Tips Tetap Sehat Menghadapi Musim Hujan

Tips Tetap Sehat Menghadapi Musim HujanSejak beberapa hari terakhir cuaca di tempat saya hampir tidak ada panas sama sekali. Hujan terus mengguyur, hanya sesekali reda kemudian gerimis kembali.

Menandakan musim hujan telah tiba. Musim yang tergolong sulit untuk beraktivitas di luar rumah, dan biasanya diasosiasikan dengan flu, banjir, macet dan molornya jadwal dalam aktivitas kerja.

Walau demikian, aktivitas tetap harus berjalan dan tentu tak ingin musim hujan menjadi penghambat berbagai kegiatan kita.

Baca juga: Benarkah Penyakit Masuk Angin Hanya Mitos

Matahari yang biasa dengan sinarnya bisa membunuh kuman kini terhalang awan gelap. Berbagai penyebaran penyakit dapat ditimbulkan dari banjir atau air yang menggenang. Virus dan bakteri yang dapat menyebabkan flu, diare dan demam berdarah seolah kini mulai mengintai kita.

Oleh karena itu, penting untuk kita menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan fit dalam beraktivitas di saat musim hujan tiba.


Usahakan Tubuh Tetap Hangat

Kondisi suhu yang hangat berkaitan dengan kenyamanan. Biasanya kita bersugesti ketika kehujanan dan kedinginan maka tubuh akan merasa lemah dan hal tersebut dapat membuat kita benar-benar terserang penyakit.

Untuk melindungi tubuh dari suhu dingin gunakan jaket atau pakaian yang tebal. Pakailah paying atau jas hujan jika memang harus menerjang hujan.

Balurkan minyak kayu putih pada tubuh saat beraktivitas, segelas wedang jahe atau semangkuk sup hangat boleh dicoba untuk mengangatkan tubuh dari dalam.


Minum Air Putih

Air putih selain dapat membuat tubuh terhindar dari kondisi dehidrasi, juga merupakan zat detoksifikasi alami yang mudah didapat dan murah meriah.


Istirahat yang Cukup

Enam sampai delapan jam setiap hari merupakan waktu ideal yang bisa kita luangkan untuk istirahat atau tidur. Kurangnya waktu tidur membuat organ tubuh kita tidak mempunyai kesempatan untuk me-recharge sel-sel mereka, ini tentu akan menyakiti tubuh kita sendiri.


Jaga Tubuh dari Masuknya Virus dan Kuman

Cuci tangan setiap sebelum makan, sehabis dari toilet, atau setelah melakukan aktivitas apapun. Pastikan kita senantiasa ‘higienis’ sepanjang hari. Siapkan cairan pembersih antikuman setiap saat, terutama saat melakukan kegiatan di luar rumah.


Tidak Makan Sembarangan

Hindari tempat penjual makanan yang kebersihannya kurang terjaga. Perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin dan cukup serat. Bila perlu, mengkonsumsi multivitamin juga ada baiknya.


Hindari Menggunakan Pakaian Lembab

Di antara kendala musim hujan ialah cucian yang tak kering karena kurangnya sinar matahari. Pakaian yang lembab berarti masih mengandung air dan bisa menjadi sarang bakteri. Cari cara agar cucian kita bisa kering sepenuhnya.


Olahraga Teratur

Cuaca yang tidak bersahabat tentu mengurangi intensitas kita dalam berolahraga, terutama olahraga outdoor. Sebaiknya tetap berolahraga secara teratur dengan mencoba aneka olahraga indoor, misalnya sit up, push up, skipping, atau senam aerobik dengan panduan video.


Selalu ingat pesan kesehatan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka, sebaiknya kita memastikan tubuh untuk senantiasa dalam keadaan baik, karena tentu kita membutuhkan energi ekstra dalam menghadapi segala kemungkinan yang muncul di saat musim hujan datang.

Semoga dengan tubuh yang tetap terjaga kondisinya, aktivitas sehari-hari pun dapat berjalan dengan lancar.


sumber:
http://kotasehat.blogspot.com/2011/10/tips-menghadapi-musim-hujan.html


Related Posts

Tips Tetap Sehat Menghadapi Musim Hujan
4/ 5
Oleh