Hindari 7 Hal Berikut ini Bila Ingin Menghemat Pengeluaran

Hindari 7 Hal Berikut ini Bila Ingin Menghemat Pengeluaran
Pemborosan yang tidak kita sadari hari ini, walaupun jumlahnya tidak terlalu besar, namun akan tetap merugikan lebih banyak kemudian hari.

Kita semua pun tahu kalau mencari dan mengumpulkan uang itu butuh kerja keras dan bukanlah suatu hal yang mudah.

Kendati demikian, sangatlah mudah untuk kita menghabiskannya hanya dalam waktu sehari bahkan semalam saja. Maka dari itu, kita harus lebih bijak mengatur keuangan.

Berikut ini beberapa kegiatan yang tanpa kita sadari dapat memboroskan keuangan kita, dan perlu untuk dihindari!

Baca juga: Tips Belanja Bahan Makanan yang Hemat dan Sehat


1. Membeli Minuman dalam Kemasan

Kebutuhan cairan kita memang harus terpenuhi setiap harinya. Namun, bukan berarti setiap kali beraktivitas di luar rumah kita harus terus membelinya.

Yah, walaupun hanya sebotol air putih yang kelihatannya murah. Bukankah akan lebih hemat jika kita membawa minuman sendiri dari rumah?


2. Jarang Membandingkan Harga

Cobalah anda lebih memperhatikan dengan baik, biasanya ada perbedaan harga antara satu tempat belanja dengan tempat belanja yang lain walau dengan jenis dan merek yang sama. Sebelum membeli, sebaiknya perhatikan dan bandingkan harganya terlebih dahulu.

Selisih harga yang memang tampaknya sedikit, tapi bila kita membeli dalam jumlah banyak maka selisihnya pun akan menjadi besar. Dan ini yang akan tanpa sadar membuat kita menjadi lebih borors.


3. Sering Membeli DVD

Kita mungkin akan berpikir membeli DVD (apalagi yang bajakan) akan lebih murah biayanya ketimbang menontonnya di bioskop. Namun, bila kita membelinya terlalu sering tentu saja akan menjadi lebih boros.

Padahal, kadang kita pun belum tahu apakah DVD yang kita beli itu filmnya bagus atau tidak. Dan sering malah kita mendapat kualitas gambar DVD (bajakan) yang sangat mengecewakan.

Emangnya anda punya banyak waktu untuk menonton film DVD itu terus-terusan? Tentu saja ini hanya akan memboroskan keuangan anda tanpa sadar, mendingan kita cari wifi gratisan dan streaming video di Youtube. Hehe...


4. Membeli Nasi di Warung

Menu sarapan yang simpel ada baiknya bila kita siapkan sendiri di rumah daripada membelinya. Kalaupun anda nggak punya cukup waktu untuk masak, membeli lauknya di warung juga tidak masalah, tapi nasi kita masak saja di rumah. Kan ada magickom?

Sepintar mungkin, kita perlu mengatur budget makan sehari-hari. Bila kita punya waktu masak, ngapain beli di warung?

Ribet sedikit juga tidak masalah kan demi penghematan. Misalkan mau makan di luar yah juga harus pintar-pintar memilih warung makan yang tidak mengeluarkan biaya melebihi budget harian kita.


5. Membeli Persiapan yang Belum Dibutuhkan

Perkirakan pembelanjaan dengan kebutuhan. Tidak usah membeli sekarang barang yang anda butuhkan bulan depan. Dan sesuaikan jumlahnya dengan konsumsimu tiap bulan secara wajar.


6. Terlalu Sering Membeli Eceran

Membeli secara eceran terhadap barang yang selalu kamu butuhkan setiap hari sebenarnya tidak efisien, misalnya anda butuh beli Koran setiap hari, atau majalah tiap bulan, atau membeli susu untuk anak tiap bulan, atau membeli rokok tiap hari, sebaiknya jangan diecer.

Bukankah biasanya ditawarkan juga harga grosir, atau harga berlangganan? Dan biasanya juga membeli dengan harga paket akan membuat anda lebih hemat, baik dari segi harga barang atau biaya transport yang harus dikeluarkan.


7. Kebanyakan Jajan dan Membeli Cemilan

Cemilan sebenarnya bisa jadi barang penting, namun itu juga bila anda hanya melengkapinya sesuai kebutuhan dan dengan harga yang sewajarnya. Tidak ada salahnya belanja satu dua cemilan saat membeli belanja bulanan.

Namun hal ini akan menjadi boros bila anda melengkapinya secara berlebihan. Begitu juga ketika anda berada di suatu tempat seperti tempat wisata atau saat nonton di bioskop, harga cemilan bisa jadi cenderung mahal.

Membeli cemilan terlalu sering dan berlebihan akan membuatmu boros tanpa sadar. Belilah cemilan-cemilan yang harganya tidak terlalu mahal namun mengenyangkan.


Itulah tadi beberapa tips untuk anda bila tidak ingin budget bulanan anda menjadi boros. Semoga setelah membaca posting ini anda bisa jadi lebih teliti dan lebih bijak dalam pengeluaran.

Satu hal lagi, selalu persiapkan dengan matang apa saja yang anda butuhkan saat akan bepergian. Sehingga dapat mencegah keuangan kita dari kebocoran anggaran yang merugikan.

Sumber/gambar:
http://www.kaskus.co.id/thread/551a17a514088d8d638b456c/?ref=homelanding&med=hot_thread
http://gladisco.lintas.me/article/business/9-hal-kecil-yang-membuatmu-boros-tanpa-sadar
keuangan.blogekstra.com


Related Posts

Hindari 7 Hal Berikut ini Bila Ingin Menghemat Pengeluaran
4/ 5
Oleh