman dan melegakan di setiap cangkir kopi.

Entah, mungkin karena memang sudah kecanduan atau karena ku percaya bahwa banyak manfaat yang bisa kudapat dari meminumnya. Muncul rasa penasaran dalam benakku, ingin tahu manfaat apa saja yang bisa didapat dari meminum kopi.

Simak juga: Bahaya Sengatan Kelabang Dan Cara Mengobatinya

Minum Kopi Ternyata Menyehatkan

Sebagai salah satu Negara produsen kopi terbesar di dunia, hampir semua orang Indonesia menyukai kopi. Bahkan, ada sebagian kalangan yang mengenalkan kopi pada anaknya sejak bayi karena dipercaya dapat mencegah penyakit step atau kejang akibat panas terlalu tinggi.

Namun, ternyata masih banyak sekali orang tidak mengetahui manfaat kesehatan yang didapat dari meminum kopi. Bahkan, mereka beranggapan jika kopi termasuk jenis minuman yang sangat tidak sehat.

Memang benar, mengkonsumsi kopi secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Tapi bukan hanya kopi, semua makanan atau minuman memang tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

Menurut penelitian dari berbagai ahli, kopi memiliki kandungan antioksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk mencegah pengaruh buruk radikal bebas. Sebagai gambaran untuk Anda, berikut ini beberapa penjelasan tentang manfaat dari meminum kopi.


Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam kopi ternyata mampu mencegah tumbuhnya berbagai jenis kanker.

Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi 2 cangkir sehari berisiko 25 persen lebih rendah terhadap serangan kanker usus besar. Riset yang telah dilakukan secara konsisten juga menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi risiko kanker hati dan kanker payudara.


Menurunkan Risiko Diabetes

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi kopi mampu menurunkan hingga 50 persen dari risiko Diabetes Tipe 2. Hal ini dikarenakan Asam klorogenat yang terkandung dalam kopi mampu menghambat penyerapan gula dalam saluran pencernaan.

Selain itu, zat tersebut juga dapat merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang berperan sangat penting dalam pembentukan insulin. Dalam kopi juga terdapat zat trigonelin (pro vitamin B3) yang juga dapat memperlambat penyerapan glukosa.



Mengurangi Risiko Liver

Tingginya kandungan antioksidan serta kandungan kafein dalam setiap biji kopi dipercaya mampu mencegah sirosis hati dan beberapa penyakit hati lainnya.



Mengurangi Risiko Serangan Jantung dan Stroke

Sebuah penelitian melalui studi kasus terhadap sejumlah pria dan wanita telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam standar konsumsi yang baik ternyata tidak meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Sebaliknya, justru sedikit mengurangi sekitar 19 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.



Mengurangi Risiko Penyakit Parkinson

Peminum kopi memiliki risiko terkena Parkinson setengah lebih rendah dibanding mereka yang tidak minum kopi.


Menghambat Penurunan Fungsi Kognitif Otak

Studi atas 4.197 wanita di Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita.

Namun, ternyata manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Mungkin hal ini dikarenakan tubuh wanita lebih peka terhadap kafein.


Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi kopi. Namun, seperti yang sudah kita simak di atas bahwa konsumsi kopi secara berlebihan atau tidak sesuai anjuran dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Beberapa gangguan kesehatan yang dapat ditimbulkan antara lain: insomnia, jantung berdebar, sakit kepala, serta sakit lambung. Kafein sebagai kandungan utama kopi bersifat stimulan yang mencandu.

Zat ini jika dikonsumsi secara berlebihan juga dapat mempengaruhi sistem kardiovaskuler seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Akan tetapi bagi kebanyakan orang, minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari tidak memberikan dampak negatif tersebut.

Oleh karena itu, anjuran bagi mereka yang biasa mengkonsumsi kopi lebih dari 2 cangkir sehari frekuensinya agar disebar di sepanjang hari.

Sedangkan, mengenai hubungan konsumsi kopi dengan keguguran kandungan tidak memberikan kesimpulan seragam, tapi disarankan ibu hamil untuk menghidarinya atau tidak minum lebih dari satu cangkir sehari.


Sekarang kita sudah tahu bahwa ternyata minum kopi itu menyehatkan, apakah Anda masih menganggap kopi sebagai minuman yang tidak sehat? Saatnya Anda berubah pikiran, tapi ingat ya, jangan terlalu berlebihan.

Sumber:
Ads.id


Related Posts

Minum Kopi Ternyata Menyehatkan
4/ 5
Oleh

1 komentar:

27 Januari 2014 01.36 delete

Sumber/gambar:

http://menuinternasional.blogspot.com/2013/03/manfaat-kopi-bagi-kesehatan-tubuh-serta.html
http://www.gentongmas.com/berita/680-kopi-memiliki-manfaat-dan-efek-negatif-bagi-kesehatan.html
republika.co.id

Reply
avatar