Mengelola Keuangan Pribadi dengan Cerdas

Mengelola Keuangan Pribadi dengan Cerdas
Memang membosankan nampaknya bila kita harus menyusun anggaran bulanan. Banyak orang yang mengalami hal demikian.

Mereka berhenti mencatat pengeluaran setelah satu bulan, atau bahkan sebelum satu bulan mereka sudah menghentikan aktivitas tersebut.

Berbagai alasan menjadi sebab untuk tidak lagi menyusun budgeting, seperti tidak ada waktu, terlalu ribet, atau tidak ada lagi motivasi.

Namun, coba ditinjau kembali apakah selama ini anda sudah melakukannya dengan benar?

Berikut ini kami akan berbagi beberapa tips dalam mengelola keuangan pribadi anda dengan cerdas dan tidak lagi membosankan.

Baca juga: Cara Orang Kaya Mengelola dan Menyimpan Kekayaan Mereka

1. Tentukan Tujuan yang Jelas

Menjaga untuk tetap komitmen dalam perencanaan keuangan memang menjadi bagian tersulit, dan semua orang menyadari hal itu. Makanya, harus ditentukan dulu nih tujuan anda sebelum mengelola budgeting agar komitmen bisa tetap terjaga.

Mungkin bagi yang baru saja bekerja, tujuan untuk bisa membeli gadget baru idaman atau kendaraan pribadi impian anda bisa menjadi pilihan.

Bagi yang sudah berkeluarga, bisa juga menentukan tujuannya misalkan ingin mempersiapkan KPR, merenovasi rumah, atau berlibur bersama keluarga. Jika tujuan anda sudah ditentukan, rincikan kembali apa saja yang anda butuhkan untuk bisa mewujudkan keinginan anda tersebut.

Melakukan perencanaan keuangan akan terasa sulit bila anda tidak mempunyai tujuan yang jelas dan terukur, sehingga membuat anda menjadi semakin boros dalam pengeluaran.


2. Sederhanakan Kategori Pengeluaran

Cobalah kategorikan pengeluaran anda dalam beberapa kelompok. Jenis pengeluaran dengan manfaat yang sama seperti nonton film, nonton konser, piknik, dapat digabung dalam satu kategori yaitu ‘Hiburan’.

Jangan terlalu banyak dalam membuat kategori pengeluaran, hal itu malah akan membuat anda pusing.

Pengeluaran yang penting dan pengeluaran yang tidak penting akan lebih mudah ditentukan bila sudah ada pengelompokkan kategori pengeluaran.

Buatlah Kategori pengeluaran sesimpel mungkin agar anda mudah mengecek kebocoran budget dan menentukan langkah untuk meminimalisirnya.

Jangan sampai hanya karena anda tidak mengelola pengeluaran dengan cerdas, justru anda malah memotong anggaran belanja untuk pengeluaran yang tidak terlalu penting.

Menentukan batas maksimal pengeluaran secara rinci per kategori akan membuat anda lebih disiplin dalam mengelola keuangan.

Agar di akhir bulan masih ada sisa untuk anda mengisi tabungan. Mulailah dengan menentukan berapa jumlah maksimal yang boleh anda keluarkan setiap hari untuk makan, transportasi, komunikasi, dan sesuaikan juga untuk pengeluaran yang bersifat mingguan, atau bulanan.

Cobalah berkomitment dengan rencana yang telah anda buat sendiri.


3. Jangan Berharap Banyak pada Dana yang Belum Pasti

Rencananya akan ada teman yang ingin membeli gadget bekas anda di akhir bulan. Anda tentu akan berharap banyak pada dana tambahan yang akan didapatkan dari menjual gadget bekas tersebut.

Namun, sebaiknya jangan dulu masukkan uang yang belum pasti akan diterima dalam anggaran anda tersebut. Anda akan terpaksa mengganggu tabungan yang selama ini sudah terkumpul apabila gadget bekas anda tidak jadi terjual. Maka tujuan pun akan semakin jauh meninggalkan anda.


4. Evaluasi Semua Pendapatan dan Pengeluaran

Rasa bosan pasti akan datang ketika suatu kegiatan dilakukan secara terus menerus. Sama halnya dengan mencatat pengeluaran. Kesibukan juga bisa menjadi alasan kenapa pencatatan anggaran anda menjadi terbengkalai.

Jika begitu, setidaknya satu kali dalam seminggu anda dapat meluangkan waktu untuk mengumpulkan bukti transaksi dan mencatatnya. Cobalah untuk mengingat dan perkirakan berapa jumlah yang anda bayarkan.

Evaluasi pengeluaran anda setiap satu minggu. Hitung kembali dengan bagaimana uang anda dihabiskan. Apakah sudah sesuai rencana atau kelebihan?


Semoga posting kali ini bermanfaat bagi pengelolaan keuangan anda sehingga anda bisa lebih bijak dalam pemakaian anggaran keuangan. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik kami lainnya.

Sumber:
http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/606931-enam-langkah-sukses-membuat-bujet-keuangan-pribadi
Gambar:
www.situsoke.com


Related Posts

Mengelola Keuangan Pribadi dengan Cerdas
4/ 5
Oleh