Langkah Mudah Mencegah dan Mengatasi Kebocoran Pada Atap Rumah


Langkah Mudah Mencegah dan Mengatasi Kebocoran Pada Atap Rumah
Banyak orang ternyata mengalami kebocoran pada atap rumahnya, mulai hanya sekedar rembes, hingga benar-benar air menetes dari atap.

Biasanya berawal dari munculnya bercak-bercak kecoklatan seperti pulau pada permukaan plafon rumah anda.

Kemudian saat bocor sudah semakin parah, anda harus menyediakan baskom atau ember guna menampung air karena bocor dari atap.

Berikut ini kami akan berbagi cara mudah yang dapat sahabat terapkan sendiri untuk mengatasi kebocoran yang terjadi pada atap rumah anda.

- Kemiringan yang tepat pada atap akan melancarkan air untuk jatuh ke tanah. Periksa atap anda apakah sudut kemiringannya sudah pas atau tidak, dan sudut kemiringan yang pas ialah sekitar 30-40 derajat. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku jika atap rumah anda berupa dak beton rata. Pastikan tidak ada sampah puing yang membuat air tertahan untuk jatuh ke tanah.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Bata Ringan Untuk Bangun Rumah

- Periksa apakah ada celah di antara genteng anda. Tentu saja air dapat masuk ke dalam rumah apabila terdapat celah di antara genteng.

- Bangunan rumah sebaiknya selalu dilengkapi talang pada semua sisi pinggiran atapnya. Fungsi talang ini merupakan saluran untuk air agar mengalir dari atap ke tempat yang kita inginkan agar saat hujan turun air tidak membasahi dinding bagian luar rumah anda. Pastikan juga karpet talang yang terpasang masih dalam keadaan baik dan tidak berlubang.

- Kurangi pemakaian sambungan atap karena kebocoran bisa timbul akibat adanya sambungan semacam ini.

- Tips terakhir dan sangat penting yaitu lakukan waterproofing pada area-area tertentu, seperti sambungan karpusan atau nok, pertemuan genteng dengan dinding, dan pada seluruh permukaan atap jika atap anda berupa dak beton.


***

Itulah beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan dalam mencegah atau mengatasi kebocoran pada rumah anda. Dari semua langkah di atas, waterproofing janganlah sampai terlewat. Nah, sekarang Anda tidak perlu lagi khawatir rumah bocor ketika musim hujan tiba.

Sumber/gambar:
http://www.solusibangunanmu.com/index-mod-info-opt-vwInfo-id-195.html
http://carirumah.net/artikel/detil/33/agar-atap-rumah-terbebas-dari-bocor


Related Posts

Langkah Mudah Mencegah dan Mengatasi Kebocoran Pada Atap Rumah
4/ 5
Oleh