Beragam Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Kita

Beragam Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Kita
Banyak orang yang mungkin masih merasa malu untuk membawa botol minum saat menghabiskan waktu di luar rumah bersama teman. Kesannya tidak elegan dan tampak kolot.

Kita lebih suka membeli sebotol minuman ringan beraroma atau air mineral yang dijajakan di warung atau pedagang pinggir jalan.

Bahkan, ada yang rela mengeluarkan uang berpuluh-puluh ribu untuk pergi ke cafe hanya karena alasan haus. Cobalah pikirkan kembali!

Faktanya, setiap satu jam tubuh kita akan merasa haus, dan ini tak bisa dihindari karena tubuh kita kehilangan cairan setiap satu jam beraktivitas.

Baca juga: Benarkah Kerokan Dapat Menyembuhkan Masuk Angin?

Cairan dalam tubuh memiliki peran penting dalam keseimbangan dan proses metabolisme tubuh. Dipastikan Anda akan mengalami dehidrasi bila pemasukan cairan ke dalam tubuh tak seimbang dengan cairan yang telah dikeluarkan dan ini akan menimbulkan dampak negatif lainnya bagi kesehatan.

Sebaiknya pilihlah minuman yang baik dan tidak menimbulkan resiko bagi kesehatan supaya cairan dalam tubuh dapat terpenuhi sesuai kebutuhan.

Berdasarkan penelitian, minuman terbaik itu adalah air putih, walau pada kenyataannya minuman ini kalah populer dibandingkan minuman beraroma dan beraneka rasa yang beredar di pasaran.


Mungkin Anda belum begitu tahu tentang manfaat air putih bagi kesehatan, pada posting kali ini akan kami sajikan informasi tentang manfaat air putih bagi tubuh kita. Yuk, kita simak sama-sama!


1. Penyeimbang cairan dalam tubuh

Tubuh kita ini terdiri 60 persen cairan. Fungsi-fungsi cairan tersebut ialah untuk proses pencernaan, penyerapan, sirkulasi, transportasi nutrisi, mempertahankan suhu tubuh dan produksi air ludah.


2. Pengendali Kalori

Orang yang sedang diet melakukan kebiasaan banyak minum air putih sebagai strategi menurunkan berat badan. Menggunakan air putih sebagai pengganti minuman berkalori tentu saja akan sangat efektif untuk program diet tersebut.

Diet dengan makanan yang kaya cairan pastinya lebih menyehatkan dan membantu Anda memangkas kalori.


3. Pembentuk Otot-otot Tubuh

Kelelahan otot disebabkan oleh sel-sel yang tidak mampu mempertahankan keseimbangan cairan dan elektrolit. Sel-sel otot  tersebut akan tidak berfungsi dengan baik serta kemampuannya akan berkurang ketika tidak memiliki cairan yang cukup.

Saat berolahraga, minum air menjadi hal yang sangat penting. Seperti diungkapkan oleh American College of Sports Medicine, mereka merekomendasikan bahwa sebaiknya seseorang meminum 17 ons cairan saat dua jam sebelum berolahraga.


4. Menjaga Kelembaban Kulit dan Membuatnya Tetap Bercahaya

Kulit tubuh kita sebenarnya mengandung banyak air dan memiliki fungsi penting sebagai benteng dalam mencegah ekses hilangnya cairan tubuh. Akan tetapi, kelebihan cairan tak bisa kita jadikan sebagai cara ampuh menghilangkan kerutan dari garis pada kulit.


5. Memelihara Ginjal

Transportasi untuk keluar dan masuk sisa atau limbah pada sel tubuh memerlukan media berupa cairan tubuh. Nitrogen Urea Darah yang merupakan sejenis cairan yang dapat melewati ginjal untuk kemudian diproses dan dikeluarkan dalam bentuk urin adalah racun utama dalam tubuh.

Urin akan mengalir bebas, jernih dan bebas bau ketika tubuh memiliki cukup  cairan. Bila Anda hanya meminum sedikit air pada cuaca panas, ini akan berisiko pada penyakit batu ginjal dikarenakan tubuh tidak memiliki cukup cairan sehingga ginjal harus menyerap cairan ekstra dalam menjalankan fungsinya, tanda yang tampak ialah konsentrasi, warna dan bau urin yang lebih pekat.


7. Menjaga Fungsi Normal Usus

Makanan yang melewati saluran cerna dapat mengalir lancar apabila memiliki asupan cairan yang cukup, hal ini juga mencegah terjadinya konstipasi.

Untuk tetap menjaga hidrasi, usus akan menyerap cairan dari tinja atau feses ketika Anda tidak memiliki cukup cairan dan ini akan mengakibatkan buang air besar Anda jadi bermasalah (sembelit).


8. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Orang yang setiap harinya telah terbiasa minum air putih lebih dari lima gelas akan menurunkan resiko sebesar 41 persen akibat penyakit jantung. Sebelum beranjak tidur, biasakanlah minum air putih.

Studi yang dilakukan oleh American Journal of Epidemiology mengemukakan, banyak orang yang terkena serangan jantung pada saat tidur dikarenakan tidak meminum air sebelum tidur.


9. Optimalisasi Pembersihan Racun Dalam Tubuh

Racun yang terdapat dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urine maupun keringat, untuk itu setiap hari kita harus mengkonsumsi air putih sesuai yang dibutuhkan tubuh.

Apabila Anda mengalami kekurangan cairan, tentu saja proses tersebut tidak akan berjalan dengan optimal. Banyaklah minum pada saat jam 9 malam ke atas sampai jam tidur. Pada jam tersebut, bagian dalam tubuh sedang melakukan pembersihan terhadap racun-racun.


10. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal biasanya diakibatkan karena garam dan menurut teori garam akan larut dalam air. Maka, batu ginjal pada tubuh akan larut dan ikut keluar dengan air seni jika kita mencukupi kebutuhan air dalam tubuh.


11. Menstabilkan Suasana Hati

Minum air putih yang cukup sangat bermanfaat untuk mencegah suasana hati yang memburuk. Karena seseorang yang sedang dehidrasi biasanya akan mengalami sakit kepala, kelelahan,  kesulitan berkonsentrasi dan suasana hati yang memburuk.


12. Menghilangkan Bau Mulut

Bau tak sedap pada mulut ternyata juga dipengaruhi oleh konsumsi air minum. Di dalam rongga mulut ada yang namanya air ludah yang berfungsi pula sebagai pembersih mulut.

Kecukupan konsumsi air putih akan memelihara produksi air ludah, sehingga mengurangi terkena resiko penyakit gigi dan mulut.


13. Pelumas Sendi dan Otot

Hidrasi yang tepat akan membantu dalam menjaga pelumasan sendi dan otot, sehingga akan mengurangi resiko terkena kram dan terkilir, terumata saat sedang berolahraga.


14. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Kaitannya dengan sistem pencernaan beberapa studi menunjukkan, minum air putih dapat menurunkan risiko kanker usus besar dan kanker kandung kemih.

Air putih bisa menghilangkan konsentransi gen penyebab kanker dalam urin serta dapat memperkecil waktu virus di dalam kontak dengan lapisan kandung kemih.


15. Membuat Otak Tetap Segar

Minum air bisa membantu cara berpikir yang lebih baik, lebih terkonsentrasi dan lebih waspada. Hal ini dikarenakan otak kita sebagian besar terdiri dari air.


16. Menyehatkan Janin dan Ibu Hamil

Untuk membawa nutrisi dari darah ke janin dalam kandungan, peran air sangatlah penting. Dibutuhkan sekitar satu gelas air setiap jamnya. Kemungkinan bayi lahir prematur di semester ketiga kehamilan dapat dihindarkan dengan memenuhi kebutuhan minum ibu secara cukup.

Ketika hamil, volume darah menjadi berlipat ganda dalam tubuh dan waktu usia kehamilan mencapai dua bulan pembuluh darah Anda akan menipis. Dengan pemenuhan kebutuhan air dalam tubuh yang cukup akan mencegah Anda dari terjadinya hipertensi dan penyakit kardiovaskuler.


***

Sesuai anjuran kesehatan, minumlah satu gelas air putih pada setiap satu jam beraktivitas atau ketika Anda mulai merasa haus.

Sesuaikan pula suhu air yang Anda minum dengan kondisi suhu tubuh Anda, misalnya ketika berada di ruangan dingin atau ber-AC jangan minum air bersuhu dingin karena akan mengganggu proses metabolisme tubuh, minumlah air dingin pada saat berada di luar ruangan atau saat perjalanan.

Sumber:
http://www.id.woltbit.com/inspirasi/belanja-air-putih


Related Posts

Beragam Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Kita
4/ 5
Oleh